Penyerbukan Silang – Artinya, Ciri – Ciri dan Contohnya

Posted on

Penyerbukan Silang – Artinya, Ciri – Ciri dan Contohnya

Penyerbukan Silang – Polinasi merupakan proses terjatuhnya serbuk sari ke permukaan putik dan merupakan proses reproduksi yang terjadi pada tumbuhan berbiji yang dapat membuat tumbuhan berkembang biak dan juga memperbanyak jenisnya. Penyerbukan sendiri biasanya dapat terjadi dengan bantuan serangga atau kumbang, lebah bahkan juga kupu kupu.

Di dalam proses penyerbukan ini sendiri terdapat istilah penyerbukan silang yang adalah sebuah proses perpindahan serbuk sari dan anther bunga pada tumbuhan ke tigma bunga tumbuhan yang lainnya yang sama mau atau masih memiliki kekerabatan speciesnya.

Penyerbukan silang ini lebih umum terjadi jika dibandungkan dengan penyerbukan sendiri karena penyerbukan silang biasanya dapat menghasilkan kombinasi satuan keturunan yang jauh lebih beragam dari keduanya. Yang mempengaruhi penyerbukan silang ini adalah banyaknya spesies dari produksi biji yang dihasilkan dan juga mempunyai sifat yang lebih kuat apabila dibandingkan dengan keturunannya.

Ciri Ciri Penyerbukan Silang

Adapun ciri ciri dari penyerbukan silang adalah sebagai berikut ini :

  1. Serbuk sari yang berasal dari tanaman yang berbeda namun masih berjenis yang sama.
  2. Tanaman akan cenderung mempunyai benang sari yang jauh lebih tinggi atau panjang dari putiknya untuk memudahkan transfer ke individu yang lainnya.
  3. Membutuhkan bantuan abiotik contohnya angin dan air dan juga bantuan biotik contohnya seperti serangga, burung dan kelelawar.

Penyerbukan silang sendiri merupakan penyerbukan yang biasa terjadi pada saat serbuk sari berasal dari bunga yang berbeda dan juga pohon yang berbeda dengan putiknya namun masih dari satu tumbuhan yang memikiki spesies yang sama.

Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman penyerbuk silang yang dapat ditemukan sehari – hari di sekeliling kita :

Contoh Tanaman Penyerbukan Silang

  1. Anggur

Bunga anggur ini mempunyai sifat penyerbukan silang dikarenakan penyerbukan bunga pada anggur ini berlangsung dengan bantuan angin, serangga bahkan manusia. Genesis bunga anggur ini mempunyai sifat heterozigot yang mempunyai 3 bunga dan terdiri dari bunga betina yang resesif, bunga jantan yang tidak mantap hingga bunga yang sempurna atau hermaphrodit yang juga tidak mantap.

  1. Mangga

Jika secara umum bunga mangga terdapat di dalam tandan mau pun rangkaian yang setiap tandannya memiliki lebih dari 1000 kuantum bunga, bunga yang terletak pada pangkal tandan ini secara umum merupakan jantan yang mempunyai jumlah lebih dari 92 persen dari jumlah bunga pertandannya. Sementara bunga yang terletak di ujung tandan adalah bunga sempurna atau biasa disebut dengan hermaphrodit yang memiliki jumlah kurang dari 8 persen dan melalui penyerbukan silang dengan menggunakan bantuan serangga seperti lebah madu.

  1. Nanas

Nanas adalah salah satu tanaman yang juga melakukan penyerbukan silang dan mempunyai perbedaan budidaya dengan tanaman penyerbuk silang yang lainnya yakni seperti bibit yang juga diperbanyak dengan menggunakan cara klona, struktur genetik heterozigot dan mempunyai sifat self – incompatibility.

  1. Semangka

Tanaman yang berikutnya adalah semangka yang melakukan penyerbukan silang atau allogamie yang pembuahannya disebut dengan allocarpie, turunan dari tanaman ini berasal dari biji utamanya yakni biji dari tanaman yang menyerbuk silang akan mengalami segresi atau pun pemisahan sifat sehingga variasi segresi yang terdapat pada pembenihan massa ini harusnya dapat diatur atau ditekan agar masih berada di di dalam batas toleransi tertentu yang berada di dalam varietas tersebut.

  1. Kelapa Sawit

Bunga dari tanaman kelapa sawit juga terdiri dari bunga jantan dan bunga betina atau hermaphrodit yang di tiap tandan bunga jantannya memiliki 100 hingga 250 cabang atau spikelet yang mempunyai panjang antara 10 hingga 20 cm dan mempunyai diameter sekitar 1 hingga 1,5 cm yang pada tiap cabangnya berisikan 500 hingga 1500 bunga kecil yang akan menghasilkan serbuk sari.

Tandan bunga betina sendiri memiliki sekitar 100 hingga 200 cabang di setiap cabangnya sehingga terdapat sekitar 15 hingga 20 butir betina yang setiap satu tandan buah tanaman dewasa dapat diperoleh 600 hingga 2000 butir buah namun semua itu juga tergantung dari besarnya tandan, letak bunga betina dan bunga jantan yang terdapat pada satu pohom terpisah dan matangnya tidak bersamaan sehingga tanaman kelapa sawit biasanya akan melakukan penyerbukan silang yang juga dibantu oleh angin mau pun serangga.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, apa itu penyerbukan silang mulai dari pengertian, ciri ciri dan contohnya. Semoga bermanfaat sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Artikel Lainnya :