Cara Mengatasi Keyboard Pada Laptop Yang Tidak Berfungsi

2 min read

keyboard tak berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Pada Laptop Yang Tidak Berfungsi

keyboard tak berfungsi
keyboard tak berfungsi

Tenses.co.id – Bagaimana Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tak Berfungsi atau memperbaiki keyboard laptop yang tiba-tiba tidak berfungsi? Salah satu masalah yang paling sering bagi pengguna laptop adalah ketika ada bagian keyboard yang tidak berfungsi sekaligus.

Ini tentu saja dapat menghambat pekerjaan Anda dan cukup mengganggu. Keyboard adalah bagian terpenting dari laptop. Tetapi karena sering digunakan, keyboard adalah salah satu yang paling rentan terhadap kerusakan.

Hal yang paling mengganggu adalah keyboard laptop dengan kesalahan tiba-tiba. Keadaan seperti itu tentu akan memperlambat pekerjaan dan akan ditunda. Seperti kita tahu bahwa keyboard adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop. Ini seperti jantung dari sebuah laptop, karena hampir setiap sistem terbuka dengan menggunakan keyboard.

Seperti yang Anda ketahui, keyboard adalah elemen yang paling umum digunakan. Jangan biarkan keyboard rusak, karena ini dapat menyebabkan kerusakan fatal pada komponen lain. Dikhawatirkan hal ini dapat mempengaruhi kualitas perangkat lunak laptop.

Dalam Artikel Tenses.co.id kali ini kami akan coba berbagi pada Anda tentang Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tak Berfungsi. Simak ulasannya berikut ini :

Fungsi Papan Tombol Atau Keyboard

  • Fungsi utama mendukung penulisan untuk membuat dokumen.
  • Sebagai tombol menjalankan perintah sistem
  • Laptop yang berfungsi jika sentuhan dan mouse tidak berfungsi.
  • Ada banyak kode keyboard ketika karakter digabungkan dan ditekan bersamaan.

Cara menangani keyboard laptop yang rusak dengan mudah dan aman.

  1. Bersihkan keyboard secara teratur

Lebih baik mengambil tindakan pencegahan sebelum. Misalnya, jika Anda tidak dapat menemukan hanya satu tombol yang tidak berfungsi, itu mungkin akibat debu. Bersihkan keyboard dengan penyedot debu.

Anda dapat membersihkan dengan metode menempatkan laptop kemiringan 75 derajat. Kemudian perlahan, tetapi pertama-tama pastikan laptop benar-benar dimatikan. Kemudian miringkan laptop 90 derajat. Setelah dibersihkan, periksa semua tombol. Ini bekerja secara normal seperti sebelumnya.

  1. Instal Windows

Jika keyboard tidak berfungsi, Anda dapat mengatur sistem untuk menjalankan kembali keyboard. Anda dapat mengikuti mereka dengan cara berikut:

  • Pilih menu “Start” di desktop, klik “Control Panel”.
  • Kemudian pilih “Sistem dan Keamanan” dan “Pesan komputer Anda.”
  • Klik pada halaman dan klik “System Preferences atau PC Recovery”.
  • Open System Restore
  • ikuti panduan Windows Return Wizard sederhana.
  • laptop dinyalakan kembali.
  1. Nyalakan kembali laptop

Terkadang pintasan keyboard tiba-tiba berhenti merespons karena kesalahan perangkat lunak dan driver. Selain itu, alasan laptop sering digunakan adalah memanaskan perangkat keras. Nyalakan kembali laptop ketika keyboard mendeteksi kesalahan

Jika laptop Anda mengalami kondisi ini, coba mulai ulang laptop Anda. Kemungkinan laptop pulih. Caranya adalah cukup klik pada menu “Start” dan tahan tombol power selama 5-15 detik. Laptop restart otomatis.

  1. Perbaiki driver keyboard

Keyboard laptop juga rusak karena driver keyboard sudah usang. Segera konfirmasi bahwa driver keyboard berfungsi dengan baik:

  • Pilih menu “Start” dan kemudian klik tombol “Control Panel”.
  • Setelah memasuki panel kontrol, pilih Sistem dan Keamanan dan kemudian “Pengelola Perangkat”.
  • Kemudian, Anda akan melihat driver untuk semua perangkat perangkat keras yang terhubung ke laptop Anda.
  • Pilih “Keyboard” dan tampilkan pengaturan berikut untuk driver.
  • Jika terdapat segitiga kuning serta tanda seru, itu berarti ada
  • Dengan demikian, Anda dapat memperbarui driver keyboard di situs web laptop resmi, cara mengunduh dan menginstalnya.

Pilihan Lain Saat Keyboard Laptop Tak Berfungsi

  • Jika langkah memperbaiki keyboard tidak berfungsi, Anda menggunakan keyboard eksternal. Sebenarnya, ini agak sulit untuk digunakan, tetapi bisa dilakukan karena tenggat waktu.
  • Sementara jika tidak memiliki USB eksternal, pilihan lain menggunakan keyboard virtual. Keyboard ini sudah ada di laptop atau dianggap sebagai aplikasi standar. Cukup klik tombol “Start”, pilih “All Programs” dan klik tombol “Add-ons”. Temukan menu “Akses Mudah” dan klik tombol “Layar Keyboard”.

Penutup

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tak Berfungsi. Kami berharap dengan kami membagikan berbagai tutorial untuk Anda akan memberi manfaat yang baik untuk kita semua. Semoga ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Baca Artikel Menarik Lainnya :