Contoh Teks Deskripsi – Lengkap Dengan Penggambaran Objek

2 min read

Contoh Teks Deskripsi – Lengkap Dengan Penggambaran Objek

Tenses.co.id – Sobat baca, kami yakin kalian semua pernah mendengar apa yang disebut dengan teks deskripsi, hal ini biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari hari disaat kita melakukan kegiatan atau aktifitas membaca dirumah atau ditampat kerja, di sini kami menyediakan deskripsi tekstual lengkap dari deskripsi objek tertentu untuk pecinta waktu. Sebelum Anda melihat teks deskriptif, beri tahu kami apa itu teks deskriptif.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskriptif adalah sepotong teks atau esai yang berisi penjelasan tentang subjek, tempat, dan lain-lain berdasarkan subjek yang sedang dibahas, tetapi dikemas secara singkat dan jelas sehingga mudah dipahami.

Teks deskriptif yang sama dimaksudkan untuk membuat pembaca sadar tentang topik yang sedang dibahas, karena topik yang dibahas dalam teks ini dijelaskan secara rinci dari awal, dari warna ke dimensi, yang semuanya jelas terinci.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Seperti esai lain, teks deskriptif memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengenali teks deskriptif dan membedakannya dari jenis esai lainnya. Fitur-fitur berikut:

  • Berisi deskripsi atau penjelasan tentang objek atau tempat.
  • Deskripsi atau penjelasan subjek adalah subjek yang ditulis dengan sangat terperinci dan dijelaskan dengan jelas dalam teks uraian sehingga pembaca dapat memahami dengan jelas apa teks yang ditulis.
  • Pembaca yang membaca teks deskriptif ini seperti ia telah mendengar, melihat, dan mengalami secara langsung apa yang sedang dibahas dalam teks.
  • Teks deskripsi itu sendiri berisi paragraf yang menggambarkan objek dalam hal warna, bentuk, ukuran dan bahkan karakteristik fisik atau psikologis, yang ditulis dengan sangat rinci.

Struktur Teks Deskripsi

  • Identifikasi, yang meliputi menentukan identitas, objek, dan objek yang dijelaskan.
  • Klasifikasi adalah komponen sistemik yang berada dalam kelompok sesuai dengan aturan atau standar yang telah ditentukan.
  • itu adalah elemen konstitutif yang diklasifikasikan ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan aturan atau standar yang telah ditentukan.

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Subjektif

Pemuda di jalan pemuda itu benar-benar baik dan membuat para tamu betah berlama-lama di sebuah kafe yang didekorasi dengan warna-warna segar dan alami. Ada pohon dengan tirai yang memungkinkan Anda untuk duduk dan bahkan berbaring dan merasa liar, bahkan di tempat tidur gantung yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai. Selain kopi ini, ada juga jaringan wifi yang tersedia untuk orang lain yang bosan. Makanan yang ditawarkan benar-benar unik dan ditempatkan di peralatan berkemah sehingga Anda akan merasa lebih dan lebih di hutan dan berkemah bersama teman-teman. Setiap malam juga merupakan acara api unggun yang memungkinkan Anda bertemu dan bernyanyi dengan teman dan pengunjung lainnya.

 

Contoh Paragraf Spatial

Banyuwangi adalah kota kecil yang terletak di ujung Pulau Jawa dan merupakan kota yang sangat indah karena berbatasan dengan lautan di utara, timur dan selatan dan di sebelah barat pegunungan, sehingga tidak mengherankan bahwa kota ini sangat kaya akan sumber daya alam. Anda dapat menemukan Raung Mountain Range, yang dengan megahnya mencapai pegunungan di salah satu dunia karena keunikannya, yaitu Gunung Ijen, yang memiliki kolam renang asam terbesar di dunia kawah, dan fenomena api biru, yang hanya ada dua di dunia. Selain itu, pemandangan matahari terbit di atas gunung ini juga yang terbaik dan terindah di Indonesia. Kota ini juga memiliki beberapa pantai yang indah, termasuk Pantai Pulau Merah, Pantai Pelengkung dan banyak lagi. Di kota ini Anda juga akan menemukan hutan tropis terbesar di pulau Jawa, yang disebut Alas Purwo. Selain hutan tropis Banyuwang yang subur dan hijau, ada juga sabana yang luas, seperti Afrika, yang terletak di Taman Nasional Baluran. Kota ini sangat indah dan mempesona.

Contoh Paragraf Objektif

Bola basket adalah olahraga yang cukup populer, terdiri dari lima orang dan terdiri dari 2 tim yang berlomba untuk menempatkan keranjang ke dalam cincin berdiameter 3,05 meter dan bermain di lapangan 28×15 meter, permainan ini dibagi menjadi empat kuartal, setiap kuartal terdiri dari 10 menit.

Dari contoh di atas apakah sekarang kalian sudah memahami tentang teks deskripsi, kami selalu berharap agar kalian semua sekarang  sudah memahami cara menjelaskan  teks deskripsi yang menjadi pembahasan diatas tadi.

Kami tekan kan pada kalian agar senantiasa selalu meningkatkan qualitas belajar kalian dalam bidang study apapun dan menjadikan ilmu pengetahuan sebagai referensi kalian untuk kedepannya dalam rangka menggapai cita cita dan harapan kalian, karena yakinlah ini akan berguna untuk kalian kelak, semoga ini dapat bermafaat dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :