Bagaimana Memperkenalkan Kotamu dalam Bahasa Inggris

2 min read

Bagaimana Memperkenalkan Kotamu dalam Bahasa Inggris

Tenses.co.id – Belajar bahasa Inggris, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, harus diperhatikan pula keterampilan mana yang hendak diasah. Mulai dari keterampilan membaca, menulis, mendengar, hingga keterampilan berbicara. Setiap anak, yang ingin memiliki keterampilan berbicara yang lihai, tentu juga harus menguasai kemampuan membaca, menulis, dan mendengar secara seimbang. Sebab, tiap pengucapan juga dipengaruhi oleh cara  membaca yang benar, kosa kata yang tepat, serta penekanan yang baik pula. Latihan sederhana adalah cara termudah yang bisa Anda lakukan. Latihan ini dapat berupa mengajak berbicara orang lain dengan bahasa Inggris, misalnya turis.

Nah, untungnya disetiap sudut kota besar di Indonesia ini adanya turis tidak terlalu sulit ditemukan. Apalagi di tempat-tempat wisata, transportasi umum, restoran, dan lainnya. Masalahnya, topik apa yang sebaiknya dibicarakan saat itu? Sederhana saja, misalnya saja cobalah untuk memberikan saran terkait destinasi wisata apa yang sebaiknya dikunjungi di kota tersebut hingga kesan apa yang mereka rasakan ketika pertama kali datang kota ini. Jika mau, Anda juga bisa lho menjadi duta wisata di kota sendiri! Lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa frase bahasa Inggris yang biasa digunakan ketika bertemu orang asing atau turis.

Tips Pertama

Sebelum berbicara panjang lebar mengenai tempat wisata di kotamu, sebaiknya perkenalkan diri dulu dengan baik. Hal ini penting supaya turis juga tidak illfeel atau terancam dengan kehadiran Anda. Bagaimana frase yang sebaiknya diucapkan?

Sebenarnya ada beragam pemilihan kata yang diucapkan, namun contoh berikut ini bisa Anda coba.

  1. Hi, what’s your name?

Hai, nama kamu siapa?

Terlebih dulu, tanyakan siapa nama turis tersebut. Hal ini penting supaya Anda bisa lebih mudah memanggilnya dengan nama. Jangan lupa, selain menanyakan nama, beritahu pula nama Anda padanya.

  1. where are you from?

Darimana kamu berasal?

Setelah mengetahui namanya, biasanya tanyakan pula asalnya. Dengan demikian, Anda bisa memiliki bayangan bagaimana negara asal turis tersebut dan menjadi topik obrolan yang nyambung.

  1. Can you tell a litttle bit about yourself?

Bisakah kamu ceritakan sedikit tentang dirimu?

Nah, sebenarnya pertanyaan ini sudah sedikit mengusik ketika pendekatan awal Anda tidak sempurna. Namun, ketika pendekatan sudah terlihat baik dan turis merasa nyaman, enjoy, dan terbuka, pertanyaan ini bisa kamu ajukan.

Tips Kedua

Cukup sudah berbasa basi mengenai perkenalannya, kini langsung utarakan maksud Anda mengajak turis berbicara yaitu memperkenalkan kotamu. Seperti apa frase yang bisa digunakan? Yuk simak!

  1. Welcome to Bogor Botanical Gardens

Selamat datang di Kebun Raya Bogor!

Bagi Anda yang kebetulan bertemu turis di Kebun Raya Bogor, jangan lupa untuk mengucapkan selamat datang padanya. Frase ini bisa dibilang penyambutan sederhana bagi turis sebagai tamu wisata di kotamu.

  1. This is a good place for you to start.

Ini adalah tempat bagus untuk memulai.

Frase ini bisa langsung diucapkan setelah perkenalan dan penyambutan, seolah memberitahu turis bahwa datang ke tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat untuk mengawali perjalanan wisatanya.

  1. I’ve heard that … is really nice.

Saya pernah mendengar kalau .. sangat bagus.

Kemudian, berikan ekspresi ini untuk memberitahu turis bahwa ada tempat wisata lain dikotamu yang patut dikunjungi. Jangan lupa, tambahkan frase pujian berupa nice, amazing, atau beautiful untuk memperkuat bahwa rekomendasi tempat wisata tersebut benar-benar bagus.

Tips Ketiga

Jika tempat wisata yang dikunjungi sudah Anda jelaskan, tidak ada salahnya untuk menanyakan kesan turis terhadap tempat yang sudah dikunjungi. Bisa jadi mengagumkan menurut Anda, namun biasa saja bagi turis. Berikut ini frasa yang bisa Anda ucapkan.

  1. What’s your impressions?

Bagaimanakah kesanmu?

Nah, jika dirasa cukup, jangan lupa untuk mengakhiri perbincangannya dengan mengucapkan frasa berikut.

  1. Thankyou so much for today.

Terimakasih banyak untuk hari ini.

Sudah tahu bukan, bagaimana cara memperkenal kotamu terhadap turis. Tahukah Anda, keterampilan tersebut bisa jadi modal awal untuk menjadi tour guide lho!. Jangan lupa, latihlah bahasa Inggris dengan baik supaya semakin lancar bicaranya.

 

Artikel Terkait:

Metode Agar Anak Jago Bicara Bahasa Inggris

Cara Membuat Pidato Menjadi Ketua Kelas dalam Bahasa Inggris