Rumus Luas Lingkaran

2 min read

Rumus Luas Lingkaran

Tenses.co.id – Sahabat Tenses semua apakah kalian semua termasuk orang orang yang menggemari pelajaran bidang Matematika ? jika benar kalian sema pasti sudah tidak asing lagi dengan bentuk lingkaran. Karena yang sudah sahabat tenses ketahui jika lingkarang adalah suatu bentuk bundar menyerupai bola, koin dan tutup botol yang sama – sama memiliki bentuk lingkarang. akan tetapi sudah kah anda mengetahui jika di balik bentuk lingkaran yang bundar ini lah memiliki rumus lingkaran yang memiliki manfaat sangat banyak bagi kehidupan manusia.

Apalagi bumi yang merupakan tempat sahabat tenses tinggal ini memiliki bentuk bulat atau lingkaran sehingga dengan adanya rumus matematika lingkaran ini bisa digunakan untuk menghitung luas lingkaran dan keliling lingkaran bumi.

Akan tetapi pengertian rumus lingkaran di dalam geometri euklid merupakan suatu rumus bangun datar lingkarang yang mempunyai bentuk dari kehidupan semua titik yang ada pada bidangnya, yang di dalam hal ini biasa disebut dengan jari – jari.

Sehingga dari suatu titik tertentu ini bisa terletak pusat lingkaran atau kurva tertutup sederhana yang bisa membagi bidang menjadi bagian dalam dan juga bagian luar yang kemudian untuk elemen – elemen yang berada di dalam lingkaran yang bisa dijelaskan di dalam artikel di bawah ini :

Jari – Jari (R)

Tali Busur (TB)

Busur (B)

Keliling Lingkaran (K)

Diameter (D)

Apotema  dan Juring (J)

Agar lebih jelas lagi untuk menjelaskan elemen – elemen yang ada di atas, silahkan simak gambar yang ada di bawah ini :

 

Pada elemen – elemen yang ada di atas saling berhubungan atar satu sama lain sehingga bisa menghasilkan rumus menghitung lingkaran, rumus menghitung keliling lingkaran dan juga rumus untuk menghitung diameter lingkaran yang bisa dipelajari dan dipahami dari artikel yang sudah kami siapkan untuk anda semua.

Karena artikel ini telah secara jelas memberikan ulasan menegnai rumus lingkarang yang dijelaskan secara detail kepada anda yang juga telah dilengkapi dengan contoh soal matematika mengenai lingkaran.

Rumus Lingkaran

Coba anda perhatikan lagi gambar lingkarang yang ada di atas jika rumus lingkaran tak bisa dipisahkan dengan jari jari atau titik pusat dan diameter lingkarang. Maka dsri itu sebelum anda menjawab contoh soal yang sudah kami siapkan, silahkan simak rumus luas dan rumus keliling lingkaran yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Rumus Luas Lingkaran

Untuk menghitungb luas dari lingkarang anda bisa menggunakan rumus yang ada di bawah ini :

L = π .  r . r

Penjelasan :

r merupakan jari – jari lingkaran yang biasanya selalu ada di setiap soal – soal yang membahas mengenai lingkarang dan juga rumus π telah pasti menggunakan angka 3, 14 atau anda bisa melihat rumus luas lingkaran secara jelas di bawah ini.

 

Rumus Keliling Lingkaran

Sementara untuk cara menghitung keliling lingkaran caranya hampir sama dengan rumus luas lingkaran. Berikut ini adalah keliling lingkaran :

K = 2 . π . r

Perbedaannya sendiri terletak pada jumlah kali r yang dua, agar lebih jelas silahkan simak gambar yang ada di bawah ini.

 

Rumus Diameter Lingkaran

 

Untuk cara menghitung rumus diameter lingkaran adalah dengan menggunakan rumus yang ada di bawah ini :

d = 2 x r

 

Contoh Soal

Setelah mengetahui rumus dan penjelasan dari rumus luas, keliling dan diameter lingkaran, berikut ini adalah contoh soal yang bisa anda jadikan sebagai latihan untuk menyelesaikan materi pembelajaran ini.

Ada sebuah roda yang memiliki bentuk lingkaran dan berdiameter 30 cm. Maka coba tentukanlah !

  1. Luas lingkaran
  2. Keliling Lingkaran

Jawaban

  1. Luas Lingkaran

Luas = π .r . r

Sehingga dari sini dapat ditentukan jika : Luas = 3,14 x 15 x 15 — > ( jari-jari 15 diperoleh dari d = 30/2 = 15)

Jadi Luas nya = 3,14 x 225 = 707 cm²

  1. Keliling Lingkaran

Keliling = 2 . π . r

K = 2. 22/7.15

K = 30 x 22/7

K= 660 / 7 = 95 cm

 

Demikian pembahasan mengenai pelajaran yang merujuk kepada bidang Matematika yang bisa kami berikan untuk sahabat tenses mengenai rumus luas lingkaran, dan kami meyakini jika pembahasan kali ini akan sangat berguna dan dapat menjadi tolak ukur pembelajaran serupa kelak bagi kalian para pelajar sekolah tingkat menengah maupun tingkat atas saat menemukan hal semacam ini.

Kami hanya mengingatkan kepada kalian semua untuk selalu konsisten dan senantiasa meningkatkan kwalitas belajar kalian selagi masih ada kesempatan, dan sebagai patokan bahwa sebaik baiknya manusia adalah manusia yang berilmu dan mengamalkannya dan bermanfaat bagi orang lain.

Ikuti terus artikel kami yang lainnya tentu saja dengan berbagai pembahasan pembelajaran yang sudah kami rangkum sehingga mudah untuk kalian cerna dan kalian fahami, kami berharap ini semua dapat memberikan manfaat bagi kalian semua, dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :