Hubungan Internasional – Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Posted on

Hubungan Internasional – Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Hubungan Internasional merupakan sebuah hubungan yang terjalin di antara Negara atau sekumpulan Negara yang memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Sama halnya dengan manusia pada umumnya yang membutuhkan hubungan sosial sebuah Negara pun juga membutuhkan hubungan dengan Negara lainnya untuk memperoleh keuntungan atau mencapai sebuah tujuan. Akan tetapi hubungan internasional juga tak melulu soal kerja sama yang saling menguntungkan, ada juga hubungan internasional yang terjalin karena adanya sebuah perselisihan, perebutan wilayah, sengketa dan juga permusuhan.

Contohnya seperti Indonesia dengan Belanda dan Jepang yang dahulu pernah memiliki hubungan internasional dikarenakan Indonesia pernah dijajah oleh kedua Negara ini, sehingga penjajahan pun juga termasuk ke dalam hubungan internasional.

Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional sendiri biasa disebut juga dengan hubungan antar bangsa yang merupakan sebuah interaksi yang dilakukan antar manusia yang berasal dari Negara berbeda, baik secara individu mau pun secara berkelompok.

Tujuan Hubungan Internasional

Adanya sebuah hubungan tentu memiliki tujuan atau keinginan yang ingin dicapai oleh salah satu pihak atau kedua belah pihak. Begitu juga dengan hubungan antar Negara atau hubungan internasional ini memiliki tujuan yang ingin digapai oleh keduanya. Berikut ini adalah tujuannya :

  1. Bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi di setiap Negara.
  2. Bertujuan untuk menciptakan rasa saling mengerti antara sesama bangsa dan juga menegakkan perdamaian.
  3. Bertujuan untuk menciptakan sebuah keadilan dan juga kesejahteraan untuk seluruh rakyat di dunia.
  4. Bertujuan untuk menjalin sebuah hubungan antar Negara yang saling bersangkutan.
  5. Bertujuan untuk menjalin kerja sama di bidang politik, ekonomi, dan juga budaya.
  6. Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan warga yang ada di negaranya.
  7. Memiliki tujuan untuk membuka peluang di segala bidang terutama di dalam pemasaran produk yang ada di dalam negeri atau pun di luar negeri.
  8. Bertujuan untuk memperlancar sebuah hubungan ekonomi antar Negara.

Manfaat Hubungan Internasional

Sebuah hubungan internasional tak hanya memiliki tujuan saja namun juga dengan adanya tujuan maka akan tercipta pula manfaat yang bisa diperoleh dari hubungan kerjasama antar Negara ini.

Manfaat hubungan internasional ini sendiri memang akan berbeda – beda bagi setiap Negara yang menjalin hubungan dengan Negara lain, tapi bagi Indonesia ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalin kerja sama dengan Negara lain seperti berikut ini :

  1. Bidang Politik

Manfaat yang didapat Indonesia dengan menjalin kerja sama dengan Negara lain adalah untuk menunjang pelaksanaan kebijakan politik dan juga hubungan luar negeri terutama untuk kepentingan pembangunan.

  1. Di Bidang Ekonomi

Dengan melakukan kerja sama di bidang ekonomi maka akan dapat menunjang upaya untuk meningkatkan pembangunan ekonomi sosial.

  1. Bidang Ideologi

Manfaat yang diperoleh oleh Indonesia dari hubungan dengan Negara lain adalah manfaat ideologi untuk menjaga serta mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan juga Negara.

  1. Di Bidang Sosial – Budaya

Hubungan internasional yang dijalin dengan Negara lain juga memiliki manfaat di bidang sosial dan buday, yakni manfaat untuk meningkatkan nilai nilai sosial budaya dari sebuah bangsa dan di dalam upaya penanggulangan terhadap setiap bentuk ancaman, gangguan hingga kejahatan internasional yang bisa saja terjadi pada saat melakukan pelaksanaan pembangunan nasional.

  1. Perdamaian dan Keamanan Internasional

Dengan melakukan hubungan internasional bisa mendapatkan manfaat di dalam perdamaian dan keamanan internasional dalam upaya menunjang pemeliharaan dan juga pemulihan perdamaian, keamanan serta stabilitas internasional.

  1. Kemanusiaan

Dengan melakukan hubungan internasional bisa menunjang upaya pencegahan dan juga penanggulangan di setiap bencana serta rehabilitasi yang dilakukan untuk pasca bencana.

  1. Meningkatkan Citra Bangsa

Tanpa disadari manfaat dari hubungan internasional adalah dapat meningkatkan citra bangsa di mata dunia dengan hadir di berbagai forum penting sehingga bisa mempererat hubungan antar Negara serta kepercayaan masyarakat Internasional terhadap Indonesia.

 

Jadi sudah tahu kan, apa itu hubungan internasional mulai dari tujuan hingga manfaatnya. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Lainnya :