Pengertian Enzim – Fungsi dan Macam – Macam Jenisnya

2 min read

Pengertian Enzim – Fungsi, dan Macam – Macam Jenisnya

Tenses.co.id – Apakah kalian semua pernah mendengar sebutan Enzim ? kemudian apakah kalian semua mengetahui fungsi Enzim, nah……dalam tulisan kali ini akan mencoba menjelaskan apa yang dimaksud dengan Enzim berikut dengan fungsi dan kegunaannya, bagi kalian yang belum memahaminya dpat menuntaskan bacaan kali ini dengan seksama.

Memahami enzim, ketika dibahas secara umum, adalah enzim dalam bentuk protein dengan bentuk bulat, enzim ini terdiri dari satu atau lebih rantai polipeptida.

Enzim yang sama ini dapat mengubah senyawa dan juga dapat mempercepat proses reaksi dengan mengubah enzim molekuler asli, yang dapat diidentifikasi dan digabungkan, bahkan menggunakan metode yang lebih spesifik oleh enzim atau substrat, sehingga menjadi molekul atau produk lain.

Enzim itu sendiri memiliki kemampuan yang beragam, salah satunya adalah mengaktifkan senyawa lain dengan metode yang lebih spesifik yang disebut biokatalis.

Sekitar – ini adalah definisi enzim yang wajib diketahui, tetapi kita tidak hanya berbicara tentang definisi enzim, kali ini kita juga membahas jenis-jenis enzim dan fungsinya dengan penjelasan lengkap.

Macam – Macam Enzim

Biasanya enzim itu sendiri dibagi menjadi beberapa jenis dan berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Berdasarkan Tempat Enzim Bekerja

Jika enzim ini berbasis tempat kerja, ia dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu enzim endo atau enzim intraseluler, yang merupakan enzim yang bekerja di dalam sel, enzim atau enzim ekstraseluler ini adalah enzim yang bekerja di luar sel.

  1. Berdasarkan Cara Terbentuknya

Jenis enzim kedua didasarkan pada cara pembentukannya, dan jenis-jenis enzim ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Enzim konstitutif adalah enzim yang jumlahnya dipengaruhi oleh tingkat molekul asli atau biasanya disebut sebagai substrat, misalnya sebagai amilase dalam air liur.
  • Enzim adaptif adalah enzim yang pembentukannya distimulasi oleh substrat, misalnya enzim beta-galactosidase yang diproduksi oleh E. coli.
  1. Berdasarkan Proses Metabolismenya

Jika proses metabolisme ini didasarkan pada enzim split, yang pertama adalah enzim dehydrogenase, yang merupakan enzim yang bertanggung jawab untuk mentransfer hidrogen dari molekul atau zat lain. Berikut ini adalah enzim transphosphorylase, yang merupakan enzim yang bertanggung jawab untuk mentransfer H3PO4 dari satu molekul atau zat ke yang lain, dibantu oleh ion magnesium (Mg2 +).

Fungsi – Fungsi Enzim

 

Secara alami, enzim memiliki peran dalam kelangsungan hidup makhluk hidup, dan tugas-tugas berikut adalah:

  1. Mulut

Fungsi enzim amilase yang ditemukan dalam air liur atau air liur yang diproduksi oleh kelenjar parotis dan kelenjar air liur serta pankreas adalah mengubah pati menjadi maltosa, molekul yang lebih sederhana. Misalnya, ketika seseorang makan dan mengunyah beras selama setidaknya 3 menit, lidah dapat merasakan rasa manis dari efek enzim amilase yang dimaksud.

       2. Lambung

Ada tiga enzim dalam lambung: yang pertama adalah enzim renin, yang ditemukan dalam fungsi lambung untuk mengubah kaseinogen menjadi kasein dan bekerja dengan HCI atau asam lambung.

Berikut ini adalah enzim pepsin, yang ditemukan di lambung dan mengubah protein menjadi pepton, protein, dan popeptida.

Yang terakhir adalah enzim lipase yang fungsinya untuk mengubah trigliserida menjadi asam lemak.

       3.Usus Halus

Ada beberapa enzim di usus kecil, yang pertama adalah enzim laktase, yang mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa. Lalu ada enzim maltase, yang bekerja dengan mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa.

Lalu ada enzim malt, yang bertanggung jawab untuk mengubah kerja maltosa atau disalivaamylase menjadi glukosa. Lalu ada enzim lipase, yang bertanggung jawab untuk mengubah lemak menjadi gliserol, asam lemak, kemudian enzim peptidase, yang bertanggung jawab untuk mengubah polipeptida atau asam amino, dan akhirnya enzim enterokinase, yang mengubah trypsin menjadi trypsin.

         4.Pankreas

Ada sekitar 4 enzim di pankreas yang tidak memiliki fungsi dan fungsi penting yang sama, yang pertama adalah enzim tripsin yang bertanggung jawab untuk mengubah protein menjadi polipeptida, kemudian ada enzim lipase yang bekerja dengan mengubah lemak menjadi asam menjadi lemak dan gliserol dan kemudian ada enzim amilase maltosa atau disakarida, dan akhirnya ada enzim karbohidrat yang bekerja dengan melebur pati menjadi maltosa.

Baiklah, kami rasa sekarang kalian semua telah memahami tentang Enzim dan berbagai fungsinya, kami tekankan pada kalian untuk meningkatkan waktu belajar kalian untuk sesuatu yang lebih baik dalam hal mencapai cita cita, tulisan kali ini dapat kalian jadikan dasar jika kalian menemui soal atau pertanyaan yang terkait, menurut kami sekarang kaliann telah tahu bahwa enzim dan tipenya bersama dengan fungsi enzim sangat penting bagi tubuh manusia, semoga ini semua dapat bermanfaat bagi kalian dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :