Norma Kesusilaan – Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh

Posted on

Norma Kesusilaan – Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh

Tenses.co.id – Mungkin sahabat tenses pernah mendengar mengenai norma kesusilaan bukan? Apabila belum pernah, maka tepat sekali jika sahabat tenses datang ke website kami karena kami akan membahas mengenai norma kesusilaan mulai dari pengertian hingga ciri ciri dan contohnya.

Yuk, kita simak di bawah ini penjelasannya.

Pengertian Norma Kesusilaan

Pengertian dari norma kesusilaan adalah aturan sosial yang mengatur mengenai cara manusia berperilaku secara umum yang bersumber dari hati nurani manusia. pada norma ini tidak ada sebuah sanksi yang diberlakukan namun pada mereka yang melanggarnya maka akan mendapatkan sanksi yang sifatnya secara individual seperti perasaan malu.

Jika diartikan dari susunan katanya, norma kesusilaan ini sendiri terdiri dari dua kata yakni, norma yang berarti aturan atau pedoman yang digunakan untuk mengatur dan kesusilaan yang memiliki arti sikap atau peraturan hidup.

Sehingga jika didefinisikan kesusilaan juga bisa diartikan sebagai peraturan sosial yang bersumber dari hati nurani manusia yang membentuk akhlak seseorang. Dikarenakan bersumber dari hati nurani maka norma kesusilaan ini tidak tertulis dan pelaksanaannya pun dilakukan manusia berdasarkan hanya pada hati nuraninya saja.

Norma kesusilaan juga dapat disebut dengan norma moral sehingga mereka yang melanggar norma kesusilaan ini disebut dengan orang yang tidak bermoral atau pun asusila.

Ciri-Ciri Norma Kesusilaan

Jika berdasarkan pada pengertian norma kesusilaan, ada beberapa ciri ciri yang terdapat pada norma kesusisalaan dan berikut ini adalah ciri cirinya :

  1. Norma kesusilaan ini sendiri bersumber dari hati nurani manusia.
  2. Norma kesusilaan ini bersifat lokal di dalam suatu masyarakat tertentu saja dan sifatnya juga tidak abadi.
  3. Bagi yang melanggar norma kesusilaan akan bisa mendapatkan sanksi yang sifatnya individu yakni dikucilkan dari masyarakat, mengalami penyesalan batin dan tentunya rasa malu.

Contoh Norma Kesusilaan

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah pengertian dari norma kesusilaan yang dapat dilihat dari beberapa contoh yang ada di bawah ini :

  1. Jujur Dalam Bersikap dan Bertingkah Laku

Bukan hanya di dalam berbicara saja namun sifat jujur juga dapat ditunjukkan di dalam bertingkah laku, salah satu contohnya ialah sikap pada saat menemukan atau pun melihat barang milik orang lain yang terjatuh mau pun tertinggal di suatu tempat, apabila kamu jujur maka kamu akan menyerahkan barang tersebut kepada pemiliknya atau melaporkan dan menyerahkannya pada pihak yang berwajib agar dapat dikembalikan pada pemiliknya, ini lah salah satu contoh sikap jujur, jadi tak hanya dalam kata kata saja namun jujur juga dapat dilihat dari cara seseorang bersikap dan bertingkah laku.

  1. Meminta Maaf Saat Melakukan Kesalahan

Minta maaf setelah melakukan kesalahan baik yang disengaja mau pun tidak disengaja merupakan salah satu bentuk dari norma kesusilaan di dalam masyarakat. Dengan meminta maaf maka sesorang akan menyadari kesalahannya dan bersikap dewasa serta merupakan pribadi yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan.

  1. Berpakaian Sesuai Tempat dan Situasi

Norma kesusilaan juga dapat dilihat dari cara berpakaian, dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan acara yang dihadiri, misalnya pada acara formal maka kamu harus menggunakan pakaian yang rapi dan resmi sementara untuk acara yang lebih santai kamu bisa menggunakan pakaian yang kasual. Namun tentu harus memperhatikan busana yang digunakan harus tetap tertutup dan sopan.

  1. Menghargai dan Menghormati Orang Lain

Contoh norma kesusilaan yang ada di sekitar kita adalah sikap menghargai dan menghormati orang lain di dalam suatu pergaulan atau masyarakat, terutama menghormati orang yang lebih tua dan menghargai orang yang lebih muda.

Salah satunya seperti berbicara mau pun menyampaikan pendapat pada orang lain harus dijaga, jika berbicara dengan orang yang lebih tua harus menggunakan tutur bahasa yang sopan dan jika berbicara dengan orang yang lebih muda pun juga tetap harus menggunakan tata bahasa yang baik dan sopan.

  1. Berbicara Hal-Hal yang Baik

Sekarang ini banyak sekali orang yang dengan mudah berbicara mau pun mengeluarkan kata kata kasar baik secara langsung mau pun tidak langsung. Selain itu banyak yang menganggap hal ini sepele padahal cara kita berbicara dan topik yang dibicarakan memiliki dampak yang besar bagi orang lain dan diri kita sendiri.

 

Jadi sekarang sahabat tenses sudah tahu kan, apa itu norma kesusilaan, semoga bermanfaat.

Artikel :