Cara Sopan Menyatakan Ketidaksetujuan Terhadap Teman

2 min read

Cara Sopan Menyatakan Ketidak Setujuan Terhadap Teman

Tenses.co.id – Anda ingin mengungkapkan rasa tidak setuju, tetapi merasa canggung? Bingung cara mengungkapkan kalimat tidak setuju yang tetap terkesan sopan? Untuk bisa melakukannya, sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena ada cara sopan menyatakan ketidaksetujuan yang dilakukan dengan menggunakan bahasa inggris. Rupanya, cara tersebut juga sering kita butuhkan ketika kita tidak mau terlihat jahat.

Sebagai teman, kita memang tidak boleh terlihat jahat. Karena, bagaimanapun juga kita akan selalu membutuhkan pertolongan dari teman tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimanakah cara yang tepat untuk memberikan ungkapan tidak setuju yang bisa diterima teman kita karena kita mengungkapkannya dengan tata cara bahasa inggris yang sopan?

Ada Banyak Contoh dan Cara yang Bisa Dilakukan

Cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mempelajari bahasa inggris adalah dengan mencari contoh yang benar lalu mulai mempelajari dari contoh tersebut. Nah, ketika kita hendak mengatakan tidak setuju, kita bisa belajar dari banyak contoh. Sehingga, kita tidak terpaku untuk menggunakan ungkapan yang itu-itu saja yang membuat kita seolah-olah kurang bisa berbahasa inggris.

Banyaknya pilihan ungkapan dalam bahasa inggris ini juga menandakan bahwa mengungkapkan kalimat tidak setuju terhadap orang lain merupakan hal yang wajar yang terjadi karena perbedaan pandangan atau pendapat. Hanya saja, untuk mengungkapkannya, kita harus memilih kata yang sopan sehingga tidak menyakiti hati teman kita atau yang membuat kita terkesan jahat tersebut.

Contoh Ungkapan Ketidaksetujuan yang Sopan Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh ungkapan yang diungkapkan di awal sebelum memulai menyatakan hal yang sedang dibicarakan.

  1. “I understandyourconcern, however ……”
  2. “We canlookatitfromthisperspective. ……”
  3. “That’s not always the case. ……”
  4. “That’s not alwaystrue. ……”
  5. “I’m not sosureaboutthat. ……”
  6. “I seeyourpoint. However, haveyouconsidered ……”
  7. “I amafraid I disagree. ……”
  8. “You have a pointthere, but ……”
  9. “I’dlike to layoutanotherperspective. ……”
  10. “I respectyouropinion, but ……”
  11. “In myopinion, ……”

Contoh Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Ungkapan di Atas

Mengenai kapan waktu yang tepat untuk menggunakan waktu yang tepat untuk menggunakan cara sopan menyatakan ketidaksetujuan di atas, jawabannya jelas yaitu ketika kita memiliki pendapat atau pandangan yang berbeda dengan teman kita atau orang lain. Lalu, kapan waktu yang benar-benar membutuhkan kita untuk menggunakan ungkapan di atas?

  • Ketika kita Harus Mengatakan “Tidak!”

Ada waktu-waktu tertentu ketika kata “tidak” memiliki arti dimana kita harus mengatakan “tidak” secara langsung di depan teman kita. Karena, kata tersebut bisa jadi hanya sebuah arti agar kita bersikap tegas dan teguh pendirian terhadap keputusan yang telah kita buat sejak awal, tanpa harus terpengaruh oleh keputusan teman maupun orang lain. Di sinilah kita membutuhkan ungkapan yang sopan tersebut.

Dengan menggunakan ungkapan yang sopan, maka teman kita akan mengerti dengan sendiri bahwa kita menolak atau tidak setuju dengan yang mereka sarankan kepada kita. Dengan kalimat yang sopan tersebut juga, teman kita tidak perlu mendengarkan kata-kata buruk yang mungkin akan menyakiti hati mereka. Sehingga, walaupun terjadi perbedaan, kita tetap bisa berteman dengan mereka.

  • Ketika Terjadi Perdebatan Dalam Satu Tim Dengan Tujuan yang Sama

Satu lagi situasi dimana kita membutuhkan ungkapan yang sopan untuk mengatakan tidak setuju, yaitu ketika terjadi perdebatan pada teman satu tim. Hal ini mungkin lebih sering terjadi pada teman sekantor atau teman kelompok kelas dimana mereka sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Dalam situasi tersebut, anda membutuhkan ungkapan yang sopan agar kerjasama tim tetap terjaga sampai akhir.

Demikian adalah beberapa cara sopan menyatakan ketidaksetujuan menggunakan bahasa inggris yang bisa anda gunakan di saat-saat tertentu yang membutuhkan ungkapan-ungkapan di atas. Banyaknya pilihan ungkapan di atas membuat anda bebas memilih ungkapan yang paling mudah untuk dipelajari sekaligus anda bisa memilih mana ungkapan yang paling tepat untuk digunakan di waktu tertentu.

 

Artikel Terkait:

Cara Meminjam Sesuatu Barang dari Teman Sekelas

Memberikan Pujian dalam Bahasa Inggris yang Benar

Manfaat Menonton Film Bahasa Inggris