Penyerbukan Sendiri – Penjelasan, Contoh, Dilengkapi Gambar

Posted on

Penyerbukan Sendiri – Penjelasan, Contoh, Dilengkapi Gambar

Penyerbukan Sendiri adalah salah satu dari jenis proses penyerbukan yang merupakan peristiwa yang sangat penting bagi tumbuhan. Proses ini adalah proses jatuhnya serbuk sari ke permukaan kepala putik dan biasa disebut dengan persarian. Proses ini sendiri sangat penting loh bagi tumbuhan dikarenakan proses ini merupakan proses perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan berbiji dan dilakukan untuk memperbanyak jenisnya.

Penyerbukan ini berfungsi untuk memudahkan serbuk sari agar dapat melekat pada kepala putik dan apabila suatu proses penyerbukan ini bisa berhasil maka akan bisa diikuti pula dengan pertumbuhan buluh serbuk yang memasukkan ke saluran putik menuju bakal biji dan juga pada bakal biji yang nanti akan terjadi sebuah proses pembuahan.

Terdapat beberapa jenis penyerbukan, di antara adalah penyerbukan silang dan penyerbukan sendiri, namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan mengulas mengenai penyerbukan sendiri setelah sebelumnya membahas mengenai penyerbukan silang. Berikut ini adalah pengertian, ciri ciri dan penjelasannya.

Pengertian Penyerbukan Sendiri  atau Autogami

Penyerbukan sendiri atau autogami merupakan proses menempelnya serbuk sari dari suatu bunga ke kepala putik yang secara khusus terjadi pada bunga yang sama atau pun pada bunga yang berbeda namun di dalam tanaman mau pun di antara bunga yang terdapat pada klon tanaman yang sama atau sejenis.

Ciri – Ciri Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri ini memiliki ciri ciri yang dapat digunakan untuk membedakannya dengan penyerbukan yang lainnya, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ciri ciri dari penyerbukan sendiri atau autogami :

  1. Jatuhnya Serbuk Sari di Stigma Kepala Bunga

Ciri ciri dari penyerbukan sendiri yang pertama bisa kamu lihat dari proses terjatuhnya serbuk sari dari bunga itu sendiri. Proses penyerbukan ini biasanya bisa terjadi dengan adanya bantuan alam contohnya dibantu oleh anemogami atau alam seperti angin dan anthropogami seperti manusia dan dengan bantuan hydrogami atau adanya bantuan air dan yang terakhir dikarenakan zoidiogami yang dibantu oleh binatang seperti serangga, lebah dan kupu kupu.

  1. Terjadi Hanya Pada Bunga Hermaprodit

Yang kedua adalah proses ini hanya terjadi pada bunga hermaphrodit karena pistil yang dibuahi oleh serbuk sari berasal dari bunga itu sendiri dan proses penyerbukannya sendiri hanya bisa terjadi pada tanaman dengan bunga hermaphrodit. Bunga hermaphrodit sendiri adalah bunga yang memiliki dua alat kelamin penuh seperti jantan dan betina di dalam satu bunga duduk, contohnya seperti bunga sepatu, bunga buah naga dan padi.

  1. Tidak Menghasilkan Variasi Keturunan

Ciri ciri dari penyerbukan sendiri yang terakhir bisa kamu lihat dari hasil keturunannya yang tidak bervariasi karena jenis kelamin laki laki dan perempuan berasal dari satu tanaman yang sama atau pun sejenis sehingga tidak ada warisan dari sifat sifat yang berbeda seperti yang terjadi dari penyerbukan silang mau pun penyerbukan bastar.

Jenis – Jenis Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri ini juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, penyerbukan sendiri atau self – pollination yang dibagi menjadi dua jenis yang adalah penyerbukan sendiri alami dan penyerbukan sendiri buatan dan berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Penyerbukan Sendiri Alami

Jenis penyerbukan sendiri secara alami merupakan penyerbukan sendiri yang terjadi secara alami yang dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri atau pun dengan syarat adanya kelengkapan alat kelamin yang terletak pada bunga yaitu putik dan benang sari.

  1. Penyerbukan Sendiri Buatan

Jenis penyerbukan sendiri buatan adalah penyerbukan yang dibantuk dengan menggunakan rekayasa manusia dikarenakan proses penyerbukan ini sendiri melakukan penyerbukan secara buatan yaitu dengan menggunakan cara mengumpulkan serbuk sari dari kepala sari pada suatu tanaman yang kemudian dioleskan atau diletakkan pada putik bunga yang sama mau pun bunga yang terdapat pada tanaman yang sama sebelum diserbuki.

Contoh Penyerbukan Sendiri

Untuk contoh penyerbukan sendiri, ada beberapa tanaman yang diketahui melakukan penyerbukan sendiri untuk melakukan proses perkembangbiakan dan memperbanyak jenisnya. Beberapa contoh tanaman yang melakukan penyerbukan sendiri antara lain seperti Gandum, Buncis, Kacang tanah, Kacang panjang, Kentang, Tomat, Wijen, Buah naga, Kembang sepatu, Padi dan Tembakau.

 

Jadi sudah tahu kan, apa itu penyerbukan sendiri mulai dari pengertian, contoh dan dilengkapi dengan gambarnya. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :