Cara Mengungkapkan Perasaan Sedih dalam Bahasa Inggris

2 min read

Cara Mengungkapkan Perasaan Sedih dalam Bahasa Inggris

Tenses.co.id – Perasaan yang dirasakan oleh manusia sangat beragam, salah satunya adalah emosi kesedihan. Setiap orang berhak mengutarakan perasaan mereka, tidak hanya pernyataan cinta, kegembiraan, tetapi juga kekecewaan, kesedihan, dan masih banyak lainnya. Ketika usia sudah menginjak dewasa, seseorang akan berpikir berulang kali untuk menggunakan ekspresi kesedihan.

Sebenarnya usia tidak pernah membuat suatu ekspresi itu menjadi sebuah larangan, anda hanya perlu menerapkan beberapa trik berikut ini agar tidak terlihat seperti ungkapan sedih anak kecil. Beberapa orang memilih bahasa asing, tidak terkecuali bahasa Inggris untuk mengungkapkan rasa sedih seperti postingan-postingan sosial media.

Cara Mengutarakan Kesedihan Lebih Sopan dan Terlihat Dewasa

Tidak semua orang akan membuka tangan menerima ungkapan kesedihan yang anda kemukakan, karena sejatinya setiap orang punya masalah yang berbeda.

Ekspresi kesedihan pernah menghinggapi semua orang. Jadi, berusahalah untuk tidak mengeluarkannya secara berlebihan. Sehingga kedewasaan itu penting untuk mengontrol emosi sedih yang dalam. Dalam lingkungan kerja yang menggunakan bahasa Inggris, biasanya seseorang memakai kata-kata tertentu untuk mengisyaratkan bahwa situasinya sedang sedih ataupun kecewa.

Pertama,ketika ada seseorang bertanya, “Are youokay? You looktired.” (kamu baik-baik saja? Kelihatannya kurang bersemangat). Jika waktu itu, anda memang sedang ada masalah, jawaban singkat untuk ungkapan kesedihan bisa berupa “not really”.

Pilihan frase yang umum dalam bahasa Inggris untuk mengekspresikan kekesalan, kekecewaan, dan kesedihan-kesedihan lain.

  1. Saya kesal : “ Iamupset”
  2. Sedang kurang sehat : “I feel terrible”atau ” I’am feeling under the weather”
  3. Saya jengkel : “I’am cross…”

Ternyata kesedihan tidak hanya datang setelah patah hati, ditinggalkan kekasih, ataupun kehilangan orang-orang terdekat saja. Kondisi badan yang kurang sehat juga ambil bagian dalam ekspresi kesedihan. Jika “I feelTerrible” diungkapkan kadang-kadang memang masih bisa dibilang wajar, tetapi jika dijadikan jawaban sehari-hari  akan menjadi aneh.

Kedua, mengutarakan dengan nada yang santai dan sopan. Kesedihan memang sering kali membuat emosi seseorang memuncak, tingkatannya tergantung kondisi psikologis masing-masing. Seberat apa pun kesedihan yang sedang dialami, sebaiknya jangan menunjukkan gestur atau nada super histeris. Cukup menyampaikannya seperti membahas topik sehari-hari.

Ketiga, memilih waktu yang tepat. Tidak ada orang yang bisa anda paksa untuk mendengarkan ungkapan rasa sedih setiap hari di jam-jam tidur atau sibuk kerja. Meskipun beberapa sahabat akan berusaha mendengarkan, tetapi sebaiknya lebih dewasa untuk mengutarakannya di kalamereka senggang.

Macam-macam Tanggapan dan Ekspresi Kesedihan Berbahasa Inggris

Seperti tata bahasa lain, bahasa Inggris juga mengelompokkan kata yang bisa digunakan dalam kondisi formal dan non formal. Seperti yang anda sudah ketahui, tidak semua orang bisa diajak bercakap dengan bahasa formal, begitu juga informal. Cara membedakannya cukup mudah, ungkapan kesedihan formal cenderung lebih tertata dan sopan.

  1. Contoh ungkapan rasa sedih bentuk formal

Ungkapan sopan lebih banyak menggunakan kata “I’amsorry”, tetapi tidak seluruhnya. Anda bisa menggunakan “that’stoo bad” ketika kecewa tidak mendapatkan sesuatu.

Sementara untuk tanggapannya bisa berupa penawaran bantuan, “Can I do to helpyou?” Meskipun tidak menghilangkan rasa sedih seluruhnya, tetapi bisa membuat orang tersebut lebih rileks. Kata-kata lainnya seperti “wouldyoulike to talk aboutit?” yang memberikan isyarat jika anda peduli dan bersedia mendengarkan jika dia ingin cerita lebih banyak.

  1. Ungkapan kesedihan non formal

Ciri kalimat non formal adalah lebih santai, biasanya diungkapkan kepada seseorang yang sudah dekat seperti teman atau sahabat. Apabila teman sedang merasa sedih, anda harus menanggapinya dengan jawaban yang berbeda. Jangan hanya menjawab “I feelyou”, tetapi variasikan dengan “ what’swrong?”,“Can’tbelievethat”.

Kata tanggapan tidak formal lainnya bisa berupa That’sdisgusting, terrible, not fair, bahkan bummer. Jadi, anda harus bisa menempatkan diri dengan siapa akan memberikan tanggapan tersebut.

Mengatakan sebuah ungkapan dalam bahasa apa pun termasuk bahasa Inggris tidak harus dengan berlebihan. Sebaiknya tahu waktu, kondisi, dan kalimat ungkapan yang tepat (ingin menggunakan bahasa formal atau informal).

 

Artikel Terkait:

Cara Mengungkapkan Perasaan Senang dalam Bahasa Inggris

Cara Sopan Menyatakan Ketidaksetujuan Terhadap Teman

Cara Mengungkapkan Perasaan Senang dalam Bahasa Inggris