Tips Menulis Bahasa Inggris Akademik

Posted on

Tips Menulis Bahasa Inggris Akademik

Tenses.co.id – Tidak jarang kita mengalami kesulitan saat belajar bahasa Inggris, termasuk menulis bahasa Inggris akademik. Sebenarnya bahasa akademik memang termasuk susah dibandingkan bahasa general yang kata-katanya lebih sering kita pakai di kehidupan sehari-hari. Kalau akademik, umumnya dipakai untuk hal-hal yang bersifat formal saja, seperti pidato, debat, diskusi publik, wawancara, dan sebagainya.

Kemampuan berkomunikasi dan menulis dari bidang akademik tidak hanya untuk lingkup itu saja. Kalau kamu mengambil sekolah di luar negeri, makalah, jurnal, atau essay harus menggunakan bahasa Inggris akademik karena sifatnya yang formal.

Karena skill itu sudah sangat penting, sudah tidak heran lagi anak-anak SD mulai belajar agar saat dewasa bisa semakin gampang menggunakannya, apalagi yang punya rencana sekolah ke luar negeri. Buat kamu yang kemampuan Inggris akademiknya masih di bawah rata-rata jangan putus semangat. Masih ada banyak cara untuk meningkatkan skill kamu itu.

Simak saja tips-tipsnya di bawah ini.

Banyak Membaca Tulisan Bahasa Inggris

Berbeda dengan bahasa Inggris general, kamu bisa mempelajarinya dari percakapan sehari-hari. Tapi kalau bidang akademik, kamu dituntut harus berpikir kritis, berani beragumen, dan komunikasi kamu harus efektif serta aktif. Karena itu, kamu harus sering-sering menambah pengetahuan agar semakin luas untuk dijadikan topik pembahasan.

Lebih baik kamu luangkan waktu setiap hari selama 1 jam untuk membaca buku atau tulisan-tulisan berbahasa Inggris akademik, seperti berita-berita isu sosial, ekonomi, dan semacamnya. Kamu yang membiasakan diri untuk membaca, akan semakin gampang dan lebih banyak lagi informasi yang bisa kamu pelajari.

Selain itu, kosa kata kamu juga akan semakin luas karena Inggris akademik umumnya lebih banyak punya kosa kata dibandingkan Inggris general. Semakin banyak kata yang kamu tahu, maka akan semakin cepat kamu terbiasa mengenal kalimat-kalimat yang formal.

Banyak Latihan

Agar kemampuan bahasa Inggris kamu semakin berkembang, lebih baik kamu juga luangkan waktu untuk latihan. Kamu pasti sudah tahu kalau bahasa Inggris akademik bukan bahasa yang cepat dipahami dan tidak gampang untuk dikuasai dalam beberapa hari saja. Karena itu, kamu harus banyak-banyak latihan agar terbiasa dengan semua olahan kalimat-kalimatnya.

Saat kamu sedang mencari sebuah topik isu, tidak ada salahnya kamu menulisnya lagi dan mempraktekkan berbicaranya. Tidak apa-apa kalau kamu mencatat 2 hingga 4 kalimat di awal-awalnya. Kalau sudah terbiasa, kamu bisa menaikan lagi tulisannya menjadi beberapa paragraf.

Setidaknya kamu setiap hari latihan menulis agar semakin terlatih kemampuan Inggris akademikmu.

Bersahabat dengan Kamus

Buat kamu yang benar-benar baru pertama kalinya belajar bahasa Inggris Akademik, jangan lupa kamu juga harus bersahabat dengan kamus. Tidak jarang saat kamu membaca sebuah artikel yang sifatnya formal, kosa katanya pasti ada yang tidak kamu tahu sebelumnya. Maka itu, kamu perlu kamus bahasa Inggris agar kamu bisa paham artinya apa.

Jangan malas membuka kamusnya dan mencari kata-kata yang tidak kamu tahu. Ibaratnya saja tanpa memakai kamus untuk belajar bahasa Inggris akademik, berarti kamu perang tanpa senjata ampuh. Kamus tidak hanya dipakai untuk orang yang masih awam, karena yang sudah profesional saja masih memakai kamus untuk memastikan lagi artinya.

Untuk awalnya, tidak masalah pakai kamus yang ukurannya kecil. Tapi kalau sudah terbiasa, cobalah yang lebih besar karena kosa katanya yang jauh lebih banyak.

Ikut Komunitas

Komunitas menjadi salah satu wadah yang sering dimanfaatkan orang-orang untuk memperdalam kemampuannya di bidang tertentu. Buat kamu yang mau meningkatkan bahasa Inggris akademik lebih dalam lagi, cobalah untuk ikut komunitas yang berkaitan dengan Inggris akademik.

Di komunitas itu kamu akan belajar bersama dengan banyak orang, bahkan bisa dari seluruh dunia kalau kamu mendaftarkan diri secara online. Di situ kamu akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang bagaimana menulis bidang akademik yang baik. Kalau masih tidak paham, bisa langsung bertanya ke orang-orang komunitas itu. Pastinya ada orang yang menjawab pertanyaanmu.

Ikut Les

Selain ikut komunitas, kamu bisa ikut les bahasa Inggris akademik. Tidak berbeda jauh dengan komunitas, kamu di sini juga sama-sama belajar secara khusus bagaimana menulis akademik yang baik dan benar. Yang membedakannya adalah kamu harus melewati beberapa tingkatan. Tingkatan pertama tentu masih diberikan gampang, tapi selanjutnya sudah semakin susah.

Belajar bahasa Inggris akademik memang harus dibiasakan dari sejak dini. Kamu yang sudah dewasa dan masih awam mempelajarinya, bisa mengikuti beberapa tips di atas agar kemampuan bahasa Inggrisnya tidak segitu-segitu saja. Perlu kamu kembangkan agar kelak kamu bisa memanfaatkannya di dalam negeri mau pun di luar negeri.

 

Artikel Terkait:

Hindari Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris Ini, Biar Tidak Malu
Perbedaan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
Kenapa Ya, Bahasa Inggris digunakan Sebagai Bahasa Internasional?