Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris Saat Wawancara

2 min read

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris Saat Wawancara

Tenses.co.id – Wawancara? Pasti Anda pernah mengalaminya bukan? Meskipun hanya sebatas wawancara sederhana bersama dengan teman sebangku ataupun teman sepermainan.

Tapi pernahkah terbayang di benak Anda bahwa sebenarnya dalam wawancara ada beberapa hal mendasar yang cukup penting untuk diperhatikan. Juga bisa memengaruhi pewawancara dalam melihat kualitas Anda.

Itu adalah perkenalan diri. Simpel memang, tapi bisa menentukan alur yang akan ditanyakan selanjutnya. Bahkan beberapa orang bisa menilai seseorang hanya dari perkenalan dirinya. Mengagumkan bukan?

Business people shaking hands with their future patner

Interview Kerja

Secara garis besar, wawancara dibagi ke dalam banyak hal. Misalnya saja wawancara saat menjadi pengurus osis, pengurus kelas, hingga wawancara kerja.

Semuanya memiliki dasar yang sama dalam pelaksanaannya.

Nah untuk contoh yang akan digunakan sebagai topik tulisan ini adalah wawancara kerja dalam bahasa inggris. Lebih tepatnya mengacu pada bagian perkenalan dirinya.

Tentu Kita tidak bisa sembarangan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Mengingat wawancara tersebut akan menjadi penentu apakah Anda akan diterima kerja atau tidak.

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Nah untuk bisa memberikan jawaban pasti yang bisa menambah nilai diri Anda, selain dengan tingkat kepercayaan diri, Anda juga butuh jawaban yang terdengar pasti dan berbobot di dalamnya.

Dalam ungkapan perkenalan diri, Anda butuh kalimat yang secara tidak langsung bisa meningkatkan harga jual Anda.

Oleh karena itu, Kami akan memberikan beberapa contoh mengenai cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris yang bisa Anda coba saat wawancara kerja.

  1. Hi! My nameis… i’m .. yearsold, i wasgraduatedfrom … bymajoring in… i used to be…

Konteks di atas sangat umum untuk dikatakan pada saat wawancara kerja.

Arti dari kalimat tersebut adalah:

Hi! Nama saya… saya .. tahun, saya lulus dari… dengan gelar… saya pernah menjadi…

Untuk frase terakhir tersebut biasanya akan diisi dengan pengalaman yang sudah dilalui. Entah untuk pengalaman kerja maupun pengalaman lain yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan nilai seseorang. Tapi tentu yang ditambahkan harus berkaitan dengan pekerjaan yang hendak Anda lamar.

  1. My nameis… i’m .. yearsold. I havecompletedmy … degree in… i applyfor… position as i have… skillsrequiredforthisjob. I used to be…

Dalam perkenalan kali ini, Anda dengan jelas mengatakan untuk bergabung dengan perusahaan terkait sebagai posisi tertentu. Artinya, Anda menyadari dengan benar kemampuan yang dimiliki dan hendak bekerja sesuai dengan kemampuan tersebut.

Selain itu, perkenalan dengan kalimat ini terkesan lebih ‘menjual’ daripada kalimat sebelumnya.

  1. Thankyouforgivingme the opportunity, mynameis… i havecompletedmydegree in… with GPA… i havebeenpassionateaboutbeing … since i was… i thinkbyworkingatyour company cancontribute to helping the countrydevelop as well.

Dengan menggunakan cara yang ini, Anda akan terlihat lebih profesional.

Bagaimana bisa?

Hal tersebut ditunjukkan di awal kalimat yang menyebutkan bahwa Anda berterimakasih karena telah diberi kesempatan. Selain itu juga memberikan informasi mengenai kelebihan skor akademik dan pengalaman yang menunjang pekerjaan tersebut.

Bukan hanya itu, Anda juga menyebutkan misi dan visi yang besar serta menyebutkan perusahaan terkaitlah yang bisa membantu Anda mewujudkannya.

Hal inilah yang biasanya menarik perhatian dari pewawancara.

  1. First of all, i want to delivermygratitudefor the interview, mynameis… i havecompleted … in… i haveexperience in… for.. Years. And i want to take part in your company becausethisprovideopportunitiesforcareerdevelopment. Andalso i wantmorechalengebyworkinghere.

Pernyataan ini jika diucapkan dengan lugas dan percaya diri mampu menambah banyak nilai plus untuk Anda.

Hal lain yang akan membuat Anda terlihat menarik adalah pernyataan yang menunjukkan Anda menginginkan tantangan yang lebih dalam bekerja. Juga pernyataan yang memuji perusahaan yang bisa mengembangkan karir seseorang.

Bagaimana? Mudah bukan?

Tapi ingat satu hal, jangan gugup. Gugup bisa saja membuat semua hal yang sudah dipersiapkan dengan matang hilang seketika dari ingatan.

 

 

Artikel Terkait:

Memberikan Pujian dalam Bahasa Inggris yang Benar

Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris yang Benar