Mikrometer Sekrup – Cara Menggunakan, Fungsi,  Rumus Disertai Contoh Soal

2 min read

Mikrometer Sekrup – Cara Menggunakan, Fungsi,  Rumus Disertai Contoh Soal

Tenses.co.id – Jika kalian penggemar pelajaran Fisika, kalian pasti sudah sangat familiar dan mungkin sudah mengetahui tentang sebuah alat bernama Mikrometer Sekrup atau dengan kata lain alat ini seriing disebut juga pengukur, namun disini kami akan coba kembali mengingatkan kalian tentang  hal terkait.

Mikrometer Sekrup itu sendiri berfungsi sebagai alat untuk mengukur panjang objek, ketebalan, dan diameter luar pada tingkat presisi hingga 0,01 mm (daya minimum 10-5).

Mungkin alat ini masih terlihat agak aneh untuk semua pecinta waktu, jadi kami menyediakan versi lengkap mikrometer dengan sekrup, mulai dari penggunaannya, hingga fungsi alat ini dalam formula yang mencakup contoh pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk belajar sekaligus.

Ingin tahu lebih banyak tentang mikrometer sekrup? Periksa ulasan di bawah ini.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

  1. Pertama buka kunci sekrup mikrometer.
  2. Oleh karena itu, pastikan bahwa kedua sumbu, sumbu mikrometer tetap dan poros mikrometer geser, ketika bertemu, berada pada skala vernier utama mikrometer dan nol.
  3. Buka rahang mikrometer selebar objek yang akan diukur. Jalan memutar motor ke kiri sampai rahang terbuka selebar objek yang akan diukur.
  • Tempatkan objek yang akan diukur antara poros tetap dan poros geser, lalu kencangkan rahang untuk mengunci objek.
  • Akhirnya, putar gembok untuk mencegah pemain dari bergerak, jadi pertimbangkan panjang nominal, ketebalan, dan diameter potongan.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Seperti disebutkan di atas, pengoperasian mikrometer sekrup adalah alat pengukur.

Bagian-bagian Mikrometer Sekrup

Poros Tetap (Anvil)

Bagian bergerak dari poros mikrometer sekrup disebut landasan, yang digunakan untuk melampirkan objek yang akan diukur. Objek yang akan diukur melekat pada poros geser terdekat untuk memicu objek.

Poros Geser (Spindle)

Poros geser atau biasa disebut juga dengan nama spindle ini merupakan poros bergerak yang memiliki bentuk komponen silindris yang digerakkan oleh thimble.

Pengunci (Lock Nut)

Kunci atau mur pengunci adalah bagian yang dapat digunakan untuk mencegah poros geser tidak bergerak.

Sleeve

Bagian ini adalah bagian statis dengan bentuk lingkaran dan di mana skalanya ditulis, yaitu pada dua skala, yaitu skala utama dan juga skala Nonius.

Thimble

Thimble merupakan bagian yang bisa digerakkan oleh tangan yang menggunakan alat ini.

Ratchet

Bagian yang disebut ratchet adalah bagian yang dapat membantu menggerakkan poros geser dalam gerakan yang lebih lambat daripada gerakan timble

Rangka (Frame)

Komponen atau bagian ini memiliki bentuk-C yang menghubungkan poros tetap dan komponen lain yang ada di sekrup mikrometer. Bingkai ini sendiri terbuat dari bentuk dan bahan yang tebal untuk membuatnya lebih tahan lama, untuk mencegah subjek bergerak, bergerak, dan berubah bentuk

Rumus dan Cara Membaca Pengukuran Mikrometer Sekrup

Berikut ini adalah cara untuk membaca pengukuran yang terdapaat di mikrometer sekrup :

Coba sahabat tenses amati secara seksama gambar yang telah kami sediakan di atas!

  1. Perhatikan garis-garis bagian dari badai yang dilewati kalender, percaya 5mm.
  2. Lihat garis skala di bagian bawah, 0,5 mm.
  3. Perhatikan skala Nonius pada kalender 30mm, jadi rumusnya dikalikan dengan 0,01mm dan hasilnya adalah 30x 0,01 = 0,3mm.
  4. Akhirnya, hasil ketiganya disimpulkan: nilai untuk skala atas + nilai untuk skala lebih rendah + nilai untuk skala non-skala = 5 + 0,5 + 0,3 = 5,8 mm.

Contoh Soal Mikrometer Sekrup

Seperti yang dijanjikan, kami akan memberikan contoh masalah untuk semua teman Anda, lihat pertanyaan di bawah ini!

Jika Anda mendapatkan gambar dari skala utama dan skala Nonius seperti yang diukur di bawah ini!

Silahkan tentukan berapa panjang benda yang akan diukur?

jawaban

Skala utama = 4 mm

Skala Vernier = 0,30 mm

Oleh karena itu, dari hasil pengukuran di atas dapat ditentukan apakah skala utama + skala vernier = 4 + 0,3 = 4,30 mm

Dari contoh soal di atas sekarang sahabat tenses sudah tahu kan, rumus dan bagaiaman cara menghitung mikrometer sekrup, tak hanya itu saja dari ulasan ini sahabat tenses pastinya jadi lebih tahu dan paham tentang alat satu ini itu harapan kami.

Terus tingkatkan kwalitas belajar kalian dalam berbagain bidang study, karena yakinlah kelak ilmu pengetahuan akan sangat berguna bagi kalian untuk mewujudkan cita cita yang saat ini kalian impikan, tak ada kata terlambat dalam belajar karena sebaik baiknya manusia berilmu adalah yang mengamalkannya.

Ikuti terus artikel kami yang lainnya dengan pembahasan pembahasan yang beragam rupa dari berbagai pembelajaran yang kami rangkum dan kami sajikan untuk kalian baca dan kalian fahami apa yang terkandung dari penyampaian dalam tulisan ini, semoga ini dapat memberikan manfaat baik bagi kalian, terima kasih dan sampai jumpa dalam pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :