Mollusca – Pengertian, Ciri Ciri Dan Klasifikasinya

2 min read

Mollusca – Pengertian, Ciri Ciri Dan Klasifikasinya

Tenses.co.id – Sobat baca yang budiman, pernah kah kalian mendengar atau bahkan kalian mengetahui tentang Moluska, atau kalian sudah sangat mengerti apa yang disebut Moluska tersebut, Agar kalian ketahui Moluska adalah salah satu satwa liar yang berasal dari dunia hewan, yang memiliki keragaman besar dan banyak jenis. Setidaknya ada 85.000 moluska di planet ini yang masih hidup dan ditemukan, sementara diperkirakan ada 200.000 moluska di planet ini. Jadi apa itu, moluska?

Pengertian Moluska

Moluska berasal dari bahasa Yunani, moluska, yang memiliki makna lunak, yang berarti moluska juga ditafsirkan sebagai hewan dengan tubuh lunak. Karakteristik tubuh lunak ini akan menjadi salah satu fitur dan pengelompokan hewan dalam perlindungan ini. Moluska sendiri adalah sekelompok hewan yang tidak memiliki vertebrata atau dapat juga disebut invertebrata dan memiliki tubuh yang lunak. Tubuh moluska itu sendiri adalah selomata tripartit, dan menurut evolusinya moluska masih terkait dengan kelompok verterbrata.

Moluska adalah tempat perlindungan terbesar kedua bangsa setelah perlindungan arthoporoda. Kelompok moluska ini mudah ditemukan di air atau di darat. Meskipun mereka memiliki karakteristik tubuh lunak, ada beberapa moluska yang juga memiliki cangkang dan dirancang untuk melindungi tubuh lunak. Gurita, cumi-cumi, siput, tiram adalah hewan yang termasuk dalam kelompok phollio mollusc.

 

Ciri – Ciri Moluska

Seperti dijelaskan di atas, kualitas moluska adalah hewan dengan tubuh lunak dan lebih banyak ciri serta membedakannya dari hewan lain seperti yang ditunjukkan di bawah ini!

  • Adalah tubuh yang lembut
  • Mereka tidak memiliki tulang belakang
  • Tubuh hanya terdiri dari kaki, tubuh dan popok
  • Ini memiliki sekitar tiga lapisan embrio dan juga rongga di dalam tubuh, jarang disebut triploblastik
  • Cincin saraf adalah sistem saraf hewan ini
  • Memiliki sistem pencernaan yang lengkap
  • Nephridia digunakan sebagai sistem sekretori

 

Klasifikasi Moluska

  1. Kelas Gastropoda

Gastropoda adalah grup dengan anggota terbanyak di kerang. Setidaknya ada 40 ribu gastropoda ini dan spesies yang diidentifikasi. Cangkang berulir adalah ciri khas grup ini.

Kelompok ini menjalankan apa yang disebut. Menggunakan otot perut. Untuk distribusinya sendiri, grup ini tersebar luas di darat dan air. Beberapa anggota kelompok lambung tinggal di negara itu dan bernapas melalui paru-paru mereka, sementara mulut mereka memiliki gigi radula, yang membantu hewan peliharaan untuk mencerna makanan mereka.

 

  1. Kelas Bivalvia

Kelompok ini memiliki cangkang dan dibagi menjadi dua bagian dengan koneksi pusat, dua cangkang memiliki otot adduktor yang berfungsi untuk memandu dan menarik dan mendorong cangkang untuk melindungi moluska lunak yang khas.

Untuk memindahkan kerang, lidah yang menonjol dan kaki aksila, kadang-kadang digunakan untuk menggali bagian bawah air atau untuk menggali bagian bawah tubuh, kelompok hadiah ini adalah hewan yang memakan sisa-sisa yang merupakan zat organik yang larut dalam air,

Beberapa kerang tetap berada di dasar air dengan kemampuan menghasilkan benang yang membuatnya menempel di dasar. Insang dalam kelompok ini juga memiliki bentuk yang mirip dengan kawat.

Salah satu hal khusus tentang kelompok hewan ini adalah salah satu kelompok hewan yang dapat menghasilkan sesuatu yang berharga bagi manusia, yaitu mutiara. Grup Bivalvia memiliki 3 lapisan, sebagai berikut:

– Periostrachum, yang merupakan lapisan terluar dan melayani fungsi pelindung

– Prismatik, berada di tengah lapisan dan memiliki kandungan kalsium karbonat

– Nakreas, adalah lapisan tertutup yang juga mengandung kalsium karbonat murni dan merupakan situs pembentukan manik

 

Kelas Cephalopoda

Kelompok ini memiliki kaki di atas kepalanya, sehingga sering disebut sebagai kelompok cephalopoda, yang merupakan predator atau karnivora. Minta lokomotif untuk berjalan cepat. Sebagian besar kelompok hewan ini memiliki kuku kecuali Nautilus. Kelompok ini adalah satu-satunya kelompok moluska dengan sirkulasi tertutup, dan sementara itu sistem saraf yang dimiliki oleh kelompok hewan ini adalah yang terbaik karena telah menemukan sel-sel otak yang mengajar atau meniru kelompok hewan ini.

  1. Kelas Polyplacophora

Karena tubuh seperti piring dengan bagian atas ditutupi oleh cangkang yang berasal dari zat chitin dan membentuk wadah, jenis hewan dalam kelompok ini adalah chitin, yang memiliki otot yang sangat kuat di kaki dan digunakan untuk berjalan atau menempel pada substrat. Hewan ini memiliki radula, yang digunakan untuk makan dan memotong ganggang.

Jadi kali ini kita akhiri artikel dengan penjelasan moluska yang memiliki karakteristik kelompok pemeringkat, semoga ini dapat memacu semangat kalian untuk belajar lebih giat lagi jangan lupa untuk terus membaca artikel kami yang lainnya dengan membahas beberapa materi menarik lainnya, semoga ini dapat berfaedah untuk kalian pelajari dan sampai jumpa kembali.

 

Artikel Lainnya :