Ekonomi Mikro

Posted on

Ekonomi Mikro

Tenses.co.id – Pernahkah sahabat tenses mendengar istilah ekonomi Mikro? Jika belum pernah mendengarnya atau pernah mendengar istilah ini namun belum tahu apa itu ekonomi mikro. Tenang saja, kami sudah memiliki ulasan lengkapnya khusus untuk sahabat tensis semua.

Simak di bawah ini yuk!

Ekonomi Mikro Adalah?

Ekonomi mikro ini sendiri merupakan sebuah cabang ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai perilaku konsumen dan juga perusahaan. Selain itu digunakan juga sebagai penentuan harga di dalam pasar dan kuantitas faktir input, baran serta jasa yang diperjual belikan.

Sehingga dari sini dapat diketahui jika definisi dari ekonomi mikro adalah mempelajari tentang perilaku produsen dan juga konsumen, selain itu juga variabel ekonomi yang berada di dalam ruang lingkup yang cukup kecil. contohnya seperti perusahaan rumah tangga.

Beberapa aspek analisis yang terdapat di dalam ekonomi mikro meliputi : Teori permintaan dan penawaran, Elastisitas, Analisis biaya dan manfaat, Model-model pasar, Teori produksi, Teori harga, dan juga Industri.

Tujuan Ekonomi Mikro

Ekonomi makro sendiri memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapainya, tujuan yang pertama adalah untuk melakukan sebuah analisis terhadap mekanisme pasar yang membentuk harga yang relatif kepada sebuah produk barang maupun jasa, dan juga alokasi dari sumber yang terbatas, di antaranya seperti banyaknya penggunaan alternatif.

Selain itu ekonomi mikro juga bertujuan untuk melakukan sebuah analisis dari kegagalan pasar yakni pada saat pasar gagal di dalam memproduksi barang yang hasilnya efisien dan juga menjelaskan mengenai berbagai macam kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar dengan adanya persaingan yang sempurna.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup ekonomi mikro yakni terdiri dari konsumen dan produsen yang ada di dalam dunia ekonomi, karena konsumen dan produsen adalah individu individu yang ada di setiap rumah tangga, masyarakat, organisasi dan juga sebuah perusahaan.

Ruang lingkup ekonomi mikro sendiri terdiri dari beberapa hal seperti di bawah ini :  Penawaran adalah permintaan dan juga keseimbangan pada harga pasar, Elastisitas adalah penawaran dan juga permintaan, Teori terhadap perilaku konsumen, Teori produksi, biaya, penerimaan produsen, dan juga laba, Pasar persaingan sempurna, Pasar monopoli, Pasar oligopoly, Pasar persaingan monopolistik, Permintaan akan input dan Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.

Komponen Ekonomi Mikro dalam Bisnis

Di dalam penggunaannya di bidang bisnis, ekonomi mikro ini terdiri dari 3 komponen utama yang wajib untuk dipahami, berikut ini adalah komponen ekonomi mikro di dalam bisnis beserta dengan penjelasannya :

  1. Interaksi di Pasar Barang

Apabila dilihat dari segi pandangan ekonomi mikro adalah sebuah perekonomian yang merupakan gabungan dari berbagai macam jenis pasar, termasuk pasar barang, kegiatan dari tawar menawar tentang harga barang dan jasa biasanya dilakukan oleh penjual dan juga pembeli yang berada di dalam pasar.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan utnuk membentuk harga barang atau jasa yang sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak, pembentukan harga barang atau jasa bisa terjadi dikarenakan melalui sebuah proses interaksi dari permintaan dan juga penawaran di antara pihak penjual dan juga pembeli.

  1. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli

Berikutnya adalah teori yang dijelaskan pada ekonomi mikro yakni mengenai tinghkah laku konsumen dan juga produsen yang ada di dalam sebuah pasar, kegiatan produsen dan konsumen di dalam ekonomi di dasari oleh tujuan mereka masing masing.

Ekonomi mikro telah menjelaskan mengenai upaya seorang konsumen di dalam mencukupi kebutuhan hidupnya dengan pendapatannya yang sangat terbatas sementara di dalam perilaku produsen menjelaskan mengenai upaya bagaimana seorang produksen agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

Pendapat yang digunakan di dalam menganalisis sebuah perilaku konsumen dan produsen di dalam kegiatan ekonomi adalah pihak produsen dan konsumen melakukan suatu aktivitas ekonomi dengan cara rasional serta konsumen berusahan untuk bisa mendapatkan kepuasan yang maksimal dengan menggunakan dana yang sangat terbatas dan yang terakhir adalah produsen berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan berbagai pengorbanan tertentu.

  1. Interaksi di Pasaran

Hal yang paling penting lainnya ini dijelaskan di dalam komponen mikro yakni interaksi yang terjadi di antara konsumen dan juga produsen di dalam pasar faktor produksi.

Pasar faktor produksi ini biasanya menyediakan faktor produksi yang dibutuhkan oleh pihak produsen untuk dapat melakukan kegiatan produksinya, di dalam pasar ini juga terjadi suatu kegiatan tawar menawar di antara konsumen dan juga produsen.

Faktro reproduksi diantaranya yakni SDA atau sumber daya alam, SDM atau sumber daya manusia, modal dan juga kewirausahaan. Faktor faktor ini biasanya juga diperoleh dari rumah tangga konsumen, dari penyediaan faktor produksi rumah tangga konsumen yang akan mendapatkan balasan yakni berupa jasa.

 

Kini sahabat teksis sudah tahu kan, apa itu ekonomi makro beserta dengan penjelasan lengkap yang telah kami sediakan.