Aristokrasi Adalah? – Ciri Ciri, Pengertian, Dan Contoh Negara

2 min read

Aristokrasi Adalah? – Ciri Ciri, Pengertian, Dan Contoh Negara

Tenses.co.id – Aristokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana kekuasaan ada di tangan kelompok-kelompok kecil yang mendapatkan hak istimewa atau bahkan kelas penguasa. Untuk informasi lebih lanjut, lihat ikhtisar aristokrasi berikut ini, yang berkisar dari memahami karakteristik dan contoh negara yang menggunakan rezim aristokrat.

Pengertian Aristokrasi

Aristokrasi itu sendiri diambil dari bahasa Yunani. Terdiri dari dua kata, yaitu, “Aristoteles”. Dan kata selanjutnya adalah “Kratos”. Sehingga kombinasi itu menjadi “aristokrat”. Dan kata itu berarti kekuatan atau aturan yang baik. Jadi, untuk aristokrasi, itu adalah bentuk pemerintahan di mana kekuasaan di negara berada di tangan kelompok kecil yang menerima hak istimewa atau bahkan kelompok yang mendapatkan kekuasaan atas negara.

Sebelumnya, aristokrasi itu sendiri dianggap sebagai pemerintahan terbaik dari beberapa warga negara yang memenuhi syarat dan sering bertentangan dengan rezim monarki, tetapi seiring berjalannya waktu aristokrasi dapat ditafsirkan dan bahkan dipahami sebagai pemerintahan kelompok khusus yang terdiri dari individu-individu terbaik, intelektual bangsawan, dan tidak sesuai dengan pemerintahan monarki saat ini.

Ciri – Ciri Aristokrasi

Pemerintahan aristokrat yang sama memiliki karakteristik yang berbeda dari pemerintah lainnya. Berikut ini adalah karakteristik pemerintahan aristokrat yang dapat Anda bedakan dari bentuk pemerintahan lainnya:

  1. Pemerintahan aristokratis dikendalikan oleh kelompok-kelompok kecil.
  2. Pemerintah aristokrasi berupaya menciptakan pemerintahan yang baik.
  3. Pemerintah aristokratis membuka kelompok-kelompok kecil perintis, biasanya terdiri dari bangsawan, intelektual, dan sedikit orang.
  4. Aristokrasi berbeda dari bentuk pemerintahan monarki, yang memiliki kekuasaan absolut.
  5. Aristokrasi adalah bentuk kegagalan sistem demokrasi.
  6. Pemerintah aristokrasi sangat kontras dengan atau menentang demokrasi.
  7. Aristokrasi memiliki manfaat yang umumnya merugikan warganya.
  8. Pemerintah aristokrasi terkena korupsi, kerahasiaan dan nepotisme, yang dapat berkembang sangat pesat.
  9. Aristokrasi dapat berpotensi menyebabkan kekacauan di berbagai bidang, seperti bidang politik, sosial, dan ekonomi.
  10. Dengan kemajuan zaman, aturan aristokrasi akhirnya dipahami sebagai pemerintahan yang hanya diperintah oleh orang kaya atau bisa disebut plutokrasi.

Contoh Negara

Ada beberapa negara yang telah menggunakan sistem pemerintahan aristokrat ini, beberapa telah meninggalkan sistem pemerintahan ini, dan beberapa negara terus mematuhi sistem pemerintahan aristokrat.

Di bawah ini adalah contoh negara-negara yang masih menggunakan rezim aristokrat :

1.Inggris

Sampai sekarang, Inggris terus mengikuti bentuk pemerintahan aristokrat, walaupun seiring waktu sistem pemerintahan telah dikacaukan dengan pemerintahan demokratis. Selama ratusan tahun, Inggris memiliki parlemen yang anggotanya diduduki oleh bangsawan turun-temurun, yang disebut Rumah Tuhan.

Mereka yang mengisi parlemen ini biasanya memiliki gelar seperti Sir, sebelum Revolusi Industri di Inggris, semua parlemen Inggris adalah kamar Tuhan, tetapi setelah Revolusi Industri ada banyak pengusaha yang akhirnya datang ke pemerintahan.

Rezim Inggris akhirnya menjadi bentuk oligarki, di mana bahkan orang kaya memiliki kekuasaan dan membentuk balai kota yang memerintah berdekatan dengan rumah Tuhan.

Saat ini, ada pemilihan umum di Inggris, yang digunakan untuk memilih semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Inggris. Itulah sebabnya Rumah Bersama dan Rumah Tuhan merupakan kekuatan besar di Inggris.

2.Nigeria

Tidak hanya Inggris, salah satu negara yang masih menganut rezim aristokratis, adalah Nigeria. Meskipun dengan asumsi pemerintah aristokrat, kepemimpinan Nigeria itu sendiri sebenarnya sedikit berbeda, dan negara umumnya tidak menerapkannya, meskipun kepala negara Nigeria adalah presiden pemerintah republik, tetapi di beberapa daerah Nigeria masih diperintah oleh raja.

Kedaulatan rakyat Nigeria berlaku untuk pemilihan presiden, sementara kepala negara masih didistribusikan secara luas dari satu generasi ke generasi berikutnya. Beberapa negara masih diperintah oleh raja-raja Nigeria, seperti Kano, Oyo, Sokoto, Ile-Ife, Agbor, Benin, Lagos, Warri, Onitsha dan Ibadan. Orang orang yang duduk di dalam pemerintahan sendiri juga sebagian besar berasal dari orang orang yang memiliki suku dan agama yang sama dengan raja.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Aristokrasi, hal ini kami nilai perlu untuk diketahui oleh kalian semua sobat baca Tenses.co.id untuk menambah pengetahuan tentang hal terkait, setidaknya kalian sudah mempunyai dasar disaat kelak kalian menemukan pembahasan semacam ini.

Tidak dengan maksud lebih tau atau pun berniat menggurui kalian semua, namun tujuan kami disini hanya untuk berbagi pengetahuan dan saling mengingatkan, karena hakikat ilmu adalah untuk dipelajari, difahami lalu di amalkan dan sebaik baiknya manusia berilmu adalah manusia yang mengamalkan ilumu nya dalam jalan kebaikan.

Bagi kalian sobat baca yang masih duduk di bangku sekolah, kalian perlu untuk meningkatkan kwalitas belajar kalian dalam bidang study apapun gunna mencapai apa yang menjadi cita cita kalian dimasa depan, seperti pepatah mengatakan ” Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina “, tak ada kata terlambat dalam belajar, semoga ini bisa menambah manfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa di pembahasan berikut nya.

 

Artikel Lainnya :