Jangka Sorong – Cara Menghitung, Manfaat, Contoh Lengkap Disertai Gambar

2 min read

Jangka Sorong – Cara Menghitung, Manfaat, Contoh Lengkap Disertai Gambar

Tenses.co.id – Pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan pembahasan mengenai jangka sorong, khusus untuk sahabat tenses semua kami akan mengulas secara lengkap mulai dari gambar, cara menghitung, manfaat hingga contoh lengkap dari jangka sorong ini sendiri.

Mari, simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu jangka sorong?

Jangka sorong adalah alat adalah alat untuk mengukur panjang, ketebalan dan bahkan diameter suatu benda pada tingkat akurasi 0,1 mm.

Alat ini biasa digunakan karena tingkat ketelitiannya adalah seperseratus milimeter. Karena manfaat alat ini, kami sarankan Anda mengukurnya sebelum dan di dalam lubang kecil.

Hanya profesi tertentu yang menggunakan alat ini, seperti halnya arsitek, pembangun dan pengrajin profesional karena kemudahan transportasi, presisi tinggi, presisi tinggi dan perawatan mudah, alat ini diukur oleh arsitek dan insinyur alternatif sebagai perangkat yang setara.

Bagian – Bagian Dari Jangka Sorong

Jangka Sorong sendiri terdiri dari bagian-bagian berbeda yang membentuk jumlah cetak dan terletak di badan instrumen ini. Selain angka-angka dalam skala angka atau penggaris, skala ini juga bisa ditempatkan pada rahang pers.

Opera baji memiliki dua pasang rahang yang berada di luar sepasang rahang atau di rahang bawah yang perlu mengukur jarak, biasa disebut kaliber utama, sehingga ada sepasang rahang atau bahkan rahang atas .

Kedua pasang rahang bisa ditarik. Jarak antara dua pasang rahang dapat dibaca dengan cara yang sama untuk membaca dan menentukan ukurannya.

Selain itu, ada bar pengukur kedalaman yang bisa digerakkan atau dikendalikan dengan menggerakkan rahang, ini karena tiga bagian tang bisa bergerak bersama sehingga tiga fungsi bisa dibaca atau dihitung dengan cara yang sama.

Untuk kejelasan, Anda dapat melihat bagian dari jangka sorong pada ilustrasi di bawah ini. Lihat gambar berikut:

 

Nah, Anda sudah tahu bagaimana bentuk dan bagian jangka sorong. Setelah Anda memiliki pemahaman lengkap tentang semua bagian dari jangka sorong, sekarang saatnya untuk mengetahui cara kerja jangka sorong. Apa itu Fungsi dari jangka sorong ?

Tehnik Menghitung Jangka Sorong

Contoh lengkap dan Cara Menghitung Jangka Sorong

Berikut ini adalah contoh dan cara menghitung jangka sorong yang sudah kami sajikan untuk sahabat tenses semuanya, simak ya!

Tehnik Menghitung Pada Jangka Sorong Dengan Nilai Ketelitian 0,02 mm

Jika kita mengetahui jangka sorong dengan 49 skala utama = 50 skala nonius.

Dengan demikian, ukuran satu skala vernier = 1/50 x 49 skala utama = 0,98 skala utama.

Jadi Anda bisa melihat apakah ketebalannya adalah tingkat akurasi 1/50 = 0,02 mm.

Tehnik Menghitung Pada Jangka Sorong Dengan Nilai Ketelitian 0,05 mm

Jika jangka sorong dengan 39 skala utama = 20 skala Nonius diketahui.

Dengan demikian, ukuran satu skala vernier = 1/20 x 39 skala utama = 1,95 skala utama.

Dengan demikian, dapat dilihat bahwa meter memiliki akurasi 2-1,95 = 0,05 mm.

Dapat juga dicatat bahwa 1 bagian dari skala utama dibagi dengan skala vernier 1/20 = 0,05 mm.

Cara Menghitung Jangka Sorong Nilai Ketelitian0,1 mm

Jika jangka sorong dengan 9 skala utama = 10 skala nonius diketahui. Dengan demikian, amplitudo 1 skala vernier adalah 1/10 x 9 skala utama = 0,9 skala utama.

Untuk mengetahui apakah meter memiliki akurasi 1-0,9 = 0,1 mm.

Manfaat Jangka Sorong

Jangka sorong untuk  mengukur diameter luar, diameter dalam, kedalaman, tinggi, dan ketebalan benda tipis seperti pelat, seng, dan benda tipis lainnya.

Biasanya meter dibagi menjadi dua jenis, yaitu Analog (manual) dan Digital meter.

  1. Jangka sorong analog atau manual

Ketebalan jenis ini, berdasarkan namanya, memiliki kalkulator yang menghitungnya secara manual dan juga memiliki perhitungan sendiri untuk menghasilkan angka yang valid.

  1. Jangka sorong digital

Instrumen ini berbeda dari meter analog di mana angka tidak digunakan dalam perhitungan untuk meter digital, seperti meter analog, karena angka yang valid segera muncul dalam pengukuran.

Manfaat jangka sorong :

  • Rahang bagian dalam: mengukur permukaan luar objek
  • Rahang luar: mengukur bagian dalam objek
  • Skala utama (cm): Pengukuran nilai dalam cm
  • Skala Nonius: nilai dimensi fraksi dalam milimeter
  • Skala (inci): Nilai yang diukur adalah inci
  • Tombol kunci : Tekan dan tahan ketebalan selama pengukuran

Demikian pembahasan kali ini semoga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi sahabat tense semua, dan kami akan selalu senantiasa berbagi berbagai ilmu pengetahuan dalam bidang apapun yang kami harapkan akan dapat berguna bagi kalian, setidaknya hal ini dapat menjadi dasar bagi kalian jika kelak menemukan pembahasan semacam ini.

Ikuti terus artikel kami lainnya yang lebih menarik dan rangkuman yang mudah kalian fahami tentunya, tak ada kata terlambat dalam mempelajari ilmu pengetahuan, semoga ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

 

Artikel Lainnya :