Pasar Oligopsoni

Posted on

Pasar Oligopsoni

Tenses.co.id – Mungkin selama ini sahabat tenses tidak mengetahui jika pasar memiliki banyak sekali jenisnya. Maka dari itu untuk kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pasar oligopsoni ya. Apa sih, pasar oligopsoni ini.

Nih, simak pembahasannya di bawah ini :

Pasar Oligopsoni Adalah?

Pasar ini merupakan salah satu bentuk dari pasar yang di dalamnya hanya terdapat dua mau pun lebih pembeli. Dan pembeli yang terdapat di dalam jenis pasar ini merupakan seorang pelaku usaha yang ingin menguasai pasar ini untuk penerimaan sebuah pasokan mau pun berperan sebagai pembeli tunggal dari barang mau pun jasa yang berada di dalam pasar ini.

Pada pasar ini pembeli adalah pelaku usaha yang akan membeli bahan mentah untuk kemudian dijual kembali pada konsumen akhir, pembeli sendiri memiliki peran yang sangat besar untuk menentukan harga yang ada di Pasar Oligopsoni. Pasar wortel dan jasa rekontruksi bangunan adalah contoh dari Pasar Oligopsoni ini.

Ciri – Ciri Pasar Oligopsoni

  1. Ciri pertama yang dimiliki oleh Pasar Oligopsoni ini adalah adanya beberapa pembeli yang menguasai pasar dan menjadi aktor penting di dalam pasar ini. alur pasar ini akan bisa tetap berjalan apabila pembeli ini tetap melaksanakan tugasnya dengan baik yakni dengan membeli sebuah produk yang telah dihasilkan oleh para produsen.
  2. Ciri yang kedua pada pasar ini terdapat pada para pembeli yang bukanlah seorang konsumen namun merupakan distributor yang menjadi jembatan antara produsen dan konsemen, distributor ini menjadi penyalur mau pun penjual.
  3. Ciri berikutnya dari Pasar Oligopsoni ini adalah barang yang dijual adalah bahan mentah atau bahan setengah jadi yang masih harus melalui pengolahan lagi sebelum akhirnya barang bisa digunakan.
  4. Harga dari barang yang dijual di Pasar Oligopsoni ini relatif stabil karena produsen dan konsumen memiliki peran yang saling bergantung antara satu sama lain.
  5. Pendapatan yang diperoleh seorang penjual di Pasar Oligopsoni ini biasanya didistribusikan secara merata dikarenakan di dalam pasar ini tidak ada sistem monopoli.
  6. Ciri ciri terakhir dari Pasar Oligopsoni ini adalah produk yang dijual biasanya hanya terdapat beberapa produk saja contohnya seperti Cengkeh, Beras, Susu Sapi, dan lain lainnya. Akan tetapi pasar ini juga dibentuk bedasarkan dari sebuah potensi yang ada di suatu wilayah. Misalnya jika di wilayah tersbeut hanya ada satu potensi saja seperti cengkeh maka Pasar Oligopsoni ini hanya akan dikendalikan oleh cengkeh saja.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopsoni

Kelebihan

  1. Hak Dari Seorang Penjual Terlindungi

Di dalam Pasar Oligopsoni ini hak seorang penjual dapat terlindungi meski di dalam hal ini yang berkuasa adalah pembeli, akan tetapi harga yang ada di Pasar Oligopsoni ini lebih stabil yang tidak akan menimbulkan kerugian bagi para produsen.

  1. Pembeli Tidak Bisa Seenaknya Sendiri

Meski pembeli yang menentukan harga namun pembeli juga tak bisa menentukan harga seenaknya sendiri karena hal ini justru akan membuat pembeli menjadi sulit untuk mendapatkan sebuah keuntungan, sebab produsen tak akan mau menjual barangnya pada pembeli tersebut dan akan memilih untuk menjual barangnya pada pembeli lain yang melakukan kerja sama lebih baik dengan penjual.

  1. Keadilan Sangat Dijunjung Tinggi

Pasar Oligopsoni ini memang disebut dengan pasar persaingan tidak sempurna namun pasar ini tetap mengutamakan sebuah keadilan yang terbukti dengan adanya sistem pemerataan pendapatan serta tak ada kecurangan dan kebebasan yang disalahgunakan oleh kedua pihak.

Kekurangan

  1. Kualitas produk dari Pasar Oligopsoni ini kurang terjadi dengan baik yang diakibatkan oleh penjualan yang sangat mudah, sehingga membuat produsen dari pasar ini kurang memperhatikan kualitas dari produk yang dijualnya.
  2. Pasar Oligopsoni ini juga rentan dengan terjadinya tindakan manipulasi yang dilakukan oleh beberapa pembeli di pasar ini yang melakukan kerja sama sehingga dapat menimbulkan kerugian yang dialami oleh produsen. Kecurangan ini biasanya dilakukan oleh konsumen untuk mendapatkan harga lebih murah.
  3. Kemudahan di dalam hal jual beli di dalam Pasar Oligopsoni dapat menimbulkan kekurangan tersendiri yakni kurangnya suatu kreatifitas. Produsen di Pasar Oligopsoni ini hanya fokus pada produksinya dan tak terlalu memikirkan untuk melakukan inovasi dan kreatifitas pada produk mereka.

 

Tentunya sekarang sahabat tenses sudah tahu kan, apa itu pasar Oligopsoni beserta dengan penjelasan lengkapnya.