Metabolisme Karbohidrat – Macam Macam Dan Pengertiannya

2 min read

Metabolisme Karbohidrat – Macam Macam Dan Pengertiannya

Tenses.co.id – Sobat baca, mengertikah kalian dengan apa yang dimaksud Metabolisme Karbohidrat ? karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal tersebut, untuk kalian ketahui yang dimaksud dengan Metabolisme karbohidrat adalah pertukaran organisme yang meliputi proses fisik dan kimia, pembentukan dan degradasi zat-zat dalam tubuh memungkinkan kehidupan.

Nah, itulah kira-kira pentingnya metabolisme karbohidrat dalam KBBI. Jadi, memahami metabolisme karbohidrat? Lihat penjelasan lengkap di bawah ini, serta jenis dan pengertiannya.

Pengertian Metabolisme Karbohidrat

Metabolisme karbohidrat adalah proses kimia yang biasanya terjadi dalam tubuh makhluk hidup dan dirancang untuk memproses dan mengatur karbohidrat, baik itu anabochisme atau bahkan pembentukan atau katabolisme atau reaksi kerusakan.

Karbohidrat terdiri dari suatu unsur, yaitu C, H dan O; memiliki sifat pencernaan setelah pencernaan, garam kecil menyerap karbohidrat. Dinding yang kemudian diserap oleh hilihydraattimuotoa atau usus yang juga sering disebut dengan monosakarida.

Kemudian beberapa di antaranya lalu diangkut ke dalam aliran darah setelah itu ke hati kemudian diangkut menuju beberapa bagian dari sel jaringan, sehingga mereka semua dapat pergi melalui suatu proses yaitu metabolisme baru.

Untuk informasi lebih lanjut tentang metabolisme karbohidrat, kita juga harus tahu apakah karbohidrat sangat penting bagi tubuh karena beberapa sumber karbohidrat yang penting bagi tubuh adalah glukosa atau senyawa gula sederhana.

 

Macam Macam Proses Metabolisme Karbohidrat

Setelah Anda sepenuhnya memahami metabolisme karbohidrat, sekarang saatnya untuk belajar tentang berbagai proses metabolisme karbohidrat yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup, termasuk tubuh manusia. Mari kita simak penjelasannya:

  1. Glikogenesis

Glikogenesis adalah metabolisme karbohidrat yang mengubah glukosa menjadi glikogen, atau dengan kata lain, proses pembentukan glikogen dari glukosa itu sendiri.

Ada beberapa langkah penting dalam proses pembentukan glikogen itu sendiri:

1.Pada langkah pertama, glukosa diubah menjadi glukosa-6-fosfat oleh enzim glukokinase dan juga menerima energi tambahan dari fosfat dan ATP.

2.Langkah kedua, glukosa-6-fosfat, yang bereaksi dengan enzim glukomutase, kemudian dikonversi menjadi glukosa-1-fosfat.

3.Langkah ketiga, glukosa-1-fosfat bereaksi dengan uridin trifosfat atau disingkat UTP, dikatalisis oleh transferase uridil, yang selanjutnya menghasilkan glukosa UDP-glukosa atau uridin difosfat dan juga perpanjangan PPi atau pirofosfat.

4.Langkah keempat, dalam langkah ini, adalah langkah terakhir di mana kondensasi terjadi antara glukosa primer dan glukosa UDP. Ini terjadi dalam rantai glikogen primer dan karenanya menghasilkan rantai glukokogen baru dengan unit glukosa tambahan.

Ada beberapa istilah yang terkait dengan metabolisme karbohidrat atau proses degradasi glukosa itu sendiri:

  • Fermentasi atau fermentasi adalah peristiwa di mana proses penguraian senyawa kimia yang menghasilkan gas, dalam kasus metabolisme karbohidrat, adalah penguraian karbohidrat etanol dan CO.
  • Glikolisis, pecahnya karbohidrat yang akhirnya menjadi piruvat.
  • Glikolisis anaerob adalah suatu peristiwa di mana proses pencernaan karbohidrat laktat tidak mengandung O2.
  • Respirasi di mana reaksi kimia terjadi karena sel-sel yang menyerap O2 dan menghasilkan H2O dan CO2. Secara khusus, pernapasan juga melayani tujuan dari proses di mana glukosa yang dapat didegradasi, dibantu oleh O2, menghasilkan H2O, CO2, dan bahkan energi, yang menghasilkan energi kimia ATP, yang melibatkan metabolisme siklus Krebs. metabolisme, eglicosis, dan fosforilase dengan sifat oksidatif.

 

  1. Glikolisis

Glikolisis adalah, seperti yang disebutkan sebelumnya, metabolisme karbohidrat yang menjadi piruvat.

Piruvat adalah senyawa biokimia yang sangat penting yang dihasilkan oleh metabolisme glukosa, atau glukosa. Proses glukosa itu sendiri memiliki banyak fitur, seperti:

  • Oksidasi glukosa atau glikogen menjadi piruvat laktat.

Ini dapat terjadi secara anaerob dan juga aerob

  • Energi dan enzim dibutuhkan

Ini dapat membentuk karbohidrat yang dapat memiliki tiga atom

  • Sintesis ATP dari ADP + Pi terjadi

Dalam proses glukosa aerob, prehidrat diproduksi dan dalam proses glukosa anaerob, laktat                        diproduksi melalui piruvat.

  • Glikogenesis itu sendiri adalah kebalikan dari glukosa, yaitu pembentukan glukosa yang diturunkan dari piruvat.

 

  1. Daur Krebs

Piruvat dikonversi menjadi asam laktat dalam asetat dan juga dalam etanol. Asetat ini, terutama asetil koenzim A, dapat diproses menjadi cincin tricarboxyl, yang merupakan salah satu proses siklik.

Krebs mencatat hal ini pada tahun 1937, sejauh ini disebut Krebs Daur, jalur metabolisme yang penting dan penting untuk berbagai senyawa metabolik.

Siklus Krebs terdiri dari langkah-langkah berikut:

Langkah pertama adalah dekomposisi asam piruvat CO dan zat yang mengandung asetat (atom C). Senyawa tersebut kemudian dilapisi dengan koenzim A dan menjadi asetil koenzim A.

Fase kedua atau proses menggabungkan asam oksoasetat dengan asetil koenzim A yang terdiri dari asam sitrat

Nah, ini penjelasan tentang jenis metabolisme karbohidrat dan juga penjelasan lengkapnya, semoga kalian memahami isi dari pembahasan kali ini, teruslah belajar dengan konsisten, semoga ini dapat membantu kalian dalam hal terkait.

 

Artikel lainnya: