Cara Menghitung – Keliling, Rumus Luas Persegi Panjang

Posted on

Cara Menghitung – Keliling, Rumus Luas Persegi Panjang

Tenses.co.id – Hai sobat baca, jika dalam artikel sebelumnya kita pernah mempelajari tentang rumus luas jajar genjang kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menghitung rumus luas persegi panjang / bangun datar, seperti kita ketahui bersama bahwa bangun datar adalah bangun yang memiliki sifat dua dimensi dan terbentuk atas dua pasang rusuk yang panjang dan saling sejajar dengan pasangannya.

Selain itu juga bangun mempunyai empat buah sudut yang semuanya merupakan siku – siku. Lalu untuk rusuk yang paling panjang sendiri disebut dengan nama Panjang yang dilambangkan dengan (p) serta rusuk yang paling pendek yang dinamakan Lebar dan dilambangkan dengan (∫).

Rumus untuk menghitung persegi panjang ini sendiri biasanya dipakai untuk menyelesaikan masalah atau soal – soal matematika yang kerap berhubungan dengan materi materi bangun datar.Sedangkan  bangun datar sendiri merupakan salah satu materi yang paling sering dipelajari, karena dari mulai sekolah dasar materi ini sudah sering dipelajari hingga ke perguruan tinggi, sehingga rasanya materi ini sudah bukan hal yang asing lagi bagi banyak orang dan sudah sangat familiar sekali.

Di dalam pembahasan ini kami kemudian akan menjelaskan dengan sangat lengkap serta jelas kepada kalian tentang rumus persegi panjang, persegi panjang sendiri merupakan bangun datar yang sangat populer serta cukup simpel sehingga mudah sekali bagi kalian untuk memahami materi yang satu ini untuk dipraktikkan secara langsung atau dihafalkan, khususnya bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah.

Bagaimana Cara Mencari Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang?

Rumus persegi panjang ini sendiri memiliki sekitar tiga turunan rumus yang satu sama lain saling terkait dan memiliki hubungan, ketiga rumus matematika ini antara lain ialah rumus keliling persegi panjang, rumus luas persegi panjang dan rumus diagonal persegi panjang.

Rumus Luas Persegi Panjang

Kemudian untuk menghitung berapa luas persegi panjang sendiri caranya yaitu dengan menggunakan rumus sederhana yakni, Luas = Panjang x Lebar. Panjang dan lebar dari persegi panjang ini sendiri bisa dilihat dari rusuk tepranjang serta rusuk terpendek dari persegi panjang. Coba kalian perhatikan gambar yang ada di bawah ini!

Sehingga dengan begitu luas dari persegi panjang ialah :

L = p.l

Rumus Keliling Persegi Panjang

Cukup berbeda dengan cara untuk menghitung rumus luas persegi panjang yang terkesan lebih sederhana dan mudah, sementara rumus serta cara untuk menghitung rumus keliling persegi panjang sendiri bisa dilakukan dengan cara menggunakan rumus keliling yakni  2. (Panjang + Lebar). Sehingga dengan begitu dapat diketahui jika rumus dari keliling persegi panjang ialah sebagai berikut ini!

K = 2. (p + l)

Rumus Panjang Diagonal

Setelah mengetahui tentang bagaimana rumus dan cara untuk menghitung luas dan keliling persegi panjang maka tak akan lengkap apabila kalian tak mengetahui bagaimana cara menghitung rumus panjang diagonal dari persegi panjang. Berikut ini adalah rumus dari panjang diagonal :

 

Contoh Soal Matematika Persegi Panjang

Apabila diketahui ada sebuah kolam yang memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki ukuran panjang sebesar 18 cm dan juga lebar sebesar 12 cm. Maka coba kalian tentukan!

  1. Luas kolam atau Persegi Panjang
  2. Keliling kolam Persegi Panjang

Jawaban :

Jika diketahui

Panjang = 18 cm

P = 18 cm

Lebar = 12 cm

L = 12 cm

Maka!

1.Berapakah Luas dari kolam maupun persegi panjang tersebut?

Luas = Panjang x Lebar

L = P x L

L= P . L

L = 12 x 18

L = 216 cm

Maka bisa diketahui jika luas dari kolam yang memiliki bentuk persegi panjang tersebut ialah 216.

2.Berapa keliling dari kolam tersebut!

Keliling = 2 x (p + l)

K = 2 x (p + l)

K = 2. (p + l)

 

K = 2. (18 + 12)

K = 2. (30) = 60 cm

Maka dapat diketahui bahwa keliling dari kolam di atas ialah 60 cm.

Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara menghitung rumus luas persegi panjang yang sudah kami jabarkan di atas dengan menggunakan tata bahasa yang ringan dengan maksud agar mudah kalian mengerti akan apa yang disampaikan, untuk melengkapi pembahasan kali ini, kami juga menyediakan contoh soal yang dapat kalian gunakan sebagai refrensi pembelajaran dengan cukup mudah. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, serta kami tetap mengingatkan kepada kalian semua untuk terus mengikuti artikel artikel kami yang lainnya tentu saja dengan sajian yang lebih menarik lagi, terima kasih dan sampai jumpa.

 

Artikel Lainnya :