Pantun Anak

2 min read

Pantun Anak

Tenses.co.id – Halo sobat semua, adakah kamu pernah mengarang sebuah pantun dengan berbagai jenis ? seperti kita ketahui bersama bahwa pantun merupakan salah satu jenis karya cipta sastra yang cukup populer di negara kita ini, pada artikel kali ini kami akan coba berbagi pengetahuan tentang seni kata yang disebut pantun ini.

Pantun memang mempunyai nilai histori sejarah yang melekat, karena memang kesenian ini diketahui sudah sejak zaman dahulu sekali dipakai untuk sarana hiburan bagi orang orang pada masa nya, biasanya seni jenis ini di era dahulu kala dipakai oleh para pemuda untuk melancarkan rayuan kepada wanita pujaan hatinya.

Selain dari seni pantun, masih banyak lagi seni rangkaian kata dalam bentuk yang lain, seperti puisi, syair bahkan lagu, namun untuk jenis yang lain itu mendapatkan tambahan dengan menggunakan alat peraga atau juga alat musik sebagai pelengkap dan merupakan penggabungan dari beberapa jenis kesenian, contohnya jika lagu tergolong dalam kesenian kata namun tanpa iringan musik akan menjadi sesuatu yang kurang menarik, berbeda dengan  pantun yang hanya mendominasi pada rangkaian kata yang memakai rima saja.

Pantun adalah salah satu jenis kesenian yang bisa dikategorikan kedalam seni sajak ( sastra ) dan memakai irama dimana setiap bait dan ujung kata nya mesti sama dengan akhiran awal kalimatnya ( AB = AB ) dan itulah yang membuat seni pantun ini menjadi menarik.

Sementara ada banyak sekali ragam dan aliran pantun, mulai dari pantun aliran jenaka, kemudian pantun yang mengandung nasihat dan masih banyak lagi jenis aliran pantun yang lainnya termasuk juga pantun yang dikhususkan untuk anak anak.

Sementara jenis pantun untuk anak anak mempunyai ciri yang sama dengan pantun biasa namun lebih memakai bahasa dan kalimat yang mudah dicerna oleh anak anak dan isinya pun sebaiknya mengandung pembelajaran atau edukasi bagi mereka.

Karena pada masa anak anak ini sangat sensitif sekali terhadap apa yang mereka lihat dan mereka dengar sementara itulah yang kemudian mereka cerna dan telaah, jadi alangkah baiknya jika pantun yang dikhususkan untuk anak anak memuat kata kata yang bijak dan penuh nasihat serta pembelajaran karena akan berpengaruh sekali terhadap tumbuh kembang mereka sebagai generasi penerus.

Pengertian Pantun Anak – Anak

Sejatinya pantun sudah sejak zaman dahulu ada sebagai bentuk karya yang berirama diciptakan oleh orang orang yang kreatif dan berbakat pada masa awalnya tentunya.

Dengan berisikan kata kata dan kalimat yang unik dan mengandung hiburan seni jenis ini memang terbilang cukup populer hingga saat ini, dinegara kita sendiri pun masih banyak daerah daerah yang melestarikan kesenian kata ini.

Sementara pantun untuk anak anak ini sendiri lebih mendominasi soal keceriaan dan kebahagiaan masa tumbuh dan kembang anak anak yang sudah mengalami modernisasi sehingga dapat lebih menarik minat dan simpaty anak anak untuk menikmati tiap baris kata nya.

Untuk lebih mengenal pantun anak anak kali ini kami akan mencoba mengajak kalian bereksperimen dalam mencipta karya seni jenis pantun dengan bermacam macam pantunyang coba kami sajikan dan berharap ini dapat menjadi tolak ukur kalian semua jika ingin berkarya dalam bidang ini, simak dan fahamilah ragam pantun berikut.

Contoh Pantun Anak – Anak

Burung bangau di udara

Terbang tinggi di atas awan

Hati ku sangat bergembira

ayah pulang dari rantauan

 

ayah pulang dari rantauan

kusambut dengan penuh senyuman

hati menjadi tak karuan

ayah membawa banyak makanan

 

ayah membawa banyak makanan

sungguh senang perasaanku

kuceritakan kepada kawan

senang mereka mendengar ceritaku

 

buat elendang rajutlah benang

rajut benang bersama ibu

tak terhingga betapa senang

ayah dan ibu mengasihiku

 

bajak sawah memakai sapi

bajak berjalan sambil bergoyang

capailah cita cita yang tinggi

agar kita makin disayang

 

tanam padi benih ditebar

benih ditebar dengan teliti

jadilah anak yang penyabar

jika ingin di sayangi

 

kancil menjerit sambil berlari

melompat masuk kedalam hutan

belajarlah rajin sejak dini

akan berguna untuk masa depan

 

demikian tadi sudah kami coba jelaskan secara singkat mengenai Pantun Anak yang menjadi pembahasan kita dalam artikel kami kali ini, dengan harapan kalian semua dapat mengerti makna dibalik penjelasan kami ini.

kami selalu mengingatkan kepada kalian sebagai pembaca yang baik, untuk terus membaca artikel kami yang lebih menarik lainnya yang tentu saja mengandung unsur pembelajaran untuk kita semua dalam setiap tema yang dijelaskan, kami cukupkan sampai disini dulu semoga dapat bermanfaat serta terima kasih.

Artikel Lainnya :