Bunga Mawar – Teknik, Cara Menanam Dan Merawatnya

2 min read

Bunga Mawar – Teknik, Cara Menanam Dan Merawatnya

Tenses.co.id – Kalian semua pasti sudah sangat mengenal bunga mawar, tahukah kalian bahwa bunga mawar termasuk ke dalam kerajaan tumbuhan plantae, bunga mawar juga masuk ke dalam divisi Magnoliophyta dan masih dalam famili Rosaceae.

Bunga mawar sendiri dianggap sebagai salah satu bunga yang paling indah dan memiliki nilai estetika yang tinggi karena bunga mawar merupakan bunga yang sangat populer di seluruh dunia.

Bunga mawar sendiri memiliki arti atau pun simbol cinta dan kasih sayang sehingga tak heran jika banyak yang sangat menyukai bunga ini dan memilih untuk menanamnya sendiri di rumah.

Pertanyaannya apakah kalian semua sudah tahu bagaimana cara menanam bunga mawar yang baik dan benar ?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, ada dua cara yang biasa dan dapat digunakan untuk menanam bunga mawar yakni dengan cara menanam melalui biji dan dapat juga melalui stek.

Berikut Ini Adalah Cara Cara Untuk Menanam Bunga Mawar

  1. Menanam Dengan Menggunakan Biji

Yang pertama harus dilakukan oleh kalian adalah menyiapkan biji mawar, media semai, wadah semai dan juga botol spray. Untuk mendapatkan biji bunga mawar dengan daya tumbuh yang bagus pertama harus dipilih dengan teliti.

Siapkan media semai sebelum melakukan penyemaian, media ini bisa berupa tanah yang halus dan sudah disaring.

Kemudian campurkan dengan pupuk kompos halus dengan perbandingan 1:1. Semakin halus media maka akan semakin bagus. Media tanah juga bisa diganti dengan arang sekam halus.

Lalu letakkan media semai di wadah semai, bisa menggunakan polybag mini ukuran 8×9 cm atau bisa juga tray (baki) semai.

Letakkan dan tanam biji ke dalam media yang sudah dibasahi terlebih dahulu, jangan sampai air menggenang, basahi dengan secukupnya saja.

Berikan jarak sekitar 3 hingga 5 sm agar perkembangan biji dan perakaran bisa berkembang secara optimal.

Tutup wadah dengan menggunakan kertas Koran atau bisa juga menggunakan kardus untuk menjaga kelembapan dan juga mengurangi penguapan.

Sekitar 4 hingga 6 minggu biji tersebut akan mulai berkecambah dan mengeluarkan beberapa helai daun. Siram media semai tiap pagi dan sore, hindari hingga air menggenang.

  1. Menanam Dengan Menggunakan Stek Batang

Cara menanam bunga mawar dengan cara ini adalah dengan kalian menyiapak batang bunga mawar sudah tua dan telah memiliki tunas, lalu siapkan media tanamnya dan wadah tanamnya.

Lanjutkan dengan memotong batang mawar tersebut sekitar 5 cm hingga 10 cm jangan lupa harus dengan posisi mata tunas ditengah batang.

Kemudian kalian potong batang menyerong agar luas agar bisa penampang penyerapan unsure hara lebih maksimal. Rendamlah stek di dalam hormon untuk mendapatkan pertumbuhan akar sekitar 2 hingga 3 jam lalu tanam ke dalam media tanam tadi.

Kalian juga bisa menggunakan media tanam berupa tanah pasir yang dicampur dengan pupuk kompos dan arang sekam dengan perbandingan masing-masing 1:1:1 atau bisa juga menggunakan tanah humus yang dicampur dengan pupuk dengan komposisi 1:1.

Letakkan media di polybag mini atau pot tanaman mini, setelah sekitar 1 hingga 2 bulan akar keluar dari tanaman dan juga beberapa daun, tanaman pun siap dipindahkan. Siram dua hari sekali dan jaga agar media tanam tak tergenang air.

Cara Merawat Tanaman Mawar

  1. Memilih Pot Yang Tepat

Cara pertama untuk merawat bunga mawar adalah dengan cara memilih pot dengan tepat, pot yang baik bagi bunga mawar adalah pot yang berasal dari tanah liat. Hal ini dikarenakan pot ini mempunyai banyak sekali pori sehingga bisa membuat air bisa mengalir dan keluar dan membuat akar tanaman ini tidak busuk.

  1. Penyiraman Yang Tepat

Berikutnya yang harus kalian lakukan adalah dengan menyiram tanaman bunga mawar dengan benar, ialah tidak menyiramkan air yang terlalu banyak sehingga menggenangi media tanam.

Cukup siram atau semprot bunga mawar secukupnya pada media tanama dan hindari menyemprot langsung ke bunga dan daun bunga mawar yang rentan terhadap kekeringan.

Saat musim hujan siram bunga mawar sehari sekali sementara jika musim kemarau anda dapat menyiramnya sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore hari.

  1. Media Tanah Yang Baik

Perlu kalian ketahui bahwa media tanam yang baik sangat mempengaruhi bunga mawar tersebut, karena tanaman bunga mawar dapat tumbuh subur dengan memakai media penanaman yang baik dan tepat. Untuk itu gunakan tanah yang memiliki kadar air bagus.

Karena bunga mawar yang kita tanam tadi tak akan pernah bisa tumbuh dengan subur jika bunga mawar tadi ditanam di media tanah yang kering dan gembur. Jangan lupa bahwa peran sinar matahari pun akan sangat membantu untuk pembentukan bunga mawar.

  1. Cek dan Pemangkasan Secara Rutin

Langkah dalam merawat tanaman bunga mawar yang terakhir ialah dengan rutin memeriksa daun dan ranting untuk melihat apakah terdapat bagian dari tanaman yang busuk dan menempel di badan tanaman.

Dan jika kalian melihat ada bagian yang mengering atau membusuk segeralah kalian pangkas dengan menggunakan gunting yang tajam agar tidak merusak tanaman. Selain itu juga kalian harus perhatikan cara memotongnya, kalian harus menggunakan gerakan memotong yang lurus bukan memotong dengan gerakan diagonal atau menyerong.

Demikian pembahasan kali ini mengenai bunga mawar, cara, teknik hingga cara merawatnya, adapun cara cara ini mungkin dapat kalian gunakan untuk menanam tanaman yang lain selain bunga mawar, cintailah tumbuh tumbuhan disekitar kita dengan merawatnya, semoga ini berfaedah untuk kalian dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :