Contoh Teks Prosedur Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh Teks Prosedur Dalam Bahasa Inggris

Tenses.co.id – Bagi sahabat tenses yang sering atau bahkan hobi membeli barang impor mau pun barang yang diproduksi di luar negeri pastinya sahabat tenses akan melihat lankah – langkah atau penggunaan prosedur tentang oenggunaan dan pemakaian barang tersebut dalam bahasa Inggris, hal ini disebut dengan teks prosedur.

Mungkin bagi sahabat tense yang mengerti bahasa Inggris tidak terlalu bermasalah dengan hal ini, sementara mungkin sahabat tenses pernah diminta untuk membuat contoh teks prosedur dalam bahasa Inggris. Pastinya akan lebih kesulitan lagi kan. Tapi tenang karena kali ini kita akan memberikan contoh teks prosedur dalam bahasa Inggris ya.

Akan tetapi ada baiknya sebelum kita melihat contoh teks prosedur, akan lebih baik jika kita mengetahui tentang pengertian teks prosedur bahasa Inggris beserta dengan fungsinya terlebih dahulu ya, berikut ini pengertian dari teks prosedur bahasa Inggris dan fungsinya.

Pengertian Teks Prosedur Bahasa Inggris

Teks prosedur bahasa Inggris atau jika di dalam bahasa Inggrisnya adalah procedure text merupakan salah satu jenis teks yang menggambarkan mengenai bagaimana sesuatu bisa dibuat dan juga digunakan melalui serangkaian langkah langkah yang dijabarkan untuk mempermudah kita dalam melakukan sesuatu. Teks prosedur bahasa Inggris sendiri biasanya akan bisa kamu temukan di dalam produk atau barang barang yang diproduksi di luar negeri yang akhirnya dipasarkan di Indonesai.

Namun meski begitu sekarang ini sudah banyak sekali teks prosedur bahasa Inggris yang digunakan pada barang yang diproduksi dan dijual di Indonesia. Alasannya agar membuat barang tersebut terlihat memiliki kualitas tinggi dan bisa jadi barang yang diproduksi di Indonesia tersebut nantinya akan dijual ke luar negeri atau di ekspor sehingga dengan memberikan teks prosedur bahasa Inggris ini dapat dianggap mampu menaikkan citra barang itu sendiri di mata para konsumen.

Tujuan Teks Prosedur Bahasa Inggris

Teks prosedur atau procedure text memiliki tujuan untuk memberikan petunjung mengenai langkah  – langkah atau metode dan juga cara untuk menggunakan, cara untuk mengoperasikan, cara membuat hingga cara dalam melakukan sesuatu yang ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris.

Struktur Teks Prosedur Bahasa Inggris

Secara umum teks prosedur bahasa Inggris memiliki struktur dasar untuk memudahkan di dalam membuat teks prosedur bahasa Inggris, dan berikut ini adalah struktur dan penjelasannya :

  1. Goals atau Aim yang berisikan tujuan kegiatan atau hal yang hendak dilakukan atau sesuatu yang nantinya dibuat.
  2. Materials atau Tools yang berisikan bahan bahan dan terkadang juga berisikan alat – alat yang dibutuhkan di dalam membuat suatu barang atau melakukan suatu hal karena di dalam procedure text, material bersifat opsional atau tidak selalu ada.
  3. Steps merupakan serangkaian langkah langkah atau pun tips yang harus dilakukan.
  4. Conclusion atau Result merupakan bagian yang berisikan hasil akhir dari apa yang sudah dikerjakan sesuai dengan langkah – langkah yang dilakukan.

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur Bahasa Inggris

  1. Imperative adalah kalimat perintah, contohnya seperti pour the water, cut the fruits dan lain sebagainya.
  2. Simple present tense adalah unsur kebahasaan yang menggunakan kata kerja bentuk pertama atau presen contohnya seperti serve, place, pour dan lainnya.
  3. Action Verbs adalah kata kerja yang menunjukkan kegiatan fisik contohnya seperti put, tur, mix dan lainnya.
  4. Connective of sequence adalah kata penghubung yang menghubungkan langkah yang satu dengan langkah yang lainnya contohnya seperti while, then, next, afther that dan lainnya.
  5. Numbering adalah angka angka yang digunakan untuk menunjukkan urutan kegiatan contohnya seperti first, second, third dan seterusnya.

Contoh Teks Prosedur Bahasa Inggris

How To Make Fried Rice

Ingredients :

  1. Two cups cooked white rice
  2. 2 sprays cooking spray
  3. 1 cup uncooked carrots, shredded
  4. ½ cups frozen green peas thawed
  5. 2 large eggs lightly beaten
  6. 1 cups uncooked scallions, sliced, divided
  7. ¼ cup low sodium soy sauce, or to taste

Steps

  1. Coat a large nonstick skillet with cooking spray: warm pan over medium – highn heat.
  2. Add eggs : tilt pan so that eggs cover bottom.
  3. When eggs start to set, break them up into pieces with a heat – proof spatula.
  4. Cook until eggs are cooked through, about one minute more : remove eggs from skillet and set aside.

 

Nah, jadi sekarang sahabat tenses sudah tahu kan contoh teks prosedur dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat ya.

Artikel Lainnya :