Titik Akses Nirkabel–Pengertian, Fungsi, Perbedaan, Penerapan

Diposting pada

Titik Akses Nirkabel

Pengertian Titik Akses Nirkabel
Pengertian Titik Akses Nirkabel

Pengertian Titik Akses Nirkabel – Fungsi, Perbedaan, Dan Penerapan atau yang kerap disebut dengan WAP (Wireless Acces Point) yakni peranti yang mempunyai hubungan untuk Internet.

Biasanya alat ini sering terjalin dengan berbagai jaringan seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan lain sebagainya. Adapun penyalurannya dengan memakai kabel ke router untuk penerusan data antara satu peranti dengan nirkabel lainnya dan memakai standar IEEE.

Untuk ulasan lebih lanjut Anda dapat menyimak Artikel ini sampai benar benar selesai. Berikut ulasannya:

Pengertian Titik Akses Nirkabel/ Access Point

Titik Akses Nirkabel merupakan alat sebagai penyambung peralatan Wireless ke jaringan yang menggunakan kabel/ Wired Work contohnya seperti Bluetooh serta Wi-Fi.

Selain itu WAP juga kerap dipakai untuk menciptakan jalur Wireless Local Area Network atau WLAN. Juga sering digunakan untuk memperluas jangkauan dari jaringan yang digunakan seperti Wi-Fi memakai Mode Bridge.

Titik Akses Nirkabel adalah area pusat jaringan nirkabel, perangkat ini mengirimkan radio untuk mengirim dan menerima data. Operasi nirkabel mirip dengan sakelar/ hub dalam koneksi jaringan yang memungkinkan banyak pelanggan untuk terhubung ke jaringan.

Access Point merupakan jalur yang telah dikonfigurasi sebelumnya pada WLAN. Pusat data bertindak sebagai konektor pusat dan penerima radio WLAN, ini sering disebut titik awal. Dengan demikian, pelanggan yang terhubung ke perangkat ini dapat terhubung satu sama lain dengan satu “Subnet Mask”.

Fungsi Titik Akses Nirkabel/ Access Point

Berbagi koneksi lokal dan Internet ke perangkat klien lain seperti laptop, PC, perangkat, telepon, dan lain lain, Atau perangkat akses lainnya seperti kabel ekstensi/ pengganti di satu subnet Mask.

Access Point bertindak sebagai pengontrol lalu lintas pada data, sehingga memungkinkan lebih banyak pelanggan untuk terhubung melalui jaringan. Sebagai konektor/ sakelar yang menghubungkan ke jaringan lokal dan jaringan nirkabel.

Access Point / Titik Akses dapat mengirimkan data/ koneksi internet lewat gelombang dari radio, tingkat kekuatan sinyal juga mempengaruhi area jangkauan, meningkatkan keluaran daya diuji dalam unit dBm atau MW untuk meningkatkan transmisi.

Access Point digunakan untuk menghubungkan klien nirkabel laptop dan komputer dengan kartu nirkabel ke LAN. Situs nirkabel juga berfungsi sebagai penerusan DHCP yang fungsinya memberikan alamat IP dari server ke klien nirkabel agar dapat terhubung ke jaringan. Titik Akses/ Access Point mungkin dilengkapi dengan peralatan tambahan seperti Firewall dan lain lain.

Penerapan Titik Akses Nirkabel/ Wireless Acces Point

Saat ini Hotspot merupakan contoh dari penreapan Titik Akses Nirkabel, dalam hal ini Nirkabel tersedia di Internet dan dapat diunduh dari situs mana saja yang ada kapan saja. Anda dapat menggunakan restoran, bus halte, atau lainnya yang biasanya menyediakan jaringan internet.

Perbedaan Titik Akses Nirkabel/ Wireless Access Point Dengan Wireless Router

Pengertian Wireless Router (WR) adalah perangkat yang digunakan untuk mentransfer paket dari satu jaringan dari LAN ke LAN atau bisa juga dari LAN ke WAN. Hal ini menyebabkan host di jaringan dapat terhubung dengan jaringan lain. Fungsinya sama, dimana sistem nirkabel dapat diatur sebagai titik akses. Router juga memiliki jalur akses gateway yang terhubung dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Perbedaan Mendasar WAP Dan WR

Ada 2 macam perbedaan yang bisa dilihat Antara WAP serta WR. Lihat kereangannya berikut ini:

I. Perbedaan Fisik

  • WR/ Wireless Router memiliki port WAN kerouter broadband serta port ADSL ke router modem ADSL, Anda dapat menemukannya di panel belakang.
  • WAP tidak memilikinya.

II. Perbedaan Konfogurasi

Jika router nirkabel dihubungkan dengan modem, Anda tidak perlu mengubah alamat IP routernya.

Tapi jika menghubungkan Access Point pada modem, Anda harus mencocokkan bagian alamat IP sesuai dengan preferensi modemnya.

Contohnya:

  1. Anda menyambungkan antara port WAN router broadband edimax kepada port LAN dari modem ADSL dengan kabel yang terhubung ke alamat IP (ethernet), Anda tahu bahwa alamat IP router edimax adalah untuk menggunakan metode login router. Disini Anda tidak perlu lagi mengubah alamat ip, dan secara default DHCP di router berfungsi dan menyediakan daftar alamat ip kepada pelanggan. Tetapi, Anda harus ingat untuk menginstal pengaturan lain, seperti konfigurasi WAN, nama dan deskripsi SSID (kata sandi wi-fi).
  2. Anda menyambungkan port LAN dari port edimax ke port LAN dari modem ADSL jenis lain dengan alamat IP untuk alamat ethernet, hanya setelah Anda mulai menyimpan server DHCP ke modem, meskipun IP idemax default hanya mengikuti modem tanpa mengubah Bagian Alamat IP.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Titik Akses Nirkabel – Fungsi, Perbedaan, Dan Penerapan. Jangan lupa untuk membagikan Artikel ini kepada teman Anda yang lainnya yang sedang membutuhkan rujukan semacam ini. Semoga bermanfaat!

 

Baca Artikel Lainnya: