Rumus Luas Jajar Genjang –  Cara Menghitung Disertai Contoh Soal

2 min read

Rumus Luas Jajar Genjang –  Cara Menghitung Disertai Contoh Soal

Tenses.co.id – Halo sahabat tenses semuanya, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan ulasan mengenai rumus luas jajar genjang dan cara menghitung yang disertai dengan contoh soalnya.

Namun sebelum mulai mencoba menghitung luas jajar genjang, berikut ini adalah pengertiannya. Simak yuk!

Pengertian Jajar Genjang

Jajar Genjang merupakan salah satu bangun datar yang biasa juga disebut dengan jajaran genjang dan memiliki sifat dua dimensi. Bentuk jajar genjang ini sendiri seperti dua pasang rusuk yang masing masinga memiliki rusuk yang sama panjang dan juga sejajar dengan pasangannya dan memiliki dua pasang sudut yang memiliki besaran yang sama dengan sudut yang berada di hadapannya.

Sedangkan itu jajar genjang yang mempunyai empat sudut rusuk yang sama panjang ini biasanya disebut dengan belah ketupat.

Jika sahabat tenses lihat secara sekilas bentuk dari jajar genjang ini memang memiliki sedikit kemiripan dengan trapezium, sehingga tak jarang banyak orang yang dibuatnya terkecoh dengan bentuk kedua bangun datar ini. Dan tak sedikit yang menganggapnya kedua bangun datar ini sama namun sebenarnya jika sahabat tenses lihat secara teliti, bentuk dari kedua bangun datar ini sangat berbeda loh.

Nah, untuk itu dalam artikel ini kita akan menjelaskan dan memberikan gambaran dari jajar genjang. Tak hanya itu saja kita juga akan memberikan rumus dan cara mengerjakannya secara lengkap untuk sahabat tenses semuanya.

Tapi yang terpending sahabat tenses semuanya dapat membedakan jajar genjang dengan trapesium lewat gambar yang ada di bawah ini :

Nah, sudah tahu kan gambar jajar genjang, setelah sahabat tenses mengenal gambar jajar genjang sekarang kita akan memberikan ulasan rumus luas jajar genjang dan cara menghitungnya lengkap dengan contoh soal yang tentunya akan memberikan informasi tambahan bagi sahabat tenses semua.

Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus jajar sendiri memiliki dua turunan rumus matematika yang dibagi di antara luas jajar genjang serta menghitung keliling dari jajar genjang. Hal ini dikarenakan jika dilihat dari gambar yang terdapat di bawah ini :

Coba sahabat tenses lihat dari huruf ABCD merupakan keliling dari bangun datar jajar genjang dan mari kita coba untuk mencari tahu bagaiman cara mencari luas jajar genjang dengan memanfaatkan rumus keliling jajar genjang yang ada di bawah ini.

Cara Mencari Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus luas jajar genjang sendiri dianggap cukup sederhana dan mudah untuk dikerjakan dikarenakan dengan menggunakan alas x tinggi sehingga jika diterapkan ke dalam rumus luas jajar genjang maka akan menghasilkan rumus seperti yang ada di bawah ini :

Luas = Alas x Tinggi

Cara Mencari Rumus keliling Jajar Genjang

Sedangkan untuk mencari luas keliling jajar genjang sendiri caranya sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan rumus luas jajar genjang dikarenakan untuk menghitungnya, sahabat tekno harus sudah mengetahui dan memahani bagaimana cara mencari jumlah sisi miringnya.

Jika sahabat tenses sudah mengetahui dan memahami cara menghitungnya, maka sahabat tenses pun akan dapat menghitung keliling jajar genjang dengan mudah. Sehingga untuk menghitung keliling jajar genjang, sahabat tekno dapat menggunakan rumus di bawah ini :

Keliling = 2 (Alas + Sisi Miring)

Contoh Soal Jajar Genjang

Jika terdapat sebuah jajar genjang yang memiliki panjang suatu sisi miringnya sebesar 5 satuan dan panjang alasnya sebesar 20 satuan dan tinggi dari jajar genjang sebesar 4 satuan, coba sahabat tenses tentukan panjang jajar genjang dan luas jajar genjang.

Jawaban :

Diketahui :

Alas (a) : 5 satuan

Sisi miring (m) : 20 Satuan

Tinggi (t) : 4 Satuan

Penyelesaiaan :

1.Panjang keliling jajar genjang adalah :

Keliling : 2 x (Alas x Sisi Miring)

K : 2 (5 + 20 ) : 2. 25 = 50 Satuan

Dari sini dapat diketahui jika panjang jajar genjang adalah 50 satuan.

2.Luas Jajar Genjang

Luas Jajar Genjang = Alas x Tinggi

L = 5 x 4 = 20 Satuan²

Dari sini dapat diketahui jika luas dari jajar genjang adalah 20 Satuan²

Artikel Lainnya :