Tips Berlatih Vokal agar Bahasa Inggrismu Lancar

2 min read

Tips Berlatih Vokal agar Bahasa Inggrismu Lancar

Tenses.co.id – Tahukah Anda, rupanya teknik bernyanyi turut andil dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggrismu lho! Ya, jangan minder jika suara kamu tidak bagus. Sebab, bernyanyi tidak membutuhkan suara yang indah, melainkan teknik yang tepat. Menurut Carie Cole, seorang pelatih vokal dari Amerika Serikat mengatakan bahwa suara merupakan instrumen yang sudah dalam tubuh tiap orang. Nah, kamu hanya perlu untuk melatihnya supaya dapat menggunakannya dengan maksimal. Biar penampilanmu lebih maksimal, praktikkan tips berlatih vokal berikut ini!

Berlatih Teknik Pernapasan

Saat bernyanyi, ada kalanya pernapasan seseorang tidak sampai atau kehabisan nafas di tengah ritme lagu. Ketika hal tersebut terjadi di tengah konser atau pentas, tentu menjadi satu hal yang memalukan bukan? Apalagi didengar oleh banyak orang dan disiarkan di televisi. Untuk menghindarinya, pastikan untuk berlatih teknik pernapasan yang baik dan benar.

Tahukah Anda, pernapasan perut merupakan teknik pernapasan terbaik untuk bernyanyi. Sebab, pernafasan tersebut mampu menghasilkan nafas yang panjang, ringan, dan produksi suara yang lebih bagus daripada pernafasan dada. Lalu, bagaimanakah cara berlatih teknik pernafasan dada yang benar?

Caranya, berdirilah lurus dengan santai. Kemudian, letakkan jempol bagian ujung tulang rusuk paling bawah. Tariklah nafas melalui hidung, maka jempol kamu akan merasakan seolah terdorong keluar. Inilah reaksi dari melonggarnya tulang iga. Setelah itu, keluarkan nafas perlahan-lahan sambil dikeluarkan dalam vokal konsonan S maupun bentuk vokal A. Lakukanlah teknik pernafasan ini secara rutin supaya otot perut kamu lebih kokoh dan kuat.

Perbanyak Minum Air Putih

Rupanya, tidak hanya kesehatan saja memerlukan banyak konsumsi air putih. Melainkan, air putih juga baik untuk meningkatkan kemampuan vokal kamu. Disamping itu, konsumsi air putih yang banyak juga berfungsi untuk melembabkan dan membantu menghilangkan kelebihan lendir pada tenggorokan. Sebagai variasi, bisa juga minum teh hangat selain air putih. Tahukah Anda, rupanya konsumsi susu, minuman ringan, hingga soda tidak baik bagi kesehatan tenggorokanmu. Sebab, susu dan gula hanya akan menimbulkan dahak serta lendir di tenggorokan. Jadi, usahakan untuk menghindari jenis minuman tersebut ya!

Hindarilah Makan Sebelum Bernyanyi

Pada umumnya, orangtua akan menyuruh makan terhadap anaknya yang akan berlatih vokal supaya bersemangat. Padahal, langkah ini justru mengganggu proses berlatih menyanyi karena kondisi perut yang kenyang mengakibatkan susah bernafas. Secara mekanisme, makanan yang masuk ke perut akan menyebabkan diafragma berhenti bergerak ke bawah. Namun, untuk mengantisipasinya, silakan untuk makan terlebih dulu paling tidak 2 jam sebelum persiapan bernyanyi. Begitupula dengan makanan ringan berupa biskuit dan crackers. Satu lagi, makanan pedas juga perlu dihindari karena mengakibatkan lendir muncul di tenggorokan.

Jangan Paksakan Nada Tinggi

Memang, seorang penyanyi dengan nada tinggi membuat semua orang terpana oleh indahnya suaranya. Namun, bagi kamu yang baru saja berlatih menyanyi, jangan paksakan untuk melakukan  nada tinggi. Ingat, hasil yang bagus pasti didasari oleh latihan yang rajin. Untuk itu, ketika kamu memang tidak sanggup menyanyikan nada tinggi, jangan paksa terlalu keras. Sebab, jika dipaksakan hanya akan mengeluarkan nada sumbang. Triknya, tenangkan dirimu terlebih dulu. Bisa juga bungkukkan dada dan posisi dagu ke bawah supaya kamu memiliki tenaga lebih untuk mencapai nada yang tinggi.

Pilih Lagu Sesuai Kemampuan dan Karakter

Ketahuilah, pemilihan lagu ini penting supaya sesuai dengan karaktermu. Jika kamu pandai dan ahli bernyanyi dengan nada tinggi, pastikan lagu pilihanmu memiliki nada tinggi. Begitupula ketika kamu tidak mampu menyanyi dengan nada tinggi, hindarilah lagu dengan nada tersebut. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat susah sendiri. Lagu yang sederhana dan membuatmu nyaman pasti akan memberikan hasil lagu yang enak didengar.

Have Fun

Setelah cukup lama berlatih bernyanyi atau berlatih vokal, kini saatnya untuk menunjukkan hasil latihanmu pada orang lain. Pastikan, saat konser berlangsung, tunjukkan rasa percaya diri yang tinggi terhadap penonton. Jangan lupa tersenyum untuk berikan penampilan terbaik.

Nah, itulah beberapa trik vokal supaya kemampuan bahasa Inggrismu lebih lancar. Selamat mencoba!

 

Artikel Terkait:

Tips Storytelling dalam Bahasa Inggris

Bagaimana Memperkenalkan Kotamu dalam Bahasa Inggris