Jenis Teks Deskripsi Ditinjau Dari Bentuknya

Posted on

Jenis Teks Deskripsi Ditinjau Dari Bentuknya

Tenses.co.id – Sahabat Tenses, pernahkan kalian mendengar tentang teks deskripsi? Jika sudah pernah, apakah kalian tahu jenis teks deskripsi yang ditinjau dari bentuknya?

Karena pada kesempatan kali ini kita akan memberikan pembahasan lengkap tentang jenis teks deskripsi yang ditinjau dari bentuknya. Mau tahu penjelasannya? Simak di bawah ini ya!

Teks deskripsi sendiri merupakan sebuah teks yang menjabarkan mengenai sebuah objek tertentu dengan menggunakan kata – kata yang bisa merangsang panca indera agar dapat membuat pembaca menjadi seolah – olah menyaksikan atau pun merasakan sendiri objek yang dideskripsikan oleh si penulis.

Beberapa aspek yang dijabarkan di dalam teks deskripsi biasanya berupa keadaan, karakteristik, sifat mau pun perasaan yang sedang dirasakan oleh objek tersebut.

Tujuan Teks deskripsi

Teks deskripsi ini sendiri mempunyai tujuan untuk dapat memberikan penjelasan yang utuh pada pembacanya agar pembaca bisa memahami dengan jelas apa yang sedang dibicarakan oleh penulis di dalam teks deskripsi tersebut. Baik di dalam hal bentuk fisik mau pun wujud yang abstrak salah satunya seperti sikap, rasa dan juga lain sebagainya yang dirasakan oleh penulis.

Teks deskripsi sendiri dibuat dari hasil pengamatan mau pun hasil observasi yang dilakukan oleh penulis sebelum memulai untuk membuat teks deskripsi, maka dari itu informasi yang digunakan di dalam menjelaskan suatu benda mau pun objek ini harus benar benar jelas dan ditulis sesuai dengan data dan juga fakta yang ada dan terdapat pada objek yang digunakan oleh penulis untuk membuat teks deskripsi.

Ciri – Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi sendiri memiliki ciri ciri yang bisa membuat kamu lebih mudah untuk mengenalinya dari jenis karangan lain. Seperti yang sudah kita semua tahu jika sebuah karangan terbagi menjadi beberapa jenis selain deskripsi, ada karangan narasi, karangan definisi, karangan argumentasi dan juga karangan ekposisi.

Untuk lebih memudahkan kamu dalam mengenali dan membedakan kalimat deskripsi kamu bisa melihat ciri cirinya yang ada di bawah ini :

  1. Kalimat deskripsi menjabarkan atau menggambarkan dengan jelas suatu objek seperti benda, tempat maupun suasana tertentu.
  2. Karangan deskripsi atau teks deskripsi dibuat dengan melibatkan panca indera seperti penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman hingga indera perasa.
  3. Teks deskripsi memaparkan ciri ciri fisik dan juga sifat dari objek tertentu yang dibahas di dalam teks deskripsi mulai dari ukuran, bentuk, kepribadian, warna, dan yang lainnya dengan jelas dan rinci.
  4. Di dalam teks deskripsi akan banyak ditemukan kata – kata mau pun frasa yang memiliki makna kata sifat mau pun sebuah keadaan.

Struktur Teks Deskripsi

Jika berdasarkan strukturnya teks deskripsi sendiri memiliki 3 struktur utama dalam pembangunnya, yakni identifikasi, klasifikasi dan bagian. Struktur struktur ini akan dapat mempermudah kamu dalam membuat teks deskripsi. Sehingga kamu tidak akan salah dalam membuat teks deskripsi, sebab teks deskripsi memiliki kesamaan dengan teks definisi.

Berikut ini adalah struktur teks deskripsi dan penjelasannya :

  1. Identifikasi adalaj bagian yang berisikan penentuan dari identitas seseorang, objek atau pun benda yang akan dijelaskan.
  2. Klasifikasi adalah unsur penyususn yang memiliki sistem di dalam suatu kelompok menurut kaidah atau pun standar yang sebelumnya telah ditetapkan.
  3. Bagian deskripsi ini sendiri berisi mengenai gambaran mau pun pemaparan mengenai suatu objek atau topik yang ada di dalam teks tersebut.

Jenis Teks Deskripsi Ditinjau Dari Bentuknya

Kita sudah membahas mengenai pengertian teks deskripsi, tujuan, ciri – ciri hingga strukturnya, sekarang saatnya kita mengetahui jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya :

  1. Teks deskripsi subjektif merupakan suatu teks yang di dalam penggambaran objeknya berasal dari kesan yang dimiliki oleh penulisnya.
  2. Teks deskripsi spatial merupakan teks yang menjelaskan hanya berupa benda, tempat dan lain sebagainya.
  3. Teks deskripsi objektif merupakan teks deskripsi yang menjelaskan mengenai objek yang digambarkan dengan cara apa adanya. Dan juga berdasarkan dengan keadaan objek yang sebenar benarnya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaan tanpa ada pemahaman atau opini dari penulis.

Pastinya sekarang sudah tahu dong, jenis teks deskripsi jika ditinjau dari bentuknya, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi sahabat tenses semua ya, sampai jumpa.