Teks Argumentasi – Contoh, Struktur, Penjelasan Lengkapnya

2 min read

Teks Argumentasi – Contoh, Struktur, Penjelasan Lengkapnya

Tenses.co.id – Sudah pasti sahabat tenses pernah mendengar istilah Teks Argumentasi kan? Teks Argumentasi sendiri merupakan salah satu dari jenis karangan yang terdiri dari katarang narasi, deskripsi, persuasi dan argumentasi. Untuk kali ini kita akan membahas tuntas mengenai apa itu Teks Argumentasi.

Pengertian Teks Argumentasi

Teks argumentasi sendiri merupakan bacaan yang memuat mengenai pengembangan paragraf dan isi bacaan ini sendiri memiliki tujuan guna meyakinkan atau juga untuk membujuk pembaca agar mau memiliki pemikiran yang sama dengan penulis. Teks argumentasi ini sendiri bisa ditulis mengenai sebuah ide, gagasam pendapat yang disertai dengan analogi dan contoh penjelasan dari argument yang disuguhkan akan sangat kuar sehingga terlihat meyakinkan. Tujuannya sendiri tentu untuk membuat pembaca terpengaruh dengan isi yang ada di dalam teks ini.

Struktur Teks Argumentasi

Teks argumentasi ini sendiri secraa garis besar memiliki 3 struktur utama yang wajib ada di dalam teks ini, yaitu pendahuluan, tubuh argument dan kesimpulan.

Meskipun hanya memiliki 3 strutur tapi bukan berarti teks argumentasi hanya akan berisikan 3 paragraf saja ya, karena teks argumentasi harus dibuat agar bisa mempengaruhi orang lain dan juga bisa mewakili apa yang orang lain pikirkan selama ini dengan membaca teks argumentasi ini akan membuat banyak orang menjadi sadar dan semakin yakin mengenai sesuatu hal, pemikiran, ide mau pun gagasan yang ada di sekitar kita.

Struktur Teks Argumentasi

  1. Bagian Pendahuluan

Bagian ini akan berisi mengenai argument yang akan disampaikan atau ditunjukkan sebagai dasar dari sebuah argumentasi yang nantinya akan disampaikan oleh penulis, maka bagian ini harus dibuat semenarik mungkin ya, agar bisa memikat perhatian pembaca sejak awal.

  1. Bagian Tubuh Argumen

Bagian ini berisi pada usaha untuk membuktikan mengenai ide, pendapat atau gagasan yang sedang dibahas di dalam teks argumentasi ini, untuk lebih meyakinkan pembaca maka harus ada bukti, fakta mau pun alasan yang masuk akal. Sehingga bisa mendukung pendapat yang dikemukakan di dalam teks argumentasi ini. Maka untuk membuat teks argumentasi bukanlah hal yang mudah ya, karena dibutuhkan observasi, ekspresimen dan juga cara menyusun kata yang tepat agar dapat dipahami dan juga tepat sasaran.

  1. Kesimpulan

Bagian ini merupakan ringkasan dan tujuan apa yang ingin diperoleh oleh penulis dengan teks argumentasi yang dibuatnya, maka dibuatlah kesimpulan yang disampaikan melalui penalaran yang bisa diterima dengan alasan yang logis. Dan alasan tersebut haruslah dapat mencakup keseluruhan dari teks argumentasi yang dibuat.

Contoh Teks Argumentasi

Pendahuluan

Negara kita memang mewajibkan masyarakatnya untuk wajib belajar selama 12 tahun dan tidak memberikan banyak pilihan bagi sekolah tingkat dasar hingga tingkat menengah pertama akan tetapi pada tingkat berikutnya pemerintah memberikan banyak sekali pilihan ada tingkah menengah atas dan tingak menengah kejuruan yang dikenal dengan SMA dan SMK.

Namun sayang sekali banyak orang yang menganggap jika SMA dan SMK sama saja, padahal kedua tingkat sekolah ini jelas berbeda sehingga tak jarang masih banyak orang tua yang tak peduli dan memasukkan anaknya di SMA.

Tubuh Argumen

Padahal tentu setiap orang terlahir dengan bakat yang berbeda maka dari itu tak semua anak lahir dengan bakat akademis yang sama. Ada anak yang memang terlahir dengan kemampuan analisis dan akademis yang baik dan ada pula anak yang terlahir dengan kemampuan akademis yang kurang, bukan berarti anak dengan tipe ini tak cerdas namun bisa saja kemampuannya berada di bidang lain, seperti bidang seni, komputer dan lainnya.

Maka dengan begitu anak tersebut akan lebih cocok masuk ke SMK yang memiliki banyak sekali bidang kejuruan yang diajarkan mulai dari seni, komputer, akuntasi hingga mesin.

Kesimpulan

Dengan begitu mulailah untuk memilih jurusan dan sekolah yang tepat dengan memperhatikan potensi yang dimiliki anak agar bakat yang dimiliki oleh anak bisa tersalurkan. Sebagai orang tua sudah pasti memiliki peran utama untuk membimbing anak dan membantu menemukan jalan untuk mereka. Jangan memaksakan apa yang diinginkan orang tua atau orang tua seolah tak peduli dengan bakat anak sehingga memasukkan anak ke sekolah sembarangan.

Nah, itulah tadi penjelasan demi penjelasan dari teks argumentasi sudah coba kami sampaikan dengan detail kepada kalian semua sebagai sobat baca dari Tenses.co.id, dan kami meyakini jika sekarang sahabat tenses sudah tahu kan, apa itu teks argumentasi beserta dengan contohnya, semoga ini bermanfaat dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :