Rumus Keliling Lingkaran Disertai Contoh Soal

Posted on

Rumus Keliling Lingkaran Disertai Contoh Soal

Tenses.co.id – Hai sobat baca, adakah kalian masih mengingat tentang mata pelajaran yang dulu pernah kita pelajari semasa kita menempuh pendidikan pada tingkat dasar atau SD, ada berbagai macam mata pelajaran yang pernah kita ikuti pada masa itu, salah satunya adalah mata pelajaran matematika.

Dalam ilmu matematika tidak saja kita mempelajari tentang cara mencari luas kubus atau persegi panjang saja atau namun lebih dari itu kita juga dapat menghitung luas lingkaran, kali ini kita akan mencoba mempelajari mengenai rumus keliling lingkaran disertai dengan contoh contoh soalnya.

Seperti telah kita ketahui, lingkaran menjadi salah satu bangun datar di dalam materi matematika yang cukup sering untuk dibahas mulai dari sekolah dasar hingga di perguruan tinggi. Bangun datar ini juga sering masuk  ke dalam materi ujian sekolah dan akhir sekolah. Maka dari itu sangat penting untuk anda mengetahui materi pembelajaran ini.

Bagi kalian yang ingin mengingat kembali materi pembelajaran ini atau bagi kalian yang merupakan pelajar dan ingin lebih mengetahui serta memahami mengenai rumus lingkaran matematika ini, berikut ini kami telah merangkum tentang hal itu di laman bawah artikel kami kali ini.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus keliling dari sebuah lingkaran dapat dihitung dengan memakai dua cara, yaitu rumus lingkaran dengan menggunakan diameter dan jari – jari.

Rumus Keliling Lingkaran Dengan Diamter

π x d

Rumus Keliling Lingkaran Dengan Jari-Jari    

π x 2 x r

Penjelasan :

d = Diameter

r = Jari – jari

π = 22/7 atau 3,14

Itulah tadi rumus keliling lingkaran yang umumnya dipakai untuk memecahkan soal soal yang terkait lingkaran tersebut, setelah mengetahui rumus dari lingkaran diatas, kemudian kami juga sudah menyediakan contoh soal yang bisa digunakan sebagai latihan oleh kalian semua, dengan cara mengikuti petunjuk yang sudah kami contohkan.

Seperti telah kita ketahui juga bahwa materi keliling lingkaran sendiri kerap muncul dalam soal yang diujikan baik di ujian akhir sekolah sampai ujian nasional yang memiliki tingkat kesulitan sendiri sendiri dengan soal yang diberikan, dan untuk sedikit membantu kalian semua dalam mengatasi hal tersebut maka cobalah kalian simak xample soal berikut ini.

Contoh Soal Rumus Keliling Lingkaran

1) Jika telah diketahui keliling dari satu lingkaran memiliki nilai sebesar 62,8 cm maka coba hitunglah berapa diameter dari lingkarang tersebut!

Diketahui :

K = 62,8 cm

  • π = 3,14

Jadi diameter lingkaran ialah :

Jawab :

K = π x d
62,8 = 3,14 x d
d = 62,5 / 3,14
d = 20 cm

jadi dapat dipastikan secara hitungan diatas jika diameter lingkaran tersebut yaitu 20 cm.

 

2) Paman Syafran memiliki sebuah kendaraan jenis mobil dengan roda yang mempunyai diameter 84 cm kemudian berputar sekitar 1000 x, lalu coba kalian hitung berapa kira – kira jarak yang bisa ditempuh oleh mobil Paman Syafran ?

Telah Diketehui :

  • d = 84 cm
  • π = 3,14

Artinya Jarak Mobil yang ditempuh adalah!

Jawab :
Jika jarak yang telah ditempuh oleh mobil Paman Syafran ialah sama dengan 1000 x keliling lingkaran atau roda = 1000 / 2 = 500

Jadi sudah dapat kita tentukan bahwa jarak yang telah ditempuh oleh mobil Paman Syafran adalah = 500 x π x d = 500 x 3,14 x 84 cm = 131.880 cm = 1,32 km

 

3) Jika terdapat sebuah bangun datar lingkaran dan mempunyai diameter sebesar 6 m maka coba kalian cari keliling dari lingkaran tersebut ?

Telah diketahui :

d = 6 m

π = 22/7

Jadi nilai keliling lingkaran adalah :

Jawab :

K = π x d

K = 22/7 x 6

K = 132/7

K = 18,85 m

Jadi kemudian sudah dapat kalian tentukan jika keliling lingkaran tersebut adalah 18,85 m

 

4) Jika terdapat satu lingkaran yang mempunyai jari jari sebesar 14 cm maka coba kalian hitung berapa nilai keliling dari lingkaran tersebut !

Telah diketahui :

r = 14 cm

π = 22/7

Jadi berapa kah keliling lingkaran tersebut?

Jawab :

K = π x 2 x r

K = 22/7 x 2 x 14

K = 22/7 x 28

K = 616/7

K = 88 cm

Jadi telah dapat kalian tentukan bahwa keliling dari lingkaran tersebut adalah 88 cm.

 

Demikian pembahasan tentang rumus keliling lingkaran yang telah kami rangkum sedetail mungkin dengan tujuan setidaknya untuk membantu kalian menyelesaikan soal soal semacam ini jika kelak kalian temukan soal yang serupa baik dalam pelajaran sehari hari maupun dalam menghadapi ujian di sekolah kalian.

Semoga kalian semua akan dapat memahami inti dari pembahasan yang kami bagikan dalam artikel kami kali ini, teruslah belajar untuk masa depan yang lebih cerah dengan kembali ke motto awal terdahulu ” Rajin Pangkal Pandai ” dan gapailah cita cita setinggi angkasa, terus ikuti artikel kami yang menarik lainnya, semoga ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih dan sampai jumpa

 

Artikel Lainnya :