Hukum Newton – Pengertian, Materi, Disertai Gambar

2 min read

Hukum Newton – Pengertian, Materi, Disertai Gambar

Tenses.co.id – Hai sobat semua, kami yakin kalian semua pasti pernah mendengar tentang apa yang disebut dengan Hukum Newton ? Hukum yang diciptakan atau ditemukan oleh seorang ilmuwan ternama siapa lagi kalau bukan Sir Isaac Newton, yang kemudian nama belakangnya lantas menjadi pengingat kita lantaran dipakai untuk menyebut hukum Newton itu sendiri.

Kita ketahui bahwa Hukum Newton menggambarkan antara gaya yang bekerja di suatu benda serta gerak yang disebabkan benda tersebut, Sedangkan Sir Isaac Newton sendiri merupakan seorang fisikawan yang lahir pada tahun 1643, Selain menemukan tentang hukum grafitasi dan gerak dirinya juga menemukan kalkulus,teleskop dan spektrum cahaya.

Sir Isaac Newton juga pernah menulis sebuah buku yang berjudul ” Philosophiae Naturalis Prinsipia mathematics ( prinsip matematika serta filsafat alam). Kemudian buku tersebut menjadi pondasi untuk perkembangan ilmu matematika dan fisika modern, setelah itu atas dedikasi dan karya karyanya terhadap ilmu pengetahuan, matematika dan fisika Sir Isaac Newton kemudian mendapat gelar bangsawan kehormatan dari Kerajaan Inggris di tahun 1705.

Sementara Hukum Gerak Newton itu sendiri sangat penting untuk di pahami oleh kalian para pembaca yang khususnya para siswa dan siswi tingkat SLTP dan SLTA ( Sederajat ), karena tidak hanya dapat di terapkan di kehidupan sehari hari tapi hukum Newton juga acap kali muncul dalam setiap soal soal ujian sekolah dan jelas hal ini sangat wajib untuk dipahami.

Berikut ini kami telah mencoba berbagi pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan Hukum Newton tersebut, untuk lebih lanjutnya silahkan kalian baca artikel ini sampai selesai, dibawah ini uraiannya.

Hukum Newton

1. Hukum Newton Satu

Bunyi Hukum Newton

Bunyi Hukum Newton yang pertama adalah, menyatakan apabila resultan di suatu benda itu sama dengan nol maka benda yang diam kemudian akan tetap diam, dan begitu sebaliknya jika pada benda yang bergerak maka akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap.

Rumus Hukum Newton Satu

Contoh Hukum Newton Satu

  1. Pada saat kamu menaiki mobil yang bergerak dengan sangat cepat kemudian pada saat pengemudi menekan rem mobil tersebut secara tiba-tiba maka yang akan terjadi adalah para penumpang akan terdorong ke depan.
  2. Mobil yang berjalan dengan kecepatan pelan kemudian kemudian setelah itu dengan mendadak kamu menginjak gas maka hal tersebut akan membuat penumpang terdorong ke belakang.
  3. Apabila kamu meletakkan sebuah koin di atas kain lalu kain tersebut ditarik secara cepat maka yang terjadi adalah koin tersebut akan tetap diam.

 

2. Hukum Newton Dua

Bunyi Hukum Newton

Bunyi Hukum Newton ke dua yang menyatakan apabila percepatan dari suatu benda akan berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja pada benda tersebut, berbanding terbalik dengan massanya dan arah percepatan tersebut akan sama seperti arah gaya yang bekerja.

Rumus Hukum Newton Dua

 

Contoh Hukum Newton Dua

  1. Jika kamu menendang sebuah bola maka kemudian bola tersebut akan bergerak dengan pergerakan dan percepatan tertentu yang artinya bahwa kamu memberikan gaya pada bola tersebut.

3. Hukum Newton Tiga

Bunyi Hukum Newton Tiga

Bunyi Hukum Newton ke tiga, mengatakan jika pada saat sebuah benda memberikan suatu gaya pada benda yang kedua, maka benda yang kedua tersebut akan memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda yang pertama.

Rumus Hukum Newton Tiga

Rumus Hukum Newton Tiga ini sendiri dibagi menjadi tiga bagian, berikut ini adalah rumusnya.

  1. Rumus Gaya Gesek

  1. Rumus Gaya Gerak

  1. Rumus Gaya Sejenis

Contoh Hukum Newton Tiga

  1. Pada saat kamu memukul sebuah meja semakin besar anda memukul meja tersebut maka tangan anda pun akan terasa sakit, hal ini disebabkan karena gaya yang juga semakin besar pada saat kamu memukul meja tersebut dengan menggunakan tangan.
  2. Pada saat kamu duduk di sebuah kursi busa, berat badan kamu akan menekan kursi tersebut ke bawah sementara kursi tersebut akan menahan berat badan kamu ke atas.
  3. Jika kamu melempar sebuah bola ke dinding maka bola tersebut akan berbalik dengan kekuatan yang sama saat kamu melemparnya tadi.
  4. Jika kamu menggunakan sepatu roda dan mendorongnya ke dinding, maka dinding tersebut akan mendorong sama dengan gaya yang kamu keluarkan akan tetapi arahnya akan berlawanan sehingga kamu akan terdorong menjauh.

 

Sampai disini kami kembali berharap agar kalian memahami akan apa yang menjadi inti dari pembelajaran kali ini, semoga rangkuman yang singkat ini akan dapat membantu kalian dalam memahami Hukum Newton, semoga ini dapat bermanfaat bagi kalian dan sampai jumpa.

Artikel Lainnya :