Mau Tahu Cara Membuat Daftar Pustaka Di MS Word Dengan Mudah

Posted on

Cara Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word

 

 

Tenses.co.id – Hallo sobat? Cara Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word adalah cara yang bisa kamu jadikan rujukan apabila ingin membuat daftar pustaka menggunakan MS Word pada komputer.

Supaya sobat semua tahu bahwa hal ini kerap dilakukan oleh orang orang yang memiliki profesi seperti penulis, atau yang bekerja berhubungan dengan microsft word ini. Sebenarnya terdapat dua macam cara pembuatan daftar pustaka ini, yaitu cara manual dan cara otomatis.

Tetapi, dalam pembuatan daftar pustaka dengan MS Word, Kamu juga mesti memperhatikan setting formatnya dengan membuatnya sedikit kedepan, setting spasi, dan lain sebagainya yang merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa membuat daftar pustaka adalah hal yang wajib dilakukan bagi kalian yang memliki profesi penulis atau yang berkaitan. Hal ini berguna untuk penyusunan seperti buku, tulisan, laporan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Isi dari daftar pustaka ini sendiri adalah bermacam macam sumber dari tulisan yang dibuat dan terletak pada bagian akhir tulisan. Selain itu pembuatan daftar pustaka ini juga mencakup format pembuatan tersendiri.

Kamu akan menemukan format terbentuk secara otomatis apabila membuat daftar pustaka menggunakan MS Word. Artinya kamu gak perlu repot repot membuatnya secara manual dengan fitur otomatis ini.

Sementara untuk membuat daftar pustaka itu sendiri bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang dapat Anda jadikan referensi jika Kamu ingin membuat daftar pustaka menggunakan Word. Check It Out:

Metode Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word

Metode berikut ini dapat kamu gunakan pada Microsoft Office dengan berbagai versi. Kamu hanya perlu menyesuaikan saja jika nanatinya ada halaman yang kosong saat di print. Tapi itu bisa kamu atasi dengan delete halamannya secepat mungkin. Yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka dulu file di MS Word yang ingin kamu buat daftar pustakanya.
  2. Kemudian apabila filenya udah kebuka, kamu bisa pergi pada halaman yang mau disisipkan daftar pustakanya.
  3. Selanjutnya perhatikan di “Tab References” dan klik “Manage Source” di menu “Citations & Bibliography.
  4. Setelah kamu berada pada jendela “ Source Manager”, maka kamu klik saja “New” yang berguna untuk referensi daftar pustaka kamu.
  5. Berikutnya kamu wajib menentukan sumber referensi dari “Type Of Source”.
  6. Kamu bisa memilih salah satu yang tampil seperti Laporan, Buku, Jurnal, Website, dan lain lain.
  7. Saat muncul kolom atribut, maka kamu wajib mengisinya, misalnya tahun terbit, pengarang, judul dan lain lain.
  8. Pada Author kamu bisa isi nama dari pengerangnya dengan klik tombol edit disamping kolomnya.
  9. Lengkapi ketiga kolom Author mulai dari mengisi nama depannya, lalau nama tengahnya, dan terakhir nama belakangnya.
  10. Tetapi apabila dalam satu referensi ada lebih dari satu nama pengarangnya, maka kamu tambahkan saja namanya dengan cara klik “Add” dan lanjutkan dengan “OK”.
  11. Kemudian jika muncul daftar referensi yang sudah dibuat, kamu akan melihat beberapa menu seperti “Delete, New, Copy, Edit”, pastinya ini akan berguna selama pengisian atribut
  12. Apabila kamu telah selesai membuat referensi, maka lanjutkan dengan pembuatan daftar pustaka degan tekan “references”.
  13. Lalu klik “Bibliography” kemudian “insert Bibliography”, berikutnya daftar pustaka muncul secara otomatis dihalaman dan tepat pada letak kursor kamu.
  14. Sekrang kamu bisa membuat daftar pustaka.
  15. Selesai

Pengaturan Daftar Pustaka Agar Lebih Rapi

Dalam membuat daftar pustaka sesuai keinginan kamu. Pastinya kamu berharap hal tersebut lebih tersusun rapi. Gimana caranya? Simak penjabarannya dibawah ini:

  1. Pertama kamu harus blok terlebh dulu semua referensi yang ada.
  2. Kemudian lanjutkan pada menu “insert klik tabel” dan tekan pilihan “convert text to tabel”.
  3. Lanjutkan dengan mengisi 1 kolom di “Number Of Columns”
  4. Berikutnya klik Paragraph yang ada di Seprate Text At.
  5. Perhatikan pada Number of rwos yang terdapat jumlah referensi.
  6. Juga pada Autofit behavior kamu dapat menyesuaikan ukuran tabelnya.
  7. Lanjutkan dengan pilih “OK” dan otomatis referensi kamu berada pada satu tabel saja.
  8. Berikutnya kamu dapat blok tabelnya dan pilih “sort” lalu log A Z yang berfungsi untuk mengurutkan abjadnya.
  9. Kemudian akan tampil jendela dan pilih Ascending guna urutan referensi lalu pilih OK.
  10. Setelah itu kamu wajib menghapus border tabel tadi dengan blok tabelnya dan pergi ke home untuk pilihan border lalu klik saja “No Border”.
  11. Maka otomatis tabel akan terhapus.
  12. Kamu bisa lanjutkan dengan setting lagi jarak antara referensinya dengan blok semua referensi dan pilih “after spacing” yang ada di menu tab layout, kemudian sesuaikan saja.
  13. Selesai.

Bagaimana sobat? Sudah mengerti kan tentang Metode Membuat Daftar Pustaka Di Microsoft Word? Kamu hanya perlu mengulangi langkah diatas apabila ingin membuat referensi yang lebih banyak. Tapi perlu kamu ingat harus berurutan dan jangan sampai salah. Semoga ini bermanfaat dan Good Luck!

 

Baca Artikel Lainnya: