Cara Mudah Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Berfungsi

Posted on

Cara Mudah Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Berfungsi

touchpad tidak berfungsi
touchpad tidak berfungsi

Tenses.co.id – Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak. Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa pada perangkat Laptop atau Komputer jinjing terdapat berbagai element yang penting. Diantaranya adalah Touchpad atau Layar Sentuh yang terletak dibagian bawah Keyboard pada laptop.

Touchpad atau layar sentuh yang terdapat pada laptop adalah elemen yang memainkan peran penting dalam laptop. Sebagai pengganti peran mouse, touchpad memudahkan pengguna laptop untuk mengklik aplikasi atau file apa pun.

Oleh karena itu, jika touchpad mengalami gangguan yang mencegahnya bekerja dengan baik, itu akan menurunkan kenyamanan aktivitas komputer. Karena touchpad adalah bagian penting dari komputer yang sangat berguna bagi pengguna komputer.

Tanpa touchpad ini, tentu saja, pengguna tidak ada petunjuk di komputer atau laptop mereka. Ini dapat menyebabkan kesulitan bahkan jika Anda ingin membuka aplikasi yang Anda inginkan karena Anda tidak dapat mengklik aplikasi yang ingin Anda buka karena tidak ada touchpad.

Artinya kursor ini memiliki peran yang sangat penting dalam penggunaan laptop. Tetapi terkadang sering mengalami kesalahan, seperti pemuatan touchpad rusak, dan terkadang bahkan touchpad yang kita gunakan tidak bergerak.

Sebelum kita mengulas bagaimana Cara Memeperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak. Ada baiknya jika Anda harus tahu apa yang menyebabkan touchpad tidak mau bergerak di laptop Anda.

Faktor Penyebab Touchpad Pada Laptop Tidak Bergerak

Banyak sekali faktor faktor penyebab yang terkadang tidak kita sadari telah membuat touchpad pada laptop kita tidak bergerak, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Ekstraksi mouse terlalu kasar

Metode kasarnya adalah melepaskan kabel mouse dari port USB laptop. Metode ini dapat menyebabkan kabel tembaga masuk ke kabel mouse. Karena ini, touchpad tidak dapat bergerak tiba-tiba saat digunakan.

  1. Menyentuh Touchpad dengan cukup kuat

Terkadang tanpa kita sadari kita telah menekan touchpad pada laptop kita dengan cukup kuat hal ini juga dapat menjadi salah satu penyebab touchpad pada laptop tidak mau bergerak.

  1. TouchPad atau mouse dinonaktifkan

Poin ini berlaku saat menggunakan touchpad atau mouse nirkabel. Jika penunjuk laptop tidak bergerak, Anda mungkin belum mengaktifkan panel sentuh atau mouse nirkabel laptop. Ini mungkin karena Anda secara tidak sengaja menekan tombol untuk mematikan laptop atau mungkin karena Anda lupa me-restart mouse nirkabel setelah Anda mematikannya.

4. Kesalahan sentuh

Kesalahan dalam pengaturan keyboard sentuh mempengaruhi pergerakan penunjuk laptop. Kesalahan ini disebabkan oleh pengaturan pengguna untuk touchpad, yang sengaja ditetapkan pada komputer laptop lain. Perangkat lunak dapat berupa malware karena mengubah pengaturan perangkat keras tanpa sepengetahuan pengguna laptop.

  1. Ransel kotor

Sebagai perangkat yang sering bersentuhan dengan jari manusia, touchpad cenderung mendapat kotoran dari jari. Misalnya saja seperti minyak, air atau keringat di jari. Selain itu, touchpad, yang jarang dibersihkan dari dalam, rentan terhadap debu, yang berpotensi menyebabkan korsleting pada layar sentuh laptop.

6. Perangkat keras sentuh atau mouse rusak

Terkadang, perangkat pasti akan mengalami tidak lagi dapat digunakan. Jika laptop atau touchpad Anda sudah tua dan menunjukkan tanda-tanda kerusakan, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya.

7. Mouse tidak terhubung dengan benar

Jika Anda telah menghubungkan mouse ke laptop, tetapi kursor laptop tidak bergerak, itu mungkin karena port mouse pada laptop tidak terhubung dengan benar. Ini biasanya dilakukan pada laptop atau mouse yang telah digunakan sejak lama.

8. Driver TouchPad tiba-tiba hilang

Driver touchpad mungkin tiba-tiba menghilang karena Anda menginstal perangkat lunak yang tampaknya mempengaruhi touchpad laptop. Meskipun terlihat fatal, ini adalah kasus yang jarang terjadi. Atau mungkin memasang touchpad yang tidak kompatibel dengan laptop Anda. Ini jelas mengakibatkan touchpad tidak dapat dibaca oleh laptop, karena biasanya setiap driver sentuh memiliki pengaturan sendiri yang ditetapkan pada touchpad asli.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Bergerak

Jika diatas kita membahas mengenai penyebab touchpad pada laptop tidak mau bergerak, berikut ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Karena pada beberapa laptop biasanya memiliki tombol khusus pada keyboard untuk menghidupkan dan mematikan keyboard. Dengan cara ini, Anda dapat secara tidak sengaja menekan tombol sehingga touchpadnya tidak berfungsi. Untuk mengatasinya adalah :

  • Anda harus mencari tombol pada keyboard yang memiliki ikon dengan gambar panel sentuh. Kunci biasanya terletak di antara tombol F1 melalui F12. Jika Anda dapat menemukannya, yang harus Anda lakukan adalah menekan Fn + untuk mengaktifkan touchpad, seperti Fn + F6 atau Fn + F9.
  • Atau, Anda dapat mengaktifkan Panel Sentuh dari pengaturan mouse menggunakan mouse eksternal. Untuk Windows 7 atau 8, ketikkan mouse dari menu Start. Saat jendela Pengaturan Mouse muncul, pilih Aktifkan Panel Sentuh, klik Terapkan, lalu klik OK.
  • Di Windows 10, klik tombol Windows, arahkan ke setting, lalu klik Perangkat. Kemudian pilih Mouse dan Panel Sentuh untuk memasuki jendela pengaturan panel sentuh.

Cara Menghapus Perangkat Lunak Mouse

Banyak pengguna laptop menginstal perangkat lunak mouse standar untuk tujuan tertentu. Oleh karena itu, hapus instalan perangkat lunak mouse dan restart laptop Anda.

  • Cara menghapus instalan perangkat lunak mouse Windows 7 dan 8
  • Tekan tombol Windows pada keyboard + R secara bersamaan,
  • lalu ketik “dvmgmt.msc” dan OK.
  • Temukan bagian mouse dan perangkat penandaan lainnya,
  • lalu klik perangkat lunak yang diinstal.
  • Klik kanan pada perangkat lunak dan klik Uninstall.
  • Kemudian, kotak dialog muncul, hapus driver perangkat, dan kemudian klik OK.
  • Untuk Windows 10, Anda dapat membuka Control Panel dan kemudian memilih perangkat lunak yang ingin Anda hapus.
  • Klik kanan dan pilih Hapus.

Ketika Anda menginstal ulang laptop Anda, Anda dapat yakin bahwa semua driver pada laptop Anda akan hilang. Karena itu, ini mungkin akan menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Oleh karena itu, kunjungi situs web produsen laptop dan temukan pemasangan touchpad yang benar.

Jika tidak, hubungi pusat layanan resmi untuk memperbarui driver sentuh. Jika semua metode di atas tidak memungkinkan TouchPad berfungsi, berarti ada yang salah dengan laptop Anda.

Penutup

Demikianlah pembahasan Tenses.co.id kali ini mengenai Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Berfungai. Ikuti terus artikel kami lainnya dengan berbagai informasi yang tentu saja menarik untuk dibaca. Kami berharap selain bermanfaat pembahasan kali ini juga dapat menambah ilmu pengetahuan kita dan Selamat Mencoba.

 

Baca Artikel Menarik Lainnya :