Fungsi Ovarium – Lengkap Dengan Struktur dan Pengertiannya

Posted on

Fungsi Ovarium – Lengkap Dengan Struktur dan Pengertiannya

Fungsi Ovarium – Pastinya kamu pernah mendengar tentang ovarium kan, ovarium sendiri adalah salah satu organ reproduksi yang sangat penting bagi wanita. Berikut ini kita hanya akan membahas mengenai ovarium saja namun juga akan membahas mengenai fungsi ovarium bagi proses reproduksi pada wanita. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Ovarium

Ovarium juga biasa dikenal dengan nama dinding telur yang merupakan salah satu organ reproduksi pada wanita yang memiliki fungsi dan tugas yang sangat penting bagi proses reproduksi yakni untuk memproduksi sel telur dan juga hormone.

Manusia memiliki dua buah ovarium yang terletak di sebelah kanan dan sebelah kiri di bagian pinggul, bentuk dari ovarium ini sendiri adalah berbentuk oval dengan ukuran panjang sekitar 4 cm dan juga lebar sekitar 3 cm, dengan diameter sekitar 2 cm, ovaroum ini memiliki warna abu abu kemerahan dengan struktur permukaan yang agak sedikit tidak rata.

Ovarium sendiri terdiri dari beberapa bagian atau struktur yang membangun ovarium dan berikut ini adalah struktur yang terdapat dalam ovarium

Struktur Anatomi Dan Bagian Ovarium

Secara umum ovarium sendiri terdiri dari beberapa struktur dan bagian serta lapisan utama, berikut ini adalah struktur ovarium beserta dengan penjelasannya :

  1. Bagian Permukaan

Bagian permukaan adalah bagian yang berada paling luar dari ovarium dan terdiri dari epitel kuboid selapis mau pun epitel germinal.

  1. Korteks

Bagian ini merupakan bagian yang terletak di sesudah bagian permukaan, korteks sendiri sebagian besarnya terdiri dari jaringan ikat dan menjadi tempat ditemykannya sel filikel dan oosit.

  1. Medulla

Medulla sendiri merupakan bagian yang paling dalam dari ovarium yang tersusun atas jaringan neorovaskular.

Fungsi Ovarium

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika ovarium memiliki fungsi yang sangat penting bagi proses reproduksi manusia, ovarium sendiri memiliki dua fungsi penting yakni untuk membantu proses reproduksi dan fungsi endokrin. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ulasan lengkap tentang fungsi ovarium.

Ovarium merupakan kelenjar reproduksi ductless atau tanpa saluran dalam yang mana sel reproduksi wanita yang ini akan diproduksi. Ovarium merupakan salah satu dari gonad seksual yang berpasangan pada wanita yang dipegang oleh membrane yang berada di samping uterus yang terdapat pada setiap gonad didi dari perut hingga di bagian bawah.

Ovarium dibutuhkan di dalam proses reproduksi karena bertanggung jawab dalam memproduksi sel sel reproduksi wanita atau ovum. Selama ovulasi folikel akan mengusir telur yang berada di bawah stimulai hormon luteinizing dan juga hormon gonadotrophic, yang juga biasa dikenal sebagai follicle-stimulating hormone.

Sisa folikel mau pun korpus luteum yang mengeluarkan hormone kelamin ekterogen dan progesteron ini yang mengatur menstruasi dan juga mengontorl perkembangan organ kelamin, hormone hormone kelamin dan hormone gonadotrofik ini berinteraksi antara satu sama lain untuk dapat mengendalikan siklus menstruasi.

Pada saat telur sudah matang, maka telur itu akan dirilis dan masuk ke dalam tuba falopi menuju ke rahim dan apabila sel telur ini dibuahi oleh sel reproduksi laki laki atau sperma maka pembuahan pun akan terjadi dan kehamilan akan dimulai.

Secara umum ovarium sendiri memiliki fungsi seperti di bawah ini :

  1. Setiap bulan pada siklus menstruasi telur akan dilepaskan oleh salah satu dari ovarium.
  2. Pada saat telur dilepaskan dari ovarium maka akan mulai melakukan perjalanan ke saluran telur, ujungnya akan berbentuk seperti corong dan berasal dari saluran tuba di mana ia akan mulai bergerak lebih dari beberapa hari ke dalam rahim.
  3. Telur yang matang kemudian akan bergerak sepanjang perjalanan melalui saluran tuba yang dilakukan oleh kontraksi otot yang mirip dengan gelombang laut yang terjadi pada tuba falopi.
  4. Lapisan internal di setiap tuba fallopi akan mempunyai silia, rambut mikroskopis yang secara terus menerus memecut.
  5. Apabila wanita melakukan hubungan seksual maka silia akan membantu untuk menggeser sperma menuju ke sel telur.
  6. Pembuahan telur dengan sperma atau konsepsi akan terjadi pada bagian tabung yang letaknya paling dekat dengan ovarium.
  7. Untuk mencapai rahim sendiri maka dibutuhkan sekitar 5 hingga 6 hari untuk telur yang telah dibuahi.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, apa saja fungsi ovarium yang wajib kamu tahu, semoga dapat memberikan ilmu pengetahuan tambahan untuk kamu semua ya.

Artikel Lainnya :