Rumus Keliling Lingkaran Disertai Contoh Soal

Posted on

Rumus Keliling Lingkaran Disertai Contoh Soal

Tenses.co.id – Pastinya Sahabat Tenses sering bukan melihat dan menemukan bentuk lingkaran di sekeliling kita. Misalnya saja nih, seperti tutup botol, koin dan bahkan benda – benda yang sering kamu gunakan untuk masak setiap hari, seperti peralatan dapur yang banyak menggunakan bentuk bentuk lingkaran.

Nah, untuk kali ini kita akan memberikan pembahasan mengenai rumus keliling lingkaran yang akan disertai dengan contoh soalnya loh, khusus untuk Sahabat Tenses lainnya.

Apalagi lingkaran menjadi salah satu bangun datar di dalam materi matematika yang cukup sering untuk dibahas mulai dari sekolah dasar hingga di perguruan tinggi. Bangun datar ini juga sering masuk  ke dalam materi ujian sekolah dan akhir sekolah. Maka dari itu sangat penting untuk anda mengetahui materi pembelajaran ini.

Untuk Sahabat Tenses yang ingin mengingat kembali materi pembelajaran ini atau bagi Sahabat Tenses yang merupakan pelajar dan ingin lebih mengetahui serta memahami mengenai rumus lingkaran matematika ini, sangat tepat sekali jika Sahabat Tenses datang ke website kami.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus keliling lingkaran sendiri bisa dihitung dengan menggunakan dua cara, yakni rumus lingkaran dengan menggunakan diameter dan jari – jari.

Rumus Keliling Lingkaran Dengan Diamter

π x d

Rumus Keliling Lingkaran Dengan Jari-Jari    

π x 2 x r

Penjelasan :

d = Diamter

r = Jari – jari

π = 22/7 atau 3,14

Itulah dia rumus dari keliling lingkaran, setelah mengetahui pengertian serta rumus dari lingkaran, kami juga sudah menyediakan contoh soal yang bisa digunakan sebagai latihan, karena tak aka nada gunanya jika anda hanya mengetahui rumus tanpa melakukan praktek untuk memecahkan soal materi keliling lingkaran.

Apalagi materi keliling lingkaran sendiri selalu muncul dalam soal yang diujikan baik di ujian akhir sekolah hingga ujian nasional yang memiliki tingkat kesulitan tertentu. Berikut ini adalah contoh soalnya.

Contoh Soal Rumus Keliling Lingkaran

1) Apabila diketahui keliling dari sebuah lingkaran memiliki nilai sebesar 62,8 cm maka hitunglah berapa diameter dari lingkarang tersebut!

Jika Diketahui :

K = 62,8 cm

  • π = 3,14

Maka diameter lingkaran adalah :

Jawaban

K = π x d
62,8 = 3,14 x d
d = 62,5 / 3,14
d = 20 cm

Nah, dengan ini dapat ditentukan jika diameter dari lingkaran adalah sebesar 20 cm.

 

2) Paman memiliki sebuah mobil antic dengan roda yang memiliki diameter sekitar 84 cm dan berputar sekitar 1000 kali. Dari sini coba hitung berapa kira – kira jarang yang dapat ditempuh oleh mobil Pama?

Jika Diketehui :

  • d = 84 cm
  • π = 3,14

Mala Jarak Mobil yang ditempuh adalah!

Jawaban :
Apabila jarak yang ditempuh oleh mobil Paman adalah sama dengan 1000 kali keliling lingkaran atau roda = 1000 / 2 = 500

Nah, dari sini dapat ditentukan apabila jarak yang ditempuh oleh mobil Paman adalah = 500 x π x d = 500 x 3,14 x 84 cm = 131.880 cm = 1,32 km

3) Jika terdapat sebuah bangun datar lingkaran yang mempunyai nilai diameter sebesar 6 m maka coba cari keliling dari lingkaran tersebut?

Jika diketahui :

d = 6 m

π = 22/7

Maka nilai keliling lingkaran adalah :

Jawaban :

K = π x d

K = 22/7 x 6

K = 132/7

K = 18,85 m

Nah, dari sini dapat ditentukan apabila keliling lingkaran tersebut adalah 18,85 m

 

4) Jika terdapat sebuah lingkaran yang memiliki nilai jari jari yang besarnya sekitar 14 cm maka coba hitung berapa nilai keliling dari lingkaran tersebut!

Jika diketahui :

r = 14 cm

π = 22/7

Maka berapa nila keliling lingkaran tersebut?

Jawaban :

K = π x 2 x r

K = 22/7 x 2 x 14

K = 22/7 x 28

K = 616/7

K = 88 cm

Nah, dari sini dapat ditentukan apabila keliling dari lingkaran tersebut adalah 88 cm

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai rumus lingkaran yang semoga dapat digunakan rekomendasi pembelajaran untuk Sahabar Tenses semua ya, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :