Metode Agar Anak Jago Bicara Bahasa Inggris

2 min read

Metode Agar Anak Jago Bicara Bahasa Inggris

Tenses.co.id – Jaman sekarang ini, tiap anak harus serba bisa. Salah satunya jago dalam bahasa Inggris. Sebab, kelak dunia ini tidak akan ada batasnya. Nah, untuk membekali anak supaya dapat bersaing secara global, setidaknya harus pandai berbahasa Inggris. Apalagi, sekarang segala hal sudah mengadopsi bahasa Inggris. Mulai dari pengaturan bahasa pada ponsel dan perangkat elektronik lainnya. Bahkan, bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran di sekolah-sekolah maupun materi ekstrakurikuler. Tak hanya itu, di dunia kerja, kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu penilaian penting yang mempengaruhi seseorang diterima atau tidak. Mengingat betapa pentingnya kebutuhan bahasa Inggris saat ini, maka perlu metode yang tepat untuk membelajarkan anak supaya bicara bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut!

Asah Kemampuan Oral Language

Dasar untuk belajar bahasa Inggris adalah setiap anak disarankan untuk mengasah kemampuan oralnya. Sebab, kemampuan ini menjadi pintu gerbang sebelum sang anak mengembangkan kemampuan menulis dan membaca secara efektif. Melalui metode oral language pun si anak akan meningkatkan kemampuan berbahasa. Dengan demikian, mintalah anak untuk selalu berbicara mengekspresikan pemikirannya.

Tidak cukup hanya mampu berbicara dalam bahasa Inggris. Ingatlah, anak dengan pengucapan yang baik dalam bahasa Inggris akan lebih mudah untuk dipahami oleh orang lain, meski anak melakukan kesalahan pada bidang lain. Begitupula dengan anak dengan pengucapan yang buruk akan sulit dimengerti oleh orang lain, meskipun dari segi tata bahasa mereka lebih sempurna.

Dari ulasan di atas, maka diperoleh kesimpulan bahwa setiap anak yang belajar oral language juga harus memperhatikan bagaimana pemberian tekanan pada tiap suku kata yang diucapkan. Ketahuilah, setiap pembelajar bahasa Inggris yang baik, pasti akan memperbaiki ketika suara vokal yang dikeluarkan tidak penuh, mempelajari vokal pendek dan panjang, serta pemberian tekanan pada suku kata tertentu.

Perlu diingat, sebelum anak mampu menghasilkan suatu bahasa, maka mereka harus menerima banyak kosa kata terlebih dulu. Nah, usia yang tepat bagi anak untuk menerima banyak kosa kata baru terutama Inggris adalah 3 sampai 6 tahun. Dengan demikian, akan membantu lafal atau pengucapan anak dengan baik. Cara ampuh yang bisa dilakukan untuk membelajarkan anak bahasa Inggris adalah melalui lagu berbahasa Inggris pula. Lagu tersebut membantu anak dalam mempelajari tiap irama dan pengucapan yang tepa. Apabila anak telah melalui proses di atas, baik lagu maupun latihan irama, diharapkan akan memperbaiki pengucapan dan keterampilan oralnya.

Teruslah Berlatih untuk Meningkatkan Skil Berkomunikasi

Kemampuan bicara bahasa Inggris akan lebih mudah diterapkan ketika anak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana caranya? Misalnya ketika dalam liburan di tempat wisata, anak Anda bertemu dengan turis, maka mintalah untuk sejenak mengajaknya mengobrol. Tak perlu yang panjang lebar, cukup tanyakan beberapa hal umum seperti dari mana asal mereka, dan lainnya.

Ingat, anak juga perlu mengetahui kalimat apa saja yang perlu diucapkan ketika bertemu seseorang, seperti pelayan restoran. Cara pengucapan yang sopan ketika meminta sesuatu juga penting. Kebanyakan anak mahir ketika latihan berbicara Inggris sendiri, namun ketika mulai diaplikasikan dalam kehidupan nyata, terasa sulit. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa membantu keterampilan oral anak, diantaranya bermain peran, bicara bebas, dan menceritakan kembali.

Asah Kemampuan Menulis dan Membaca

Jangan hanya kemampuan bicara bahasa Inggris yang harus diasah, melainkan kemampuan menulis dan membaca. Nah, Anda bisa memberikan anak bacaan-bacaan dengan bahasa Inggris. Disamping itu, bisa juga membelajarkan anak untuk menuliskan kembali cerita yang telah dibaca. Latihan ini juga memiliki peran penting untuk menambah kosa kata. Tak hanya itu, keterampilan membaca dan menulis yang baik akan membantu anak siap menghadapi paparan ide dan topik yang kompleks.

Rupanya, latihan berbicara yang sederhana di atas cukup membantu dalam memperbaiki kemampuan komunikasi bahasa Inggris. Latihan tersebut tak hanya berlaku pada anak, melainkan pada remaja maupun dewasa. Namun, supaya hasil yang diperoleh lebih baik, anak juga harus memiliki keterampilan membaca, menulis, dan mendengar yang seimbang.

 

Artikel Terkait:

Cara Membuat Pidato Menjadi Ketua Kelas dalam Bahasa Inggris

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris Saat Wawancara