Contoh Kalimat Definisi

2 min read

Contoh Kalimat Definisi

Tenses.co.id – Sobat baca semua, mungkin sebagian dari kalian sudah pernah atau sudah tahu dan mengerti dengan makna kalimat definisi, sebenarnya tanpa kalian sadar pun mungkin setiap hari kalian juga kerap kali mengucapkan beberapa kalimat definisi ini, namun apa salahnya jika kita mencoba untuk flash back lagi dan pelajari lagi apa itu kalimat definisi.

Dalam artikel kami kali ini kami akan mencoba mengajak kalian semua untuk belajar membuat contoh kalimat definisi, namun sebelum kita beranjak ke contoh dan bagaimana cara mebuat kalimat definisi tersebut akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu yang dimaksudkan dengan kalimat definisi.

Pengertian Kalimat Definisi

Jika dilihat dari pengertiannya, definisi ini sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris. Yakni definition berarti suatu keterangan yang merupakan uraian atau penjelasan mengenai sesuatu makna atau ungkapan atau kata yang membatasi makna suatu ungkapat atau kata tersebut.

Sehingga bisa diartikan jika kalimat definisi adalah sebuah kalimat yang mengungkapkan atau bisa juga memberikan suatu keterangan, makna, ciri dari sebuah objek benda dan juga orang, dan juga menjelaskan mengenai proses aktifitas.

Memang jika melihat pengertiannya, kalimat definisi ini hampir mirip dengan kalimat deskripsi, kedua kalimat ini bahkan sangat sulit untuk ditentukan karena kemiripannya, meski begitu sebenarnya kedua kalimat ini tentu memiliki arti dan makna yang berbeda. Sehingga kedua kalimat ini bisa dilihat perbedaannya dengan sangat jelas.

Perbedaan antara kalimat definisi dan kalimat deskripsi bisa dilihat dari objek yang sedang dibahas oleh kedua kalimat ini karena pada kalimat definisi objek yang dibahas memiliki sifat umum yang cukup luas sementara pada kalimat deskripsi objek yang dibahas pada kalimat tersebut memiliki sifat khsusus atau sempit.

Untuk lebih jelasnya lagi, coba perhatikan kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi untuk lebih mengetahui perbedaan antara kedua kalimat ini.

Contoh Pertama :

Harimau merupakan salah satu dari jenis kucing besar yang merupakan pemakan daging atau biasa disebut dengan karnivora ( kalimat definisi ).

Harimau Sumatera memang memiliki tubuh yang terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis jenis harimau lainnya yang hidup di bumi ( kalimat deskripsi ).

Contoh Kedua :

Gedung pencakar langit yang ada di sekitar sini rata rata memiliki ketinggian hingga 1000 km ( kalimat definisi ).

Gedung Kembar yang berada di Kota Banyuwangi ini ternyata memiliki ketinggian hingga 8000 km dengan 200 lantai ( kalimat deskripsi ).

 

Dari dua contoh kalimat yang ada di atas sudah dijelakan jika kalimat definisi dan deskripsi memiliki perbedaan yang sangat terlihat, jika di dalam kalimat definisi hanya membahas mengenai harimau dan gedung sedangkan di kalimat deskripsi disebutkan secara rinci dan detail mengenai jenis harimaunya yakni harimau sumatera dan juga gedung kembar yang berada di kota Banyuwangi.

Contoh – Contoh Kalimat Definisi

Dari contoh di atas sepertinya kurang lengkap ya, jika tidak diberi contoh yang lebih jelas lagi mengenai kalimat definisi. Nah, penasaran kan bagaimana contoh kalimat definsi yang bisa kamu jadikan media pembelajaran dan mengetahui bagaimana cara membuat kalimat definisi yang benar.

  1. Pinguin merupakan spesies burung yang bisa berenang namun tidak bisa terbang.
  2. Paruh yang kuat dengan cakar yang tajam merupakan ciri ciri dari burung pemangsa.
  3. Kura kura dapat melindungi dirinya sendiri dari musuh mau pun predator dengan bersembunyi di dalam cangkangnya yang sangat kuat dan keras.
  4. Buaya dianggap sebagai pemangsa nomor satu di sungai karena memiliki rahang yang sangat kuat dan gigi yang tajam.
  5. Angrek adalah bunga yang bisa tumbuh dan hidup dengan cara menggantung atau pun memopang pada pohon atau tumbuhan lain.
  6. Ikan bisa bertahan hidup di dalam air dengan cara bernapas menggunakan insang.
  7. Mobil balap bisa menikung dalam kecepatan tinggi karena dibekali dengan mesin yang sudah dirancang sedemikian rupa.
  8. Rumah biasnya dibuat dari bahan yang kuat dan kokoh agar tidak mudah rubuh.
  9. Makanan cepat saji dianggap tidak sehat karena mengandung beberapa zat yang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia.
  10. Lagu lagu Michael Jackson sang King of Pop masih enak dinikmati hingga hari ini, meski dia sudah meninggal bertahun tahun lalu.

Nah sobat baca Tenses.co.id semua, demikian lah pembahasan kita kali ini mengenai contoh kalimat definisi, sampai pada pharagrap ini kami harap kalian sudah mengerti akan apa yang dimaksudkan, teruslah belajar dengan konsisten karena hal tersebut akan berguna untuk kalian kedepan, semoga bermanfaat bagi sahabat tenses semua dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :