Satuan Panjang – Pengertian, Konversi dan Tangga Satuan Panjang

Posted on

Satuan Panjang – Pengertian, Konversi dan Tangga Satuan Panjang

Tenses.co.id – Satuan panjang adalah salah satu satuan yang dipergunakan di dalam pengkuruan panjang dari suatu benda atau sesuatu yang ada di sekeliling kita. Agar dapat mengetahui ukuran dari satuan panjang sendiri dapat memanfaatkan beberapa alat ukur yang ada salah satunya seperti meteran.

Apa Itu Satuan Panjang

Satuan panjang menggunakan meter yang secara umum digunakan di dalam International System of Units atau yang biasa disingkat dengan SI, sedangkan di dalam sistem centimetre gram second  yang disingkat dengan cgs biasanya menggunakan satuan panjang cm.

Satuan panjang atau bisa juga disebut dengan satuan jarak merupakan salah satu satuan yang paling populer, satuan panjang ini digunakan untuk membandingkan besaran dimensi benda dan juga jarak antara satu titik dengan titik yang lainnya.

Satuan panjang bisa digunakan untuk membayangkan panjang dari sebuah benda mau pun jarak dan tempat dengan cara yang lebih mudah. Panjang, lebar, tinggi, kedalaman, diameter, jangkauan, jarak, gap, ketebalan merupakan beberapa contoh besaran yang menggunakan satuan panjang.

Konversi Satuan Panjang Atau Satuan Jarak

Konversi satuan merupakan salah satu cara untuk mengubah satuan satu ke satuan yang lainnya, besaran panjang bisa dinyatakan di dalam satuan satuan yang berbeda. Misalnya saja mistar penggaris yang memiliki panjang 30 cm bisa dinyatakan dengan di dalam satuan lain seperti 300 mm. caranya adalah dengan mengubah cm ke mm.

Konversi satuan dilakukan dengan beberapa alasan dan tujuan yakni untuk menyederhanakan angka contohnya 0,01 m dapat disederhanakan menjadi 1 cm. untuk menyamakan dengan satuan yang lainnya ini bisa mengikuti standar penggunaan contohnya seperti gambar teknik harus menggunakan satuan mm atau untuk lebih mudah dipahami misalnya saja seperti angka jarak 150 m akan lebih mudah jika dibayangkan menjadi 1,5 hm.

Manfaat Tangga Konversi Satuan Panjang Atau Satuan Jarak

Tangga konversi satuan panjang atau satuan jarak bisa membantu untuk memudahkan pemahaman mengenai satuan panjang, berikut ini adalah beberapa manfaat dari tangga konversi satuan panjang atau satuan jarak :

  1. Berfungsi untuk menunjukkan nama nama satuan panjang di dalam SI.
  2. Berfungsi untuk menunjukkan urutan satuan panjang.
  3. Berfungsi untuk menunjukkan faktor konversi atau faktor pengali satuan panjang.
  4. Berfungsi sebagai rujukan di dalam konversi satuan panjang.

Simbol-Simbol Satuan Panjang Atau Satuan Jarak

Satuan panjang atau satuan jarak ini seringkali disingkat penulisannya dengan menggunakan simbol satuan dan simbol satuan panjang ini adalah singkatan dari huruf huruf yang ada pada satuan panjang tersebut. Berikut ini adalah simbol simbol yang biasa terdapat pada satuan panjang atau satuan jarak :

km = kilometer

hm = hektometer

dam = dekameter

m = meter

dm = decimeter

cm = centimeter

mm = millimeter

Tangga Konversi Satuan Panjang Atau Satuan Jarak

 

Tangga konversi satuan panjang atau satuan jarak berisikan urutan satuan panjang secara berurutan dengan faktor konversi 10, faktor konversi satuan panjang atau jarak ini adalah sebagai berikut :

1 km = 10 hm

1 hm= 10 dam

1 dam = 10 m

1 m = 10 dm

1 dm = 10 cm

1 cm = 10 mm

Cara Menggunakan Tangga Satuan Panjang

Untuk cara menggunakan tangga satuan panjang sendiri sangatlah mudah, yakni sebagai berikut ini :

  1. Satuan panjang yang paling besar letaknya berada paling atas, sementara satuan panjang paling kecil berada di paling bawah.
  2. Konversi ke satuan yang lebih besar atau lebih tinggi satu tingkat, akan dibagi 10, sementara konversi satuan yang lebih kecil atau lebih rendah satu tingkat maka akan dikali 10.
  3. Konversi ke satuan yang lebih besar atau lebih tinggi dua tingkat akan dibagi 10 dua kali yakni dibagi 100, dan konversi ke satuan yang lebih kecil atau lebih rendah dua tingkat akan dikali 10 dua kali atau dikali 100.
  4. Dan begitu seterusnya.

 

Nah, jadi sudah tahu kan, apa itu satuan panjang dan tangga satuan panjang serta bagaimana cara menghitungnya. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Lainnya :