Frase Bahasa Inggris yang Perlu Kita Ketahui Saat Pergi ke Dokter

2 min read

Frase Bahasa Inggris yang Perlu Kita Ketahui Saat Pergi ke Dokter

Tenses.co.id – Siapa sih yang belum pernah pergi ke dokter? Entah itu untuk berobat atau sekadar check-up rutin.

Hampir mustahil untuk Kita tidak menemui dokter. Bahkan mulai sejak lahir saja, beberapa orang mempercayakannya pada dokter. Tidak jarang juga yang memiliki dokter langganan.

Terbayang kan bagaimana pentingnya keberadaan dokter dalam hidup Kita.

Pentingnya Bahasa Inggris

Tapi bagaimana dengan orang yang sakit saat berada di luar negeri? Atau mungkin seseorang yang berobat ke rumah sakit internasional?

Disinilah peran bahasa inggris diperlukan. Seperti yang Kita ketahui bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang bisa digunakan di negara manapun.

Juga beberapa negara memastikan bahasa inggris sebagai secondlanguage karena begitu pentingnya untuk menunjang mobilitas yang ada tersebut.

Kembali ke topik awal, maka akan muncul pertanyaan. Bagaimana dengan mereka yang tidak begitu mahir berbahasa inggris namun karena hal mendesak maka harus menemui dokter?

Kosakata dalam bahasa inggris itu banyak sekali, sama halnya dengan bahasa lainnya. Tidak mungkin Kamu akan menghafalsemuanya dalam keadaan mendesak seperti kasus sebelumnya.

Tapi Kita bisa menyiasatinya, lho! Kita tidak harus menghafalkansemuanya, hanya perlu untuk memahami beberapa frasa yang biasanya digunakan saat berkunjung ke dokter.

Frasa Bahasa Inggris Saat Pergi ke Dokter

Frasa yang umum digunakan saat mengunjungi dokter ini bisa menjadi referensi yang paling tepat untuk Kamu. Tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Frase yang Mungkin Akan Diucapkan Oleh Dokter

Sama halnya seperti di Indonesia, dokter dari luar negeri pun awalnya akan bertanya seputar keluhan yang Kamu alami beberapa waktu sebelum akhirnya memutuskan untuk check-up.

Lalu setelah mendengarkan keluhan, mereka akan melakukan beberapa pemeriksaan dasar untuk mendukung hipotesis yang sebelumnya sudah dibuat.

Nah untuk frasa yang umum/ biasanya digunakan oleh dokter adalah:

  • ‘how long haveyoubeen feeling likethis?’ artinya sudah berapa lama Kamu merasa seperti ini?

Pertanyaan ini sangat umum untuk mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien. Sekaligus untuk menunjukkan seberapa kuat/ lama penyakit tersebut ada.

Selain itu, hal tersebut juga mampu membantu dokter untuk memberikan resep obat yang harus diminum berdasarkan apa yang dirasakan oleh pasien terkait.

  • ‘Haveyougottenenoughsleepthesedays?’ artinya apakah Kamu cukup tidur belakangan ini?

Pertanyaan ini mampu memberikan dokter informasi lebih mengenai gaya hidup yang dilakukan. Dan apakah hal tersebut yang menjadi penyebab sakit yang Kamu derita.

  • ‘We willneed to runsometest.’ artinya Kita (dokter) perlu melakukan beberapa tes.

Pernyataan ini ditujukan untuk memastikan hipotesis sebelumnya.

  • Does ithurtwhen i presshere?’ artinya apakah sakit jika Saya (dokter) menekan bagian ini?

Pertanyaan ini digunakan ketika dokter hendak mencari tahu dimana sebenarnya sumber penyakit tersebut berada. Sehingga dokter dapat mengambil langkah pasti untuk mengobatinya.

  • ‘Do youhaveanyallergies? Artinya apakah Kamu memiliki alergi?

Pertanyaan ini biasa digunakan dokter untuk mengetahui apakah sakit yang dialami disebabkan oleh alergi atau tidak. Juga untuk memberikan resep obat pada pasien.

  1. Frase yang Mungkin Akan Diucapkan Oleh Pasien

Nah selain frase yang biasa digunakan oleh dokter, Kami juga akan memberikan beberapa gambaran mengenai frase yang mungkin akan digunakan oleh seorang pasien. Letsget to the list!

  • ‘It’sbotheringmeforseveraldays’ artinya sakit ini sudah berlangsung untuk waktu yang cukup lama.

Hal ini biasa digunakan untuk menunjukkan keluhan yang dirasakan oleh pasien terkait.

  • ‘i have a terribleheadache/ stomachache/ backache/ ect.’ artinya Saya merasakan sakit kepala/ sakit perut/ sakit punggung/ ect.

Masih dalam hal keluhan, pernyataan ini memiliki arti yang lebih spesifik mengenai dimana letak sakit tersebut berada.

  • ‘i have a rashonmyarm, andit’sveryitchy.’ artinya Saya memiliki ruam di tangan, dan itu terasa sangat gatal.

Hal ini hanya salah satu contoh yang biasa digunakan oleh pasien untuk menunjukkan gejala yang sedang dirasakan.

Bagaimana? Frase dalam bahasa inggris ternyata tidak terlalu sulit bukan? Malah cukup mudah untuk dipahami dan diucapkan. Bahkan untuk Kita yang pemula.

 

Artikel Terkait:

Cara Mengungkapkan Perasaan Sedih dalam Bahasa Inggris

Cara Mengungkapkan Perasaan Senang dalam Bahasa Inggris

Cara Mengungkapkan Perasaan Sedih dalam Bahasa Inggris