Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris yang Benar

2 min read

Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris yang Benar

Tenses.co.id – Meminta maaf untuk suatu kesalahan adalah hal yang wajar untuk dilakukan seseorang. Artinya orang tersebut menyesali perbuatannya dan enggan untuk mengulangi kesalahan yang sama di waktu yang akan datang.

Tapi bagi sebagian orang, meminta maaf bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Entah itu karena gengsi atau kehabisan kata-kata untuk mengucapkannya. Intinya mereka mengalami kesulitan untuk sekadar mengucap ‘maaf’ kepada seseorang.

Definisi Maaf

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, meminta maaf merupakan kata yang biasa diucapkan setelah melakukan kesalahan terhadap seseorang.

Tapi ternyata, kata maaf bukan sebatas itu. Ada beberapa definisi lain yang bisa mengartikan maaf.

Menurut KBBI sendiri, maaf bisa saja digunakan untuk menggantikan kata ‘permisi’ atau lebih tepatnya meminta izin. Jadi tidak melulu maaf berarti salah.

Selain itu, maaf juga berartikan seseorang yang sedang mengungkapkan penyesalannya. Juga salah satu bentuk pembebasan hukuman, misalnya saja tuntutan atau denda, yang diucapkan setelah berbuat sesuatu yang salah dimata hukum maupun sosial.

Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris

Kembali lagi ke kasus di awal, bagi sebagian orang mengucapkan maaf adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

Tapi Kamu bisa menggunakan ungkapan dalam bahasa inggris agar tidak merasa canggung.

Kok bisa?

Untuk beberapa kasus, pengungkapan dalam bahasa asing akan lebih berkesan dan membekas daripada menggunakan bahasa sehari-hari. Karenanya hal ini bisa Kamu coba untuk mengungkapkan penyesalan yang sudah terjadi.

Tapi Saya tidak begitu mahir dengan bahasa inggris, bagaimana?

Masalah tersebut tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Karena beberapa ungkapan maaf dalam bahasa inggris lebih simple dan singkat tapi tetap mengacu pada maksudnya.

Lalu bagaimana cara meminta maaf yang benar?

Nah untuk memahaminya lebih lanjut, Kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai cara apa yang bisa dilakukan untuk meminta maaf. Simak terus ulasannya, ya!

  1. I’m sorry

Kalau yang satu ini sih, Kamu pasti sudah tidak asing lagi. Bahkan mungkin sering menggunakannya?

Untuk ungkapan ‘sorry’ ini, ada frase lain yang bisa digunakan. Misalnya saja, I’msosorry. Dan ungkapan ini menunjukkan bahwa seseorang benar benar menyesal dengan kesalahan yang sudah dibuat.

  1. My bad

Selanjutnya adalah my bad. Ungkapan ini menunjukkan Kamu menyesal, juga berarti mengakui kesalahan yang sudah diperbuat.

Kadang mengakui kesalahan adalah cara terbaik untuk mengembalikan keadaan.

  1. I didn’t mean to…

‘Saya tidak bermaksud untuk…’ menunjukkan bahwa Kamu tidak sengaja melakukan kesalahan. Cara ini bisa Kamu coba untuk sedikit menenangkan seseorang.

  1. Please for give me

Sama seperti yang lainnya, ungkapan ini juga dimaksudkan untuk memohon maaf akan suatu hal. Namun dengan konteks yang lebih lembut dan sabar.

  1. You have no idea how sorry I’m

Artinya adalah Kamu tidak akan mengerti bagaimana saya menyesal. Dari terjemahannya saja Kita sudah paham jika ungkapan ini tulus dan datang dari hati.

  1. I was wrong about…

Hampir sama dengan ‘my bad’, ungkapan ini menunjukkan maaf dengan cara mengakui kesalahan yang sudah diperbuat.

Dan dibuat lebih spesifik karena mengakui kesalahan apa yang sudah terjadi dengan mengungkapkannya di akhir frase.

  1. I feel bad about…

Unkapan ini biasa diucapkan ketika terjadi kesalahpahaman. Misalnya saja secara tidak sengaja Kamu membuat dua orang/ kelompok berselisih paham. Maka kalimat ini paling cocok untuk digunakan.

Bukan hanya itu, ungkapan ini juga tepat untuk diucapkan kepada seseorang yang mengalami kehilangan, misalnya saja kehilangan orang tersayang akibat meninggal.

  1. I would like to apologize

Merupakan ungkapan kata lain selain ‘imsorry’ yang ditujukan untuk meminta maaf. Namun cara ini dianggap lebih sopan. Dan biasa digunakan untuk orang yang dihormati. Misalnya saja orang tua.

  1. We regret to… and please accept our apology

Ungkapan ini menunjukkan sebuah penyesalan yang dalam. Juga memohonkan maaf atas apa yang sudah terjadi. Bahasa yang digunakan untuk frase ini lebih formal dari yang lainnya.

Cukup mudah bukan? Hal yang perlu digaris bawahi adalah, meminta maaf bukan berarti kita salah tapi juga merupakan salah satu perwujudan kalau Kita menghargai dan menghormati orang tersebut.

Jadi jangan sungkan untuk meminta maaf ya!

 

 

Artikel Terkait:

Frase Bahasa Inggris yang Perlu Kita Ketahui Saat Pergi ke Dokter

Cara Mengungkapkan Perasaan Sedih dalam Bahasa Inggris