Contoh Teks Prosedur Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh Teks Prosedur Dalam Bahasa Inggris

Tenses.co.id – Hai sobat baca semua, jika kita bicara soal atau tentang bahasa, kalian pasti sudah lebih dahulu memahami akan ke arah mana pembahasan kita dalam artikel kali ini, dalam dunia ini setiap kelompok atau suku manusia yang terdapat dari berbagai negara yang ada tentu memiliki ciri khas bahasa masing masing dalam kelompok atau suku tersebut.

Namun dengan alasan utama untuk mempersatukan satu dengan yang lainnya maka diciptakanlah bahasa persatuan di tiap tiap negara yang ada, bahkan telah ditetapkan pula salah satu bahasa yang ada dinegara didunia ini untuk menjadi bahasa Internasional.

Arti dari bahasa itu sendiri adalah sebuah kemampuan dari kelompok atau suku manusia untuk menjalin komunikasi antar sesama manusia yang lainnya dengan menggunakan isyarat, bisa dengan gerakan dan lebih umum menggunakan kata atau kalimat sesuai dengan kelmpok manusia itu sendiri.

Karena tuntutan kita sebagai manusia yang notabene adalah golongan mahluk sosial yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya baik didalam maupun diluar negeri, maka salah satu bahasa yang pertama ditetapkan menjadi bahasa Internasional adalah bahasa Inggris dan bahasa ini umum digunakan oleh berbagai orang yang mempelajarinya dari berbagai negara untuk berkomunikasi dengan orang yang berkebangsaan lain.

Bahkan termasuk dalam kegiatan kita sehari hari sering menggunakan bahasa Inggris meskipun itu merupakan hal ketidak sengajaan, contohnya saat kita membeli barang yang diprodusi oleh negara luar, itulah yang dimaksudkan dengan Texs Prosedur Bahasa Inggris.

Tujuan dari texs prosedur tersebut tidak lain adalah untuk memberikan petunjuk penggunaan atau pemakaian terhadap barang apapun yang kita beli, namun tentunya kita harus memahami dan mengerti dahulu tentang bahsa Inggris tersebut, karena jika tidak maka akan menjadi sesuatu yang asing bagi kita dan tentunya dapat menyebabkan kesalahan dalam penggunaan barang yang kita beli tadi.

Tetapi hal itu menjadi sesuatu yang tidak begitu menyulitkan, karena umumnya texs prosedur disajikan secara ringkas dan dengan penggunaan bahasa yang ringan dan cepat ditelaah oleh si pembaca dan mengerti akan apa yang dimaksudkan dalam penjabaran texs prosedur itu sendiri.

Dalam artikel kali ini, kami akan mencoba memberi pengertian kepada kalian semua tentang apa yang dimaksud dengan texs prosedur tersebut di atas, untuk itu ada baiknya kalian simak dengan seksama penjelasan tersebut berikut ini.

Teks Prosedur Bahasa Inggris Adalah

Teks prosedur bahasa Inggris atau procedure text ialah salah satu jenis rangkaian teks yang bermaksud tentang bagaimana cara menggunakan atau memakai sesuatu kepada kita selaku pengguna untuk mempermudah dalam hal penggunaan barang atau alat yang akan kita pakai sesuai dengan fungsi dan kegunaanya agar tidak terjadi miss atau kesalahan yang bisa saja berakibat buruk bagi kita atau menyebabkan kerusakan pada barang tersebut tadi, umumnya Teks prosedur tersebut  dapat kalian  temukan ada dalam product ataupun barang yang kita beli dari luar negeri, atau bahkan barang dari luar negeri yang sudah dipasarkan di negara kita.

Namun untuk kepentingan tersendiri bagi si pembuat atau pencipta suatu barang didalam negeri juga sering menggunakan texs prosedur tersebut dengan tujuan mengirim barang keluar negeri sesuai pemasaran atau untuk kepentingan citra dari barang yang akan dipasarkan dalam pasar lokal didalam negeri sendiri yang tentunya dapat meningkatka animo pembeli barang tersebut.

Maksud Teks Prosedur Bahasa Inggris

Teks prosedur atau procedure text bertujuan untuk memberi petunjuk tentang langkah  – langkah atau  cara untuk menggunakan, mengoperasikan, membuat sampai cara dalam melakukan satu hal yang ditulis dengan memakai bahasa Inggris.

Struktur Teks Prosedur Bahasa Inggris

Secara keseluruhan teks prosedur ( bahasa Inggris ) memiliki struktur dasar untuk memudahkan di dalam pembuatannya, dan berikut ini penjelasannya :

  1. Goals or Aim yang berisi tujuan dari kegiatan atau sesuatu yang akan dilakukan.
  2. Materials or Tools yang berisi bahan atau alat – alat yang dibutuhkan untuk membuat suatu barang atau melakukan sesuatu karena di dalam procedure text, material bersifat opsional.
  3. Steps merupakan langkah atau tips yang mesti dilakukan.
  4. Conclusion or Result adalah bagian yang memuat hasil akhir dari apa yang sudah dilakukan.

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur Bahasa Inggris

  1. Imperative = kalimat perintah, contoh : pour the water, cut the fruits dll.
  2. Simple present tense = unsur kebahasaan yang menggunakan kata kerja bentuk pertama atau presen contoh : serve, place, pour dll.
  3. Action Verbs = kata kerja yang menunjukkan kegiatan fisik contoh : put, tur, mix dll.
  4. Connective of sequence = kata penghubung yang menghubungkan langkah yang satu dengan langkah yang lainnya contoh : while, then, next, afther that dll.
  5. Numbering = angka angka yang digunakan untuk menunjukkan urutan kegiatan contoh : first, second, third dll.

Example Teks Prosedur Bahasa Inggris

How To Make Fried Rice

Ingredients :

  1. Two cups cooked white rice
  2. 2 sprays cooking spray
  3. 1 cup uncooked carrots, shredded
  4. ½ cups frozen green peas thawed
  5. 2 large eggs lightly beaten
  6. 1 cups uncooked scallions, sliced, divided
  7. ¼ cup low sodium soy sauce, or to taste

Steps

  1. Coat a large nonstick skillet with cooking spray: warm pan over medium – highn heat.
  2. Add eggs : tilt pan so that eggs cover bottom.
  3. When eggs start to set, break them up into pieces with a heat – proof spatula.
  4. Cook until eggs are cooked through, about one minute more : remove eggs from skillet and set aside.

Demikian pembahasan kali ini, harapan kami agar kalian bisa mengerti dan memahami tentang Texs Prosedur ( Bahasa Inggris ), semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya :