Norma Kesusilaan – Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh

Posted on

Norma Kesusilaan – Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh

Tenses.co.id – Hai sobat baca semua, tentunya sobat semua disaat masa pendidikan atau sekolah dahulu sudah pernah mempelajari satu mata pelajaran yang dahulu disebut PMP ( Pendidikan Moral Pancasila ) atau pada sekarang ini sering disebut dengan study PPKN ( Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan ).

Dalam bidang study yang satu ini umumnya kita di ajarkan tentang pendidikan dasar dari Pancasila sebagai dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) dan pengertian dasar dari Undang Undang 45 yang memang sudah diterapkan sejak masa kita mengenyam pendidikan tingkat dasar atau SD ( Sekolah Dasar ).

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan untuk mencintai negara tempat kita bernaung dan memijak kan kaki kita sebagai rakyat dari bangsa yang kita junjung tinggi dengan segala aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dari bangsa ini.

Karena bukan lah suatu hal yang mudah bagi para pahlawan kita yang telah mendahului kita pada masa perjuangan untuk memerdekakan bangsa kita dari penjajah penjajah yang ingin menguasai bangsa kita ini.

Meskipun kita tidak turut berjuang ke medan perang, namun menjadi suatu kewajiban bagi kita sebagai warga negara untuk saling menjaga kerukunan antar sesama masyarakat yang berbahasa satu dan berbangsa satu yaitu Indonesia, menjaga kerukunan dalam beragama, suku, ras dan bertenggang rasa.

Itulah bentuk kecintaan kita terhadap bangsa dan negara sebagai tanah air yang kita banggakan, perilaku saling menghormati yang kita bahas tadi sudah merupakan bentuk dan tergolong kedalam Norma Norma Kesusilaan, adakah kalian mengerti apa yang dimaksud dengan Norma Kesusilaan tersebut ?

Dalam artikel kami kali ini, kami akan memberi penjelasan untuk pembelajaran kalian semua tentang apa yang dimaksud dengan Norma Kesusilaan, silahkan kalian simak dengan seksama penjelasannya berikut ini.

Arti Norma Kesusilaan

Arti dari norma kesusilaan ialah peraturan tentang kehidupan sosial masyarakat yang mengatur tentang bagaimana seharusnya kita sebagai manusia harus berperilaku layaknya sebagai mahluk Tuhan yang maha esa terhadap sesama kita baik dalam lingkungan maupun terhadap orang orang yang baru kita kenal, sikap tenggang rasa, tolong menolong, dan hormat menghormati antar sesama manusia sudah menjadi dasar dalam hal ini.

Namun demikian jika kita tilik dari individu katanya saja Norma Kesusilaan Ini berarti Aturan dalam Kehidupan dan sudah jelas kalian sangat memahami akan apa yang dimaksudkan dari arti kalimat diatas tadi.

Dalam kehidupan sehari hari, tentunya sebagai mahluk sosial kita tidak bisa hidup dengan cara individual atau hidup sendiri, kita sangat membutuhkan pertolongan dari orang lain sesama manusia untuk membantu menjalani hidup kedepan dan berbagi satu sama lainnya, itu artinya kita harus hidup secara berdampingan dengan menjalin kerukunan terhadap sesama manusia.

Jika kalian pertanyakan tentang hal ini tentu saja kita akan kembali pada waktu pembelajaran saat masa sekolah dahulu yang mengajarkan untuk saling hormat menghormati dan tolong menolong antar sesama, dan untuk dimengerti bahwa memang hal ini tidak diaturkan kedalam peraturan tertulis atau semacamnya melainkan kita hendaknya harus menyadari dari dasar hati kita tentang apa yang dimaksud dengan Norma Kesusilaan ini.

Itu berarti sebagai manusia yang rata rata berlatar belakang pendidikan maupun tidak sekalipun harus memahami dan mengerti akan apa yang dimaksud dengan Norma Kesusilaan ini, karena bukan hanya pendidikan formal yang menjadi dasarnya melainkan peraturan dalam Agama kepercayaan kita masing masing pun memang sudah jelas tentang hal ini.

Ciri Norma Kesusilaan

Sebagai manusia yang telah dianugerahi fikiran oleh Sang Pencipta, hendaknya kita dapat lebih peka terhadap kehidupan sehari hari yang kita lewati, dan dapat mengerti tentang apa yang menjadi ciri khas perbuatan mengenai Norma Kesusilaan ini antara lain :

  1. Norma kesusilaan berdasarkan hati dan tanpa paksaan
  2. Norma kesusilaan hanya dipakai oleh orang orang yang mengerti sekali dan menerapkan prinsip ini ( tidak semua memakai prilaku ini )
  3. Merasa malu jika tidak menerapkan prilaku semacam ini terhadap hal layak ramai

Yang Termasuk Perilaku Norma Kesusilaan

  1. Jujur dan Berbuat Baik kepada Sesama

Sejatinya Kejujuran itu sendiri memang sudah menjadi sifat dasar manusia dalam ras apapun atau bangsa apapun namun ada diantaranya yang memungkiri sifat tersebut dengan selalu mengingkari perbuatan perbuatannya sehingga bagi orang orang tersebut menjadi hal yang biasa jika melakukan kebohongan dan kejahatan, namun tidak demikian bagi orang yang masih berpegang teguh kepada sifat jujur dan baik tersebut dan ini termasuk kedalam Norma Kesusilaan.

  1. Saling Maaf  Memaafkan

Perilaku saling memaafkan jika menyadari telah berbuat sesuatu yang salah baik itu dalam berucap, perlakuan atau sebagainya adalah satu perbuatan yang juga tergolong dari Norma Kesusilaan, karena memang tidak ada jalan keluar yang lain selain meminta maaf atau memaafkan jika terjadi hal kesalahan yang kita lakukan ataupun saat menerima kesalahan tersebut.

  1. Sopan Santun dan Tata Krama

Tidak hanya dalam berkata atau berucap sikap sopan santun juga dapat terlihat dari perilaku kita terhadap sesama mahluk ciptaan Tuhan, hal ini merupakan salah satu bentuk Norma Kesusilaan yang mendasar sekali karena sifatnya sangat berpengaruh terhadap kesenjangan hidup antar sesama dan penyesuaian sikap antar sesama manusia.

  1. Saling Hormat Menghormati dan Menghargai

Bukan lah menjadi sesuatu hal yang susah untuk dilakukan, jika kalian ingin dihormati dan dihargai oleh orang lain maka hendaknya kalian juga mengawali sikap dengan hal yang sama pandai menghormati dan menghargai terhadap orang lain baik dalaqm lingkungan ataupun ditempat lain dimana kita berada, ini juga termasuk dalam Norma Kesusilaan.

  1. Baik Dalam Berucap dan Berkata Kata

Ucapan ataupun perkaytaan dari kita terhadap orang lain akan menentukan sebuah penilaian terhadap diri kita sendiri, meskipun situasi yang kita hadapi terbilang sulit namun hendaknya kita menyadari bahwa jika dalam berucap atau berkata kita harus memakai aturan yang baik demi kelancaran komunikasi yang kita jalin bersama orang orang disekitar kita dan jelas ini tergolong Norma Kesusilaan.

Sampai disini kalian pasti sudah mengerti akan apa yang dimaksudkan tentang Norma Kesusilaan, semoga kalian dapat memetik hikmah dari penjelasan ini dan selalu berbuat baik kepada sesama, sekian dari kami dan jangan lupa baca artikel kami yang menarik lainnya, terima kasih.

 

Artikel :