Bagian – Bagian Ginjal Fungsi Dan Penjelasannya

2 min read

Bagian – Bagian Ginjal Fungsi Dan Penjelasannya

Tenses.co.id – Sobat baca, mengertikah kamu akan apa yang disebut Ginjal ? salah satu organ yang terdapat dalam tubuh manusia dan mempunyai fungsi penting bagi tubuh manuasia, untuk diketahui bahwa Ginjal adalah salah satu alat tubuh yang sangat penting.

Ginjal itu sendiri memiliki peran vital, sehingga organ ini harus cukup terlindungi agar tidak membahayakan tubuh. Karena ginjal rusak, itu merusak organ-organ lain. Tidak mengherankan jika ginjal selalu harus terjaga kesehatannya sehingga tidak terjadi apa-apa yang diinginkan nantinya.

Ginjal sendiri bertanggung jawab untuk menyaring darah dan karena itu dianggap sebagai organ paling penting dalam tubuh. Setiap orang memiliki beberapa ginjal dalam tubuh mereka. Setelah ginjal rusak, ginjal harus dipertimbangkan dan diganti dengan ginjal baru yang diperoleh dengan transplantasi ginjal. Penerima dan donor ginjal harus memiliki jenis darah yang sama untuk melakukan proses transplantasi ginjal ini.

Orang-orang dapat menyumbangkan salah satu organ ginjal mereka kepada orang lain dan hidup bersama dalam satu ginjal. Ya, umumnya orang masih bisa menggunakan hanya satu organ ginjal dan masih bisa mengatasinya seperti orang normal lainnya. Hanya saja ketika Anda memiliki ginjal di tubuh Anda, orang tidak dapat melakukan aktivitas berat seperti biasa.

Karena hanya memiliki satu ginjal, kegiatan sehari-hari harus mulai dibatasi. Orang yang hidup dengan ginjalnya biasanya mulai cepat lelah dan tidak dapat melakukan banyak kegiatan drainase fisik. Oleh karena itu, bahkan jika Anda menyumbangkan ginjal Anda kepada orang lain, metode ini sebenarnya cukup berisiko mengingat bahwa orang yang ginjalnya diambil hidup dengan hanya satu ginjal dan tidak dapat lagi melakukan kegiatan gratis seperti biasa, setiap kegiatan dan gerakan dibatasi.

Ginjal memiliki beberapa bagian dengan fungsi yang serupa. Berikut ini adalah anatomi ginjal manusia.

Ginjal terletak di sepanjang dinding otot bagian belakang rongga perut (otot tulang belakang), ginjal itu sendiri hampir berbentuk seperti kacang dan ukurannya seperti kepalan tangan manusia. Ginjal memiliki beberapa ureter untuk melengkapi mereka dengan kandung kemih dan beberapa ureter yang membawa urin.

Seperti dijelaskan di atas, manusia memiliki sepasang ginjal sisi kiri yang sedikit lebih tinggi dari ginjal kanan. Ini disebabkan oleh hati, yang menekankan posisi ginjal kanan. Tulang rusuk dan otot punggung manusia bertugas melindungi ginjal di dalam tubuh. Selain lemak atau jaringan adiposa yang mengelilingi ginjal, fungsinya adalah untuk memberikan pembalut pelindung bagi organ ginjal di tubuh manusia.

Ginjal manusia umumnya dibagi menjadi tiga bagian, yang memanjang dari bagian terluar dari korteks ginjal, inti ginjal dan pelvis ginjal.

 

Bagian Bagian Ginjal Beserta Fungsi Dan Penjelasannya

  1. Korteks Atau Cortex

Cangkang adalah bagian paling luar dari ginjal, kapsul ginjal yang mengelilingi pinggiran cangkang ginjal itu sendiri, dan juga jaringan adiposa, yang digunakan untuk melindungi bagian dalam ginjal.

 

  1. Medula Atau Medulla

Inti ginjal adalah jaringan ginjal dengan halo dan bentuk yang dalam, sumsum tulang ini memiliki bentuk yang mengandung dan menekuk Henlee, dan juga piramida ginjal, yang merupakan struktur kecil yang berisi nefron dan tubulars. Fungsi tubular ini adalah untuk mengangkut cairan ke ginjal, yang kemudian bergerak untuk bergerak dari nefron ke bagian yang juga mengumpulkan dan mengangkut urin dari ginjal tubuh manusia.

 

  1. Pelvis Ginjal Atau Renal Pelvis

Bagian ginjal, disebut ginjal pelvis, adalah ruang yang bentuk corongnya ada di bagian dalam ginjal itu sendiri. Fungsi dari bagian ini adalah jalur di mana cairan melewati celah. Bagian pertama dari baskom ginjal berisi cangkir dan merupakan ruang kecil seperti cangkir yang mengumpulkan cairan sebelum akhirnya pindah ke kandung kemih.

Hilum adalah lubang kecil dan ditemukan di dalam ginjal di mana ia melengkung ke dalam untuk membuat berbagai bentuk seperti kacang. Kolam ginjal juga melewatinya:

  • Arteri ginjal yang membawa sejumlah besar darah dan oksigen dari jantung ke ginjal untuk proses penyaringan.
  • Vena ginjal membawa darah, yang disaring melalui ginjal untuk kembali ke jantung.
  • Uretra adalah tabung otoritatif yang mendorong urin ke dalam kandung kemih

Ketika fungsi tubuh sangat penting sehingga ginjal menjadi satu organ yang sangat penting untuk dirawat, bayangkan ginjal kita rusak, ginjal benar-benar tidak dapat berfungsi dengan baik untuk mengganggu kesehatan kita.

Demikianlah sobat pembahasan tentang Ginjal yang sudah kami jabarkan dengan lengkap diatas tadi, sampai disini kami harap kalian dapat mengerti akan apa yang dimaksudkan, semoga ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :