Otot Lurik – Cara Kerja Bentuk Beserta Gambarnya

Posted on

Otot Lurik – Cara Kerja Bentuk Beserta Gambarnya

Tenses.co.id – Dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis otot yakni otot  lurik, otot polos dan otot jantung, akan tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai otot lurik dan cara kerja disertai dengan gambarnya.

Otot Lurik

Otot lurik ini memiliki nama lain dan biasa disebut dengan otot kerangka merupakan otot-otot yang ada di dalam tubuh manusia dan juga menempel pada sistem kerangka tubuh dan bisa digerakkan dengan mudah atas kehendak atau kemauan manusia dengan kondisi yang sangat sadar, sehingga bisa juga disebut sebagai otot motorik.

Otot lurik yang ada di seluruh tubuh manusia bisa bekerja dengan sangat keras dan juga kuat yakni bisa menggerakkan tulang karea di dalamnya terdapat banyak sekali inti sel.

Otot lurik ini juga cenderung sangat mudah lelah. Atau artinya otot lurik membutuhkan waktu untuk bisa beristirahat setelah bekerja. Otot lutik bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop dan menunjukkan bagian gelap (aktin) dan bagian terang secara bergantian sesuai dengan aktifitas yang dilakukan oleh manusia dengan kondisinya yang berbeda-beda.

Sudah tahu kan pengertian mengenai larik, lalu apakah anda sudah tahu bagaimana cara kerja larik? Jika belum tahu, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Cara Kerja Otot Lurik

Letak dari otot lurik ini berada hampir pada keseluruhan tubuh manusia. Otot lurik juga bekerja dengan cara kontraksi serta relaksasi yaitu kontraksi pada saat melakukan gerakan yang membutuhkan kekuatan dan juga kerja lebih keras, contoh seperti menaiki tangga dan juga berlari.

Relaksasi akan dilakukan oleh otot lurik sesaat setelah melakukan tugas berat dengan cara melenturkan bagian tubuhnya seperti merenggangkan tubuh yang biasa dilakukan oleh manusia.

Semua fungsi gerakan yang dilakukan oleh otot lurik ini dikendalikan oleh bagian otak manusia yang memiliki tugas untuk mengatur pusat syaraf dengan cara mengolah perintah manusia misalnya saja berjalan, berlari ataupun bergerak, lalu meresponnya dengan sangat cepat dan meminta otot di bagian tubuh yang dibutuhkan untuk bergerak mengikuti dengan kehendak manusia.

Cara kerja ini dilakukan atau pun terjadi dalam kesadaran atau pun dikendalikan secara langsung oleh seseorang tersebut.

Bentuk Otot Lurik

Otot lurik atau yang biasa disebut dengan otot kerangka ini adalah otot yang terletak di bagian kerangka pada tubuh manusia yang memiliki daging dan merupakan otot kerangka.

Otot lurik sendiri biasa disebut dengan otot lurik karena otot ini memperlihatkan suatu pola serat yang saling melintang ataupun garis yang saling tersambung antara satu sama lain.

Irisan melintang otot ini terdapat sekitar beribu-ribu serabut otot dan juga serabut ini tersusun atas dalam bentuk berkas yang sejajar dan juga terikat selamanya oleh jaringan penyambung yang dilalui oleh pembuluh darah dan juga syaraf.

Otot lurik memiliki  panjang sekitar 2.5 dan  dengan diameter sekitar kurang lebih 50 mikron. Otot lurik memiliki kontraksi yang sangat cepat, kuat dan bekerja secara sadar karena dikendalikan oleh otak syaraf.

Serabut yang terdapat pada otot lurik ini dibungkus oleh endomisium dan juga kumpulan berkas serabut tersebut dibungkus oleh fasia propia atau pun perimisium. Sementara otot atau daging yang dibungkus oleh selaput fasia superfisalis atau pun epimisium.

Endomisium, epimisium, dan juga perimisium ini  tergabung lalu membentuk urat atau yang juga disebut dengan tendo yang bertugas untuk melekatkan otot pada tulang.

Ciri – Ciri Otot Lurik Manusia antara lain :

Otot lurik sendiri memiliki beberapa bentuk dan ciri ciri yang dapat membedakannya dengan bentuk otot yang lainnya, untuk itu berikut ini adalah beberapa ciri ciri otot lurik yang wajik diketahui agar dapat membedakan otot lurik dengan otot lain yang dimiliki oleh tubuh.

  • Otot lurik mempunyai jumlah inti sel yang sangat banyak
  • Posisi inti sel berada di bagian tepi sel
  • Sistem kerja yang terjadi pada otot lurik dilakukan secara sadar atas perintah dari otak syaraf yang diperintah oleh manusia itu sendiri
  • Otot lurik memiliki reaksi gerakan dari otot lurik ini cukup cepat
  • Otot lurik dapat bergerak dengan cepat dan tak mudah lelah
  • Posisi otot lurik ini sendiri terletak pada bagian rangka

 

Gambar Otot Lurik

 

 

 

Demikian pembahasan mengenai otot lurik beserta dengan gambarnya lengkap untuk dijadikan sebagai refrensi pembelajaran.

Artikel Lainnya :