Cara Mudah Menguasai Tenses Bahasa Inggris

Posted on

Cara Mudah Menguasai Tenses Bahasa Inggris

belajar tenses
belajar tenses

Tenses.co.id – Belajar bahasa Inggris merupakan salah satu keuntungan kita agar kemampuan berbahasa Inggris kita bisa semakin meningkat. Tapi, tidak jarang dari orang-orang yang sedang belajar mengalami kesulitan, apalagi berurusan dengan tenses. Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga punya tenses yang digunakan sesuai dengan kondisi kejadian tertentu.

Yang membedakannya dari bahasa Indonesia adalah tenses di bahasa Inggris lebih banyak dan kalimatnya juga ikut banyak berubah sesuai dengan waktu kejadiannya. Karena itu, tidak heran kalau banyak orang yang masih bingung penggunaan tenses di dalam bahasa Inggris, apalagi kalau salah 1 penulisan kata saja, artinya sudah berbeda.

Lalu, dari tadi berbicara tenses, apa itu tenses? Tenses adalah bentuk kata kerja yang bisa menunjukan suatu kondisi di waktu masa lalu, sekarang, serta masa depan. Setiap berkomunikasi dengan memakai bahasa Inggris, tenses pasti selalu digunakan, entah itu secara tertulis atau verbal.

Bagaimana Cara Memahami Tenses Bahasa Inggris dengan Gampang?

Tidak semua orang gampang menguasai tenses dalam bahasa Inggris, sehingga harus butuh strategi agar mereka bisa cepat memahaminya dengan lebih gampang. Kamu yang sedang mencari cara gampang untuk mengerti tenses, bisa lihat di bawah ini.

Cari Waktu Kejadiannya

Cara pertama untuk belajar tenses dengan gampang yaitu mencari tahu dulu kapan waktu kejadiannya. Saat kamu membaca sebuah kalimat, kamu perhatikan dulu kata mana yang menunjukan waktu kejadiannya. Bisa dikatakan kalau waktu kejadian adalah kata kunci utama untuk menentukan tenses apa yang digunakan pada kalimat itu.

Contohnya, twohoursago, thismorning, dan lastMonday merupakan kata kunci bentuk waktu masa lampau. Sedangkan tomorrow, next Sunday, dan in fourdays adalah bentuk waktu yang akan datang. Untuk masa sekarang, dibutuhkan bentuk waktu now, always, dan currently.

Pahami Status

Agar kamu lebih memahaminya, setelah mencari tahu waktu kejadiannya, selanjutnya pastikan kamu memahami status kalimatnya. Status yang dimaksud yaitu apakah bentuk kata kerja yang dipakai bersifat tetap atau berubah-ubah. Selain itu, kamu pastikan apakah kejadiannya sudah berlangsung lama atau hanya berulang terus menerus.

Tanpa mengetahui hal ini, kamu akan kesulitan menggunakan tenses yang tepat untuk kalimatmu.

Tentukan Aktornya

Dalam membentuk kalimat bahasa Inggris, tentu kamu harus menyertakan aktor atau subjek ke dalamnya. Terserah kamu mau memasukan subjek orang, hewan, atau benda. Sesuaikan saja dengan kondisi kejadiannya. Tapi kalau kamu tujuannya menceritakan pelaku, maka subjek yang digunakan haruslah orang.

Tanpa adanya aktor atau subjek, kalimat tenses bahasa Inggris tidak akan lengkap. Kita tidak tahu siapa yang melakukannya atau siapa yang kena dampaknya.

Membuat Tabel Tenses

Cara gampang berikutnya untuk belajar tenses bahasa Inggris adalah membuat tabel tenses. Tabel itu berisikan pembagian kata kerja tenses yang akan memudahkan kamu untuk mengingatnya. Tidak usah membuat tabel yang terlalu berbelit-belit. Cukup masukan kata kerja tenses yang masing-masing barisnya diberikan ciri-ciri yang tepat dan artinya.

Contohnya, baris pertama pada kolom tenses yaitu Present, kemudian di kolom berikutnya kamu isikan dengan ciri-ciri yang dimilikinya yakni Verb 1 dan berikutnya di kolom terakhir berikan artinya yaitu sekarang. Dengan metode ini, kamu akan cepat memahami secara gampang penggunaan Present, Past, Future, Perfect, dan Continuous sesuai dengan ciri-cirinya.

Banyak Latihan

Latihan merupakan metode yang paling pas untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Luangkan waktu setiap hari untuk latihan tenses agar kamu bisa semakin paham. Tidak ada salahnya juga kamu mencari soal-soal bahasa Inggris mengenai kalimat tenses agar kamu bisa semakin banyak mengenal kalimat tenses.

Cari saja melalui situs online. Di sana ada banyak situs-situs yang menyediakan soal-soal bahasa Inggris yang berbeda-beda sehingga contoh kasus yang didapat akan semakin bervariasi.

Banyak Membaca

Selain latihan, banyak membaca juga membantu kamu memahami tenses bahasa Inggris. Setiap artikel atau teks pasti ada kalimat tenses yang bisa kamu pelajari, apalagi bervariasi kata kerja waktunya, sehingga kamu semakin tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Cari saja dulu bacaan yang ringan dan lihat kalimat mana yang menggunakan tenses. Kalau sudah terbiasa, kamu bisa memperbanyak bacaannya agar semakin luas lagi pengetahuanmu untuk kalimat tenses bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris memang tidak gampang, apalagi harus berhadapan dengan tenses yang tidak sedikit kata kerjanya. Dengan mengikuti cara-cara di atas, secara perlahan kamu bisa memahami lebih jauh lagi tenses bahasa Inggris. Asalkan ada niat, kamu pasti bisa cepat menguasainya.

 

Artikel Terkait:

Rumus Tenses Terlengkap- Beserta Penjelasan dan Contoh Kalimatnya

Tawar Menawar dalam Bahasa Inggris

Istilah Medis Dalam Bahasa Inggris