Fungsi Lidah – Bagian Bagian Beserta Gambarnya

2 min read

Fungsi Lidah – Bagian Bagian Beserta Gambarnya

Tenses.co.id – Hai sobat baca, tahukah kalian jika dalam tubuh manusia terdapat beberapa indra yang memiliki fungsi masing masing untuk mendukung semua pergerakan dan aktifitas setiap harinya, dari beberapa indra tubuh tersebut terdapat satu indra yang berfungsi sebagai indra perasa yaitu lidah, seperti yang kita ketahui, lidah memiliki fungsi dan tugas untuk mengecap segala rasa yang ada di kehidupan manusia, mulai dari rasa manis, pahit, asin hingga asam akan dirasakan oleh lidah.

Lidah juga menjadi salah satu organ luar manusia yang memiliki peran yang cukup penting loh, karena lidah merupakan organ pengecap vocal dan tanpa adanya lidah kita tidak akan bisa mengecapkan vocal dengan baik.

Lidah memiliki otot dan ditutupi oleh selaput lendir yang tipis, lidah berada di antara rongga mulut serta orofaring, lidah juga tidak memiliki tulang sehingga membuat lidah bisa bergerak dengan sangat fleksibel.

Fungsi Lidah

Sebagai salah satu bagian dari panca indra manusia dan organ luar manusia, lidah sendiri memiliki beberapa fungsi di antaranya adalah digunakan untuk mengecap rasa, mencerna makanan, lidah berguna sebagai alat untuk berbicara, lidah juga dapat digunakan untuk mengatur letak makanan, dan yang terakhir lidah juga dapat digunakan untuk membantu menelan.

Bagian Bagian Lidah

Lidah Bagian Atas Atau Permukaan Superior

Untuk bagian atas, lidah berbentuk menyerupai huruf V. Bentuk ini disebut dengan sulkul terminal. Bagian ini terbagi dari beberapa bagian yaitu permukaan anterior yang terdiri dari beberapa bagian yakni puncak ujung lidah hingga sampai bagian tubuh lidah serta permukaan posterior yang terdiri dari tubuh lidah.

Fungsi dari bagian atas lidah adalah untuk mengecap rasa sebab permukaan atas lidah akan bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut manusia.

Akar Lidah

Akar lidah letaknya berada antara tulang hyoid serta bagian rahang bawah lidah. Di bagian punggung akar ini mempunyai posisi duduk di bagian orofaring, akar lidah juga memiliki fungsi sebagai penggerak lidah karena tanpa adanya akar maka lidah tak akan bisa begerak bebas.

Tubuh Lidah

Dua pertiga bagian lidah merupakan tubuh lidah yang memiliki bagian kasar disebut dengan papilla lingual dan dikelilingi oleh gogo lateral dan permukaan anterior. Papilla di tubuh lidah memiliki fungsiuntuk mendeteksi rasa yang berbeda dari setiap makanan, minuman atau benda asing yang masuk ke mulut.

Tonsil Atau Amandel

Tonsil ini lebih dikenal dengan sebutan amandel. Bagian ini terletak di dalam mulut manusia dan merupakan bagian dari lidah karena ketika manusia membuka mulut dengan lebar disitulah akan terlihat tonjolan di sebelah kanan dan kiri rongga mulut, inilah yang kemudian disebut dengan amandel. Diketahui bahwa amandel pun bisa membesar seiring dengan perubahan yang terjadi.

Apabila amandel ini menjadi besar maka akan berakibat kesulitan pada saat menelan makanan. Karena fungsi utama amandel ialah sebagai benteng pertama di dalam pertahanan makanan, sehingga amandel memiliki hubungan langsung dengan sistem kekebalan tubuh kita, oleh sebab itu anak yang memiliki penyakit amandel maka amandel tersebut tidak bisa diangkat karena hal ini akan membuat anak lebih sering terserang penyakit, dikarenakan sistem imun tubuhnya tidak terlindungi lagi oleh amandel ini.

Adenoid

Ialah bagian dari lidah yang berfungsi untuk memerangi infeksi sehingga jika ada kuman serta bakteri yang dicap oleh lidah makan adenoid inilah yang kemudian memiliki tugas untuk memerangi bakteri atau kuman tersebut.

Kuncup lidah

Merupakan struktur yang terdapat di bagian permukaan lidah dan bertugas sebagai pencipta resep untuk rasa karena di dalam kuncup lidah terdapat kurang lebih 300 selera, kuncup lidah bisa mengecap rasa manis, asam, pahit dan juga asin.

Frenulum

Adalah bagian lidah yang memiliki bentuk lapisan tipis dari jaringan yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara lidah dengan dasar mulut.

Otot Lidah

Merupakan bagian yang juga penting dari lidah karena tanpa ada otot lidah maka lidah tidak akan bisa bergerak, karena lidah merupakan massa yang terdiri dari beberapa otot dan otot satu dengan otot lainnya yang ada di dalam lidah saling berhubungan satu sama lainnya. Otot di dalam lidah dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok lidah intriksik serta kelompok lidah ekstrinsik.

Demikianlah sedikit pengetahuan tentang Lidah dan fungsinya sebagai indra perasa, harapan untuk kalian memahami tentang apa yang dimuat dalam artikel ini selalu kami kedepankan, terus ikuti artikel kami yang lainnya yang tentu saja lebih menarik, semoga ini dapat bermanfaat untuk kalian dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

 

Artikel Lainnya :