Cara Membuat Pidato Menjadi Ketua Kelas dalam Bahasa Inggris

2 min read

Cara Membuat Pidato Menjadi Ketua Kelas dalam Bahasa Inggris

Tenses.co.id – Belajar menjadi seorang pemimpin bisa dimulai sejak masih kecil, lho!Tidak percaya?

Nyatanya menjadi ketua kelas sudah menjadi langkah awal sebagai seorang pemimpin. Biasanya orang yang dipilih menjadi ketua kelas memang tipe yang bertanggung jawab dan percaya diri.

Tapi bagaimana dengan mereka yang juga menginginkan jabatan tersebut?

Selain dipilih secara langsung, ada beberapa yang memberikan kesempatan untuk menunjukkan kepantasannya sebagai pemimpin kelas. Ajang pemilihan ini juga umumnya menggunakan sistem voting setelah melakukan orasi.

Pentingnya Pidato dalam Pemilihan Ketua Kelas

Dari semua rangkaian yang hal yang perlu disiapkan, pidato merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Terlebih, ini merupakan satu-satunya kesempatan yang bisa Kamu gunakan untuk merebut hati teman-temanmu.

Selain visi dan misi untuk kelas kedepannya, pidato biasanya berisikan sesuatu yang bisa secara tidak sengaja membujuk orang lain untuk memilihnya.

Jadi untuk pemilihan ketua kelas, pidato adalah hal yang paling penting.

Cara Membuat Pidato dalam Bahasa Inggris

Ingin terlihat lebih keren dan berwawasan luas saat pidato?

Kamu bisa berpidato menggunakan bahasa inggris untuk itu. Dijamin teman kelasmu akan terpesona dengan kharisma yang dikeluarkan.

Lalu apa kabar orang yang kurang pandai berbicara dalam bahasa inggris?

Calmdownguys! We havesomethinggreatforyou!

Penasaran? Simak terus ulasannya untuk mengetahui cara paling jitu untuk membuat pidato dalam bahasa inggris.

  1. Singkat, Padat, Jelas

Dari 3 kata di atas saja sudah jelas. Sangat jelas. Wejangan agar Kamu tidak terlalu bertele tele dalam pidatomu. Apalagi memasukkan hal yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan yang akan disampaikan.

Jangan buat temanmu jadi bingung apa sebenarnya maksud yang hendak diucapkan. Sebaliknya, buat pidato yang singkat namun jelas.

Bukan hanya bingung, temanmu akan merasa bosan dan mengantuk jika pidato yang dibuat terlalu panjang dan tidak berbobot.

  1. Tunjukkan Visi dan Misi

Meski pidato yang disampaikan singkat, dalam pidato tersebut haruslah mengandung visi dan misi yang akan Kamu jalankan jika terpilih sebagai ketua kelas yang baru.

Hal tersebut bisa menarik perhatian bagi teman-temanmu, lho!

  1. Mempersiapkan Diri dan Terus Berlatih

Sudah bukan rahasia lagi, semuanya tentu harus dipersiapkan dengan baik. Juga latihan yang matang.

Persiapan ini bisa dimulai dengan cara menarik agar Kamu tidak merasa gugup saat waktu pidatomu tiba nantinya.

Usahakan untuk tidak melulu memfokuskan pidato yang akan dijalani. Justrelax! Siapkan semuanya dengan tenang. Dan rasa gugupmu akan hilang. Kamu bisa memikirkan hal hal yang membuatmu tenang disini.

Bukan hanya itu, berlatih juga akan mengurangi rasa gugupmu. Dengan berlatih secara serius dan konstan, Kamu akan menguasai materi yang akan dibicarakan. Dengan begitu Kamu dapat mempresentasikannya dengan baik dan tepat sasaran.

  1. Gunakan Kata yang Simpel

Bahasa inggris itu sulit dimengerti. Grammarnya juga sulit dihapalkan.

Jangan salah. Bahasa inggris sebenarnya tidak sesulit yang Kamu banyangkan. Saat berbicara di depan kelas, Kamu tidak perlu menggunakan grammar yang sulit. Itu malah akan membuat temanmu tidak mengerti yang dimaksud.

Gunakan saja kalimat dengan kata yang simpel. Bukan hanya Kamu akan mudah dalam menghapalkannya, tapi juga teman-temanmu akan dengan mudah menerima apa yang Kamu maksud.

Bagaimana? Cukup bisa dimengerti bukan penjelasannya? Atau malah makin muter?

Tenang, biar Kamu tambah paham dengan pidato untuk menjadi ketua kelas, Kami juga sudah mempersiapkan contoh yang bisa Kamu jadikan referensi untuk membuat pidatomu sendiri.

Hi! My nameis Beny. And i want to be class president. First of all, letmetellyoumoreaboutmyself. Honestly, i likeall of myschoolsubjects. Butmyfavoriteisscience. As youallguysknows, i likedoingexperiments in sciencelabs.

Besides, i work in the lab as a professorassistanttoo. And he saidthatI’m a responsibleandorganized person because i alwaysmadesurethateverythingwas in the rightplace.

Moreover, I’m friendly andlike to helpingothers.

I want to be class president. If i couldbeelected, i wouldorganize class eventsandwouldlove to listen to allstudent’ssuggestion. So, pleasevoteme. Thankyouforyourattention, andseeyou!

Itulah contoh sederhana dari pidato ketua kelas yang bisa dijadikan referensi Kamu.

 

Artikel Terkait:

Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris yang Benar

Cara Mengungkapkan Perasaan Senang dalam Bahasa Inggris