Kutikula – Penjelasan Dan Fungsinya Disertai Gambar

Posted on

Kutikula – Penjelasan Dan Fungsinya Disertai Gambar

Tenses.co.id – Kutikula yang ada pada daun ini merupakan sistem pelindung yang terletak pada seluruh sistem tajuk atau bagian tumbuhan yang ada di atas tanah. Dengan kata lain kutikula ini adalah sebutan untuk pelapis luar yang ada di bagian tubuh organisme yang memiliki sifat kuat dan juga lentur dan memiliki fungsi untuk melindungi fungsi fungsi yang ada pada tumbuhan seperti fungsi fotosintesis yang terapat pada tumbuhan dan juga fungsi lainnya bisa berjalan dengan lancar. Kutikula ini sendiri dimiliki oleh tumbuhan, hewan, jamur dan juga manusia.

Kutikula yang terapat pada daun adalah lapisan yang mengandung zat lilin dan diproduksi oleh lapisan epidermis daun, ujung batang dan juga bagian bagian yang bisa bersentuhan dengan udara dan yang lainnya.

Kutin dan zat lilin ini sendiri merupakan komponen utama yang digunakan untuk menyusun kutikula ini. Tak hanya itu saja, kutikula juga memiliki struktur yang rumit dan juga memiliki banyak sekali lapisan.

Fungsi Kultikula

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kita juga telah merangkum apa saja fungsi kutikula pada daun beserta dengan penjelasan lengkapnya.

Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Kutikula memiliki fungsi sebagai jaringan yang terdapat pada daun dan memiliki fungsi untuk melindungi diri dari efek lingkungan yang ada di sekitar yang tidak bersahabat dengan dirinya, pada tumbuhan yang ada di laut kutikula ini juga memiliki fungsi untuk melindungi tumbuhan dari rasa asin yang dikandung oleh air laut.
  2. Kutikula yang merupakan jaringan pada daun ini memiliki fungsi untuk menolak air agar daun tidak menjadi basah meskipun daun tersebut terkena air, contohnya bisa dilihat dari daun talas yang permukaan daunnya tidak bisa basah meski terkena air. Air akan mengalir di permukaan daun dan tidak terserap. Hal ini merupakan salah satu fungsi kutikula yang bisa dilihat di tubuhan.
  3. Kutikula yang merupakan jaringan pada daun ini memiliki fungsi untuk mengurangi uap air dari permukaan tumbuhan.
  4. Sebagai jaringan pada daun kutikula sendiri memiliki fungsi untuk dapat memperlambat hilangnya air dari daun, batang, bunga bahkan biji pada tumbuhan itu sendiri.
  5. Sebagai jaringan pada daun kutikula memiliki fungsi untuk melindungi daun dari serangan pathogen.

 

Itu lah dia fungsi dari kutikula pada tumbuhan, lapisan pertama yang terdapat pada kutikula ini adalah lapisan atau timbunan zat lilin yang disebut dengan lapisan lilin epikutikuler sementara lapisan berikutnya adalah kutikula yang sebenarnya memiliki kandungan kutin dan juga zat liliin sedangkan untuk bagian lapisan bawahnya terdiri atas beberapa lapisan kutikula yang disusun oleh selulosa, kutin dan juga zat lilin.

Lapisan pemisah antara kutikula dengan dinding epidermis ini sendiri merupakan lapisan pectin. Lapisan pectin ini sendiri merupakan lapisan yang terdapat pada kutikula, selain itu kutikula juga memiliki peran yang sangat penting bagi sistem jaringan pada daun yang terapat pada tumbuhan.

Pada dasarnya kutikula pada daun memiliki sifat permeable terhadap air dan molekur yang larut terhadap air. sedangkan tumbuhan xerofit seperti kaktus biasanya mempunyai lapisan kutikula yang lebih tebal dan berfungsi untuk keberlangsungan hidup tumbuhan tersebut di lingkungan yang kering sementara tumbuhan yang ada di sekitar air laut juga mempunyai kutikula yang tebal tapi fungsinya untuk melindungi tubuhan dari efek racun yang tergantung di air garam yang ada di laut.

Jadi bisa dibilang kutikula ini sangat penting ya pernanannya bagi tumbuhan dan keberlangsungan hidup tumbuhan itu sendiri, dalam setiap tumbuhan kutikula juga memiliki fungsi yang berbeda tergantung jenis tumbuhan.

Selain itu juga tergantung dimana tumbuhan tersebut hidup. Sehingga kutikula bisa menjaga tumbuhan itu agar bisa hidup dengan baik dan layak tanpa adanya gangguan sedikit pun.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, apa itu kutikula mulai dari penjelasannya hingga fungsinya yang sangat penting bagi tumbuhan. Semoga penjelasan dan ulasan kali ini dapat memberikan refrensi pembelajaran bagi kamu semua dan semoga bermanfaat, jangan lupa untuk mampir lagi ke website kami untuk melihat materi pembelajaran yang lainnya, sampai jumpa.

Artikel Lainnya :