Kegiatan Ekonomi

2 min read

Kegiatan Ekonomi

Tenses.co.id – Hallo sobat baca, Tahukah kalian bahwa hampir semua orang pernah melakukan kegiatan ekonomi, jika mendengar istilah ini kami yakin sekali jika kalian sudah dapat menebak kemana arah pembahasan kita kali ini.

Pada artikel kali ini, kami kembali mencoba untuk berbagi pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan  Kegiatan Ekonomi, jenis Kegiatan itu, tujuan dari kegiatan itu dan banyak lagi lainnya yang nanti akan jadi pembicaraan kita dalam kesempatan kali ini.

Tak menutup kemungkinan juga bahwa kalian sudah penasaran sekali ihwal Kegiatan EKonomi ini, untuk jawaban dari berbagai pertanyaan dan rasa penasaran kalian semua, silahkan kalian simak dengan seksama rangkuman berikut ini.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah sebuah aktifitas yang dilakukan oleh semua manusia untuk memenuhi  kebutuhan hidupnya, kegiatan ekonomi ini juga dapat diartikan sebagai salah satu usaha yang kemudian dilakukan oleh manusia untuk mencapai tingkat sejahtera dan kemakmuran di dalam hidupnya.

Secara umum, yang disebut dengan kegiatan ekonomi itu terdiri dari berbagai kegiatan atau aktifitas misalnya kegiatan produksi, distrubusi dan kegiatan konsumsi dimana masing masing dari kegiatan itu saling berhubungan antara satu dengan lainnya.

Macam Macam Kegiatan Ekonomi

Dalam pembagiannya kegiatan ekonomi tergolong menjadi beberapa jenis antara lain adalah :

1. Kegiatan Produksi

Merupakan salah satu bentuk dari aktivitas atau sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan guna menghasilkan suatu produk, baik berupa jasa mau pun barang, maka dengan adanya sebuah kegiatan produksi ini akan sangat diharapkan barang dan jasa yang dihasilkan bisa digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup dari masyarakat mau pun konsumen.

Pelaku dari sebuah kegiatan produksi ini disebut sebagai produsen dan selain berusaha untuk memenuhi permintaan dari para konsumen, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Kegiatan produksi sendiri dapat menghasilkan berbagai macam jenis barang yang dihasilkan dari suatu kegiatan produksi seperti barang mentah, barang setengah jadi hingga barang jadi.

2. Kegiatan Distribusi

Merupakan bentuk dari sebuah kegiatan yang menyalurkan suatu produk baik itu berupa barang mau pun jasa dari seorang produsen ke konsumen sehingga produk tersebut bisa tersebar secara luas ke lingkaran masyarakat yang membutuhkannya. Tujuan dari sebuah kegiatan ini sendiri yakni untuk memastikan jika keberlangsungan dari suatu kegiatan distribusi dapat berjalan dengan lancar dan juga untuk memastikan jika keberlangsungan dari suatu kegiatan produksi yang memastikan produknya telah diterima oleh konsumennya dengan baik dan tepat waktu.

Pihak yang melaksanakan kegiatan ini biasanya disebut dengan distributor atau pun seorang penyalur yang secara umum tugasnya adalah untuk menyalurkan barang produksi dan merupakan seorang pedagang besar seperti Distributor Beras, Agen Surat Kabar (Koran), Agen Penyalur Bahan Makanan Mentah, dan masih banyak yang lainnya.

Aktivitas kegiatan distribusi antara lain seperti Pembelian barang dari Produsen., Pengangkutan barang, Pengepakan Barang atau Pengemasan, Penjualan ke para pedagang besar (grosir), Penyimpanan di gudang, Standarisasi mutu dari barang, Klasifikasi barang, Promosi barang-barang baru, dan juga Penyaluran produk-produk baru.

3. Kegiatan Konsumen

Merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh para konsumen di dalam menggunakan sebuah produk mau pun jasa yang telah diproduksi oleh para produsennya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan sehari hari.

Contoh dari perilaku sebuah kegiatan konsumen dan pelakuknya adalah : Rumah tangga keluarga, Pemerintah dan Industri atau perusahaan.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Untuk menjalankan sebuah kehidupannya manusia mempunyai beberapa kebutuhan, dan beberapa kebutuhan ini sendiri dibagi menjadi beberapa hal yang mendasar dari pentingnya kebutuhan tersebut yang ada di dalam kehidupan manusia. pembagian dari kebutuhan tersebut yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan yang terakhir keburuhan tersier.

Umumnya tujuan dari adanya sebuah kegiatan ekonomi ini sendiri yakni untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat, karena dengan adanya sebuah kegiatan tersebut maka masyarakat bisa memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dan juga sejahtera karena sebuah kebutuhan dari dirinya bisa terpenuhi dengan baik.

Contoh Kegiatan Ekonomi

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis kegiatan ekonomi yang biasa dikerjakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, mungkin beberapa kegiatan ini juga kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan kamu guna mencapai tujuan dari kegiatan ekonomi yang dilakukan.

Beberapa contoh dari kegiatan ekonomi seperti perdagangan yang pastinya dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya, baik secara sadar mau pun tidak sadar setiap orang pasti pernah melakukan perdagangan, kemudian ada kegiatan pertanian yang dikarenakan Indonesia merupakan Negara agraris yang memiliki lahan pertanian yang sangat luas menjadi mayoritas penduduk Indonesia memilih untuk bertani agar dapat memenuhi kebutuhannya, dan yang terakhir adalah peternakan, dengan lahan yang luas pastinya banyak sekali yang memanfaatkannya sebagai lahan beternak seperti peternak ayam, bebek, kambing bahkan sapi.

Itu tadi sedikit info tentang Kegiatan Ekonomi yang jelas sering sekali kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari hari, semga kalian semua bisa memahami apa yang menjadi maksud dari informasi pembelajaran kali ini, semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

Artikel Lainnya :