Cara Meminta dan Memberikan Petunjuk Arah dalam Bahasa Inggris

2 min read

Cara Meminta dan Memberikan Petunjuk Arah dalam Bahasa Inggris

Tenses.co.id – Petunjuk arah merupakan salah satu hal penting untuk diketahui ketika seseorang pergi ke negara lain, terutama yang menggunakan bahasa Inggris. Pemahaman beberapa ungkapan meminta petunjuk arah dalam berbahasa Inggris akan sangat membantu ketika anda tiba-tiba tersesat di suatu tempat di negara tersebut.

Penggunaan Frase Bertanya dan Memberi Petunjuk Arah Jalan

Agar anda lebih percaya diri dan mampu bertanya dan menerjemahkan kalimat ungkapan petunjuk jalan yang diberikan dari orang-orang yang kebetulan ditemui, gunakan frase-frase berikut.

  1. Biasanya diawali dengan kalimat permisi agar lebih sopan karena anda tidak mengenal orang tersebut. Kata paling umum yang digunakan dalam bahasa inggris yaitu “Excuseme” yang berarti permisi, seperti meminta petunjuk arah di Indonesia.
  2. Setelah itu, anda bisa mengutarakan maksud yaitu meminta arah jalan untuk menuju suatu tempat yang belum diketahui. Gunakan kalimat sopan memiliki arti permintaan tolong kepada orang tersebut, agar memberitahu cara menuju ke tempat tujuan. Contohnya seperti penggunaan, “Couldyoutellme…” ataupun “Do youknow”.
  3. Ketika anda sudah memegang sebuah peta, kemudian masih ragu ataupun kesusahan memahamipetunjuk-petunjuk yang tertulis, hilangkan keraguan dengan bertanya kepada orang yang melintas di sekitar untuk memastikan apakah rute yang sudah anda tempuh benar atau salah. Banyak frase yang bisa digunakan, misalnya “Is this the rightwayfor…”

Selain memastikan& meminta ditunjukkan sebuah jalan, terkadang anda akan berada di posisi sebagai pemberi petunjuk arah. Ini mungkin sering dialami di negeri sendiri. Jawaban yang diberikan sebaiknya mudah dipahami, baik itu berupa ketidaktahuan maupun tidak.

  1. Ketika anda dalam posisi tidak mengetahui tempat yang dituju oleh orang tersebut, maka jawaban sebaiknya diawali dengan kalimat “Maaf” yang dalam bahasa Inggris “I’amsorry…” ataupun variasi lain yang berarti sama dan termasuk ungkapan sopan.
  2. Jika anda benar-benar tahu lokasi yang sedang ditanyakan, berilah petunjuk arah yang jelas seperti misalnya lurus, belok kanan, belok kiri, ataupun memberi kisaran jarak misalnya 300 meter lagi.
  3. Cara lainnya adalah dengan memberikan info bangunan yang berdiri di jalan tersebut, seperti misalnya, anda akan melewati jembatan, stasiun, mall, dan lain-lain. ini akan memudahkan si penanya mengetahui lebih cepat ketika salah jalan menuju tempat tujuan.

Contoh-contoh kalimat yang bisa anda gunakan, baik berposisi sebagai penanya atau yang ditanya sebenarnya sangat banyak. Apabila masih pada tahap pemula, gunakan ungkapan-ungkapan berikut.

Contoh script:

A : Excuseme, couldyoutellmewhere the PublicLibrary? (Anda bisa mengganti nama tempat dengan lokasi yang sedang dituju).

B : Sure, Keepgoingaway. It’sabout 10 minutesfromhere. (jika tahu rute jalannya). Tetapi ada kemungkinan orang tersebut tidak paham arahnya, “I’amsorry, I’m not fromhere.”Yang bisa diartikan jika dia bukan berasal dari tempat tersebut.

Trik Mudah Menguasai Ask & Giving Direction

Pelajaran tentang petunjuk arah atau ask&givingdirection sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipahami, anda hanya perlu mengerti tentang kata turnright, turnleft, dan sejenisnya. Cobalah beberapa trik belajar berikut sebelum bepergian ke luar negeri.

  1. Belajar dengan masuk ke lembaga pendidikan formal ataupun non formal. Di sana, anda akan dibimbing oleh seorang guru.
  2. Pembelajaran otodidak dengan membeli buku bahasa Inggris, menonton film ataupun video, dan mendengarkan musik.
  3. Sebaiknya anda mencatat ungkapan-ungkapan meminta ataupun memberi arah jalan. Selain untuk membantu hafalan, catatan kecil bisa dibawa saat bepergian sehingga tidak kebingungan ketika harus bertanya. Di era digital ini, banyak orang memanfaatkan smartphone yang lebih praktis.
  4. Hafal kata-kata penting, berlatih listening dan mengartikannya.

Dalam situasi tersesat di negara lain, anda tidak perlu panik , gunakan ungkapan askandgivingdirection. Terus kembangkan dengan pembelajaran bahasa Inggris setiap hari karena semakin banyak kosa kata yang dikuasai, akan lebih mudah bertanya ataupun memberi petunjuk arah. Harus percaya diri, karena malu bertanya akan tersesat di jalan.

 

Artikel Terkait:

Cara Sopan Menyatakan Ketidak Setujuan Terhadap Teman

Cara Meminjam Sesuatu Barang dari Teman Sekelas

Pengucapan Operasi Matematika dalam Bahasa Inggris